Senin, 05 Oktober 2020

Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 6 Tahun Lanjut

Di usia 6 tahun banyak sekali kemajuan perkembangan yang bisa kita amati pada anak. Keterampilan motorik halusnya makin baik dan Ia sudah bisa mengikat tali sepatunya sendiri. Sudah mampu meniru dan mulai menulis huruf dengan baik, walaupun seringkali masih terbalik-balik. Di usia 6 tahun ini kemampuan konsentrasinya juga makin baik. Tetapi tidak berarti dia tahan duduk berjam-jam ya!. Rata-rata konsentrasinya sekitar 7 sampai 10 menitan. Tetapi ini sebetulnya cukup untuk mulai berlatih mengeja, mengenal bumi, mulai melatih membaca huruf dan simbol dan juga mulai mengenal uang.


Di usia 6 tahun ini si anak juga punya imajinasi dan fantasi yang luar biasa yang seringkali sangat diyakini dan dipercaya olehnya, sehingga muncul juga kekhawatiran-kekhawatiran tertentu dan aneh, Misalnya banyak pertanyaan tentang “kapan ibu akan meninggal, Apa yang akan terjadi kalau misalnya dunia kiamat”. Pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang tidak nyata dan juga tidak perlu dijawab.

Tahap Perkembangan Anak Usia 6 Tahun


Tetapi sebetulnya sungguh nyata untuk anak di usia ini. Pertemanan juga mulai mengalami perubahan. Bukan hanya berdasarkan keasyikan bermain tetapi juga mulai ada kesepakatan dan aturan-aturan, sehingga seringkali anak sudah bisa memprotes atau mengadu kepada gurunya. Apabila ada yang melanggar kesepakatan di sekolah, walaupun di usia 6 tahun ini anak juga mencoba-coba melanggar kesepakatan atau bahkan berbuat curang dalam permainan.

Baca juga tahap sebelumnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 5 Tahun Lanjut


Dukungan Orang Tua; Pada Anak Usia 6 Tahun

Keterampilan belajar anak yang berkembang luar biasa di usia 6 tahun ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan orangtua yang mendukung akan mengenalkan strategi belajar yang beragam.

  • Berlatih membaca berlatih berhitung. Jangan gunakan media yang itu-itu saja, gunakan pasir atau gunakan alat permainan yang dibuat sendiri. Tidak harus dibeli, si anak akan mencoba menggunakan permainan dengan kreatifitasnya sendiri. Buat aktivitas belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan sehingga kegemaran belajarnya terus tumbuh di awal-awal usia sekolah ini.
  • Anak-anak di usia 5 tahun ini, juga perlu sering diajak berdiskusi tentang apa yang menjadi bagian dari imajinasi atau kekhawatirannya. Jangan khawatir terlalu susah untuk anak, sebab sebenarnya kosa katanya sudah banyak sekitar antara 10 ribu sampai 14 ribu kata.
  • Orangtua perlu mengajak anak untuk berlatih dan bercakap-cakap semisal yang berkaitan tentang agama atau tentang keyakinan dan mengajak untuk memecahkan masalah. Maka kemampuan si anak untuk bereskpresi dan menimpali sudah bisa dilatihkan sejak anak usia 6 tahun ini.
  • DI usia 6 tahun ini salah satu yang juga sangat esensial adalah punya kesepakatan tentang apa yang bisa dibaca dan apa yang bisa ditonton anak. Anak-anak usia 6 tahun sangat suka meniru apa yang dilihat di media masa yang dilihatnya. Keterampilan literasi media dibiasakan dengan peraturan yang ada di rumah. Apa yang boleh ditonton anak untuk berapa lama dan apa yang boleh dilihat di internet.

Apakah Anda masih belum jelas dengan panduan diatas ?. Yuk, lanjutkan dengan menonton video youtube dari channel Keluarga Kita disini:


Di usia ini anak masih penting di dampingi dan anak masih belum boleh gawe loh bapak dan ibu!. Di usia ini orangtua adalah teladan yang luar biasa. Anak bukan hanya mengamati tapi sudah mulai  bisa memprotes. Apabila orangtua justru menjadi penghambat dengan menggunakan kata-kata kasar atau justru punya kecanduan pada gawa yang berlebihan. Nikmati masa 6 tahun anak ini, masa dimana anak sudah mulai tumbuh dan menjadi semakin mandiri.

Sumber referensi by Keluarga Kita

0 komentar

Posting Komentar