Senin, 05 Oktober 2020

Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 7 Tahun Lanjut

Bola mata anak di usia 7 tahun-an akan bertambah besar, warna rambutnya semakin intens, gigi permanennya semakin banyak. Contoh perkembangan fisik yang begitu nyata, namun seringkali justru terlewat oleh orangtua. Di usia 7 tahun ini anak juga punya energi  yang sangat besar. Seringkali tiba-tiba bersemangat, tetapi kehilangan energi dalam waktu tidak terlalu lama.


Anak-anak usia 7 tahun an sudah sangat mampu membuat perencanaan. Sudah tahu apa yang harus di lakukan berikutnya. Tetapi, seringkali masih kesulitan untuk melakukan rencananya karena sulit memprediksi waktu misalnya “Ia pikir PR nya bisa selesai dalam 20 menit”, namun kenyataannya mungkin butuh 60 menit atau bahkan lebih. Dalam menulispun ini terlihat “Ia pikir kertasnya cukup”, namun kenyataannya bentuk hurufnya terlalu besar sehingga kemudian tidak cukup dan harus bersambung. Atau bisa jadi hurufnya malah tidak utuh.


Hal Ini sesuatu yang menantang untuk anak usia ini. Namun apabila mendapat dukungan dari orangtua maka dia akan mengatasi tahapan-tahapan di masa perkembangannya dan lulus dari ujian tahap perkembangan dengan baik.

Tahap Perkembangan Anak Usia 7 Tahun


Salah satu yang berkaitan dengan pertumbuhan sosial emosional adalah kekhawatirannya yang berlebihan. Kalau saja orang lain tidak meyukai aku, Ia ingin sekali menunjukkan komitmen dalam pertemanan. Karenanya seringkali komitmennya juga mulai tumbuh dalam hal-hal yang berkaitan dengan sekolah, tidak ingin datang terlambat misalnya. Tetapi anak-anak usia ini juga sangat kritis terhadap orang lain dan juga kritis terhadap dirinya sendiri. Misalnya menilai buruk hasil karya atau tulisan dirinya sendiri.

Baca juga tahap sebelumnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 6 Tahun Lanjut


Dukungan Orang Tua; Pada Anak Usia 7 Tahun

Apa yang bisa kita lakukan dengan energi anak yang berlebihan di usia 7 tahun ini?, berikut adalah sikap orang tua pada anak usia 7 tahun-an :


1. Membuat Jadwal Olahraga Dan Melakukan Aktivitas Fisik Bersama

Membuat jadwal olahraga bersama-sama dan memperbanyak aktivitas-aktivitas fisik anak. Jangan berharap bahwa anak bisa bertahan diam berjam-jam, justru malah kebiasaan untuk kebiasaan hidup sehat dan banyak bergerak di mulai dan dikukuhkan di usia 7 tahun ini.


2. Mengajak Anak Berkomitmen Dengan Jadwal Harian

Di usia 7 tahun ini anak juga sudah bisa di ajak untuk berkomitmen terhadap jadwal harian. Tapi pastikan agenda anak tidak penuh dengan kesibukan-kesibukan yang menjadi beban. Terlalu banyak les pelajaran misalnya, hal itu bisa jadi berbahaya karena anak juga butuh waktu untuk mengkhayal dan waktu-waktu untuk kegiatan tidak berstruktur dan permainan.


3. Mengajak Anak Menabung Untuk Belajar Perencanaan

Perencanaan juga bisa ditunjukkan dengan memberikan ajakan utuk mulai menabung. Mari kita rencanakan untuk membeli barang-barang tertentu. Tidak langsung hari ini. Tetapi butuh proses berminggu-minggu sampai berbulan-bulan.


4. Melatih Anak Mendengarkan Orang Lain

Di usia 7 tahun kesempatan untuk melatih pertemanan juga menjadi sangat penting. Anak perlu berlatih untuk mendengarkan orang lain. Latihannya dimana?, Latihannya pada saat ia di dengarkan oleh orangtuanya, diperhatikan dan diberikan penghargaan oleh orangtuanya. Keterampilan ini akan dibawa keluar rumah. Anak-anak di usia 7 tahun juga waktu yang tepat untuk memulai kebiasaan menulis. Kemampuannya untuk berefleksi sudah tumbuh di masa sebelumnya. Kemampuannya untuk menceritakan dengan detail mulai bertambah semakin baik di usia ini.

Baca juga tahap selanjutnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 8 Tahun Lanjut

Apakah Anda masih belum jelas dengan panduan diatas ?. Yuk, lanjutkan dengan menonton video youtube dari channel Keluarga Kita disini:


Biasakan untuk menulis buku harian. Awalnya mungkin bersama-sama orangtua, tetapi kemudian kemampuan ini dilakukan mandiri oleh anak. Dan juga bisa menuliskan berbagai hal yang berkaitan dengan catatan perjalanan, hasil observasi dan keterampilan-keterampilan penting lain yang akan bermanfaat. Bukan hanya untuk tahap perkembangannya di 7 tahun ini, tetapi sampai masa-masa belajar selanjutnya di sekolahnya nanti.

Sumber referensi by Keluarga Kita

0 komentar

Posting Komentar