Senin, 05 Oktober 2020

Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 5 Tahun Lanjut

Anak usia 5 tahun seringkali menunjukkan perkembangan yang mengejutkan untuk orangtuanya. Terutama yang berkaitan dengan pengendalian diri. Dengan kemampuannya mengontrol tubuhnya dan mengontrol emosinya. Kontrol tubuhnya terlihat pada saat dia mulai belajar menggunakan sepeda roda dua. Bisa berjalan mundur dan melompat dengan akurasi yang sangat baik. Kontrol emosinya terlihat pada saat dia sudah lebih sabar menunggu giliran dan berbagi dengan temannya. 

Tahap Perkembangan Anak Usia 5


Kemampuan mengendalikan diri ini muncul karena juga didukung oleh perkembangan bahasa yang semakin baik di usia 5 tahun lebih. Biasanya mereka sudah bisa menggunakan kalimat dengan kata ejaan 5 hingga 7 kata. Kemapuan ini harus dimanfaatkan dengan memberikan banyak latihan. Misalnya latihan menjawab telepon dan bagaimana caranya agar bisa bersikap sopan. Memberikan sapaan yang tepat kepada orang dewasa ataupun teman-teman sebayanya. Kitapun sebagai orang tua juga perlu memperbanyak latihan yang berkaitan dengan keseimbangan. Ini hanya salah satu bentuk dukungan yang bisa diberikan oleh orangtua. Bentuk dukungan nyata lain

Baca juga tahap sebelumnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 4 Tahun Lanjut


Dukungan Orang Tua; Pada Anak Usia 5 Tahun

Untuk mengikuti perkembangan anak di usia 5 tahun Adalah dengan terus meningkatkan kualitas percakapan dan mengajak anak berefleksi. Anak usia 5 tahun sudah bisa menggunakan jam dan kalender sehingga pada saat anda bertanya.


Apa yang kamu lakukan hari ini nak?”, Maka kualitas jawabannya akan menjadi jauh lebih detail. Di usia 5 tahun ini pastikan pertanyaan anak kita juga beragam. Tidak cuma sekedar “itu-itu” saja. Berikan beberapa pertanyaan yang membuat si anak tertawa terpingkal-pingkal di sekolah hari ini. Semakin beragam pertanyaan, maka semakin dapat meningkat kualitas percakapan dan kualitas refleksi anak.


Anak usia 5 tahunpun sudah bisa berefleksi, Di usia 5 tahun ini kemampuan mengendalikan emosi juga perlu terus dilatih kemampuan verbal berkata-kata. Perlu dilengkapi dengan strategi-strategi lain, misalnya menarik nafas kalau kamu marah atau bagaimana kalau kamu kecewa. Sebaiknya mungkin diam dulu daripada marah-marah.


Di usia ini penting sekali untuk menunjukkan penghargaan kepada anak. Kebiasaan sebagaimana yang biasa dilakukan oleh orangtua. Seperti menyatakan terima kasih, menyatakan tolong adalah sesuatu yang selalu bisa ditiru anak dan dipraktekkannya. Tidak hanya dirumah tetapi dilingkungan sosial yang lebih besar.

Baca juga tahap selanjutnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 6 Tahun Lanjut


Jangan sampai orangtua justru melabel anak dan menyampaikan hal-hal yang negatif tentang anaknya sendiri. Seperti mengatakan payah atau tidak mampu terhadap anak pada saat dia gagal mengendalikan emosi.

Apakah Anda masih belum jelas dengan panduan diatas ?. Yuk, lanjutkan dengan menonton video youtube dari channel Keluarga Kita disini:


Usia 5 tahun ini tetap menjadi bagian dari perkembangan anak diusia dini sehingga kesabaran kita , pemahaman kita akan apa yang sudah mampu dan belum mampu dia lakukan tetap menjadi bagian yang penting dari proses pengasuhan.

Sumber referensi by Keluarga Kita

0 komentar

Posting Komentar