Minggu, 04 Oktober 2020

Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 4 Tahun Lanjut

Anak usia 4 tahun bisa dianugerahi penemu kata yang luar biasa. Tapi seringkali digunakan pada saat berbicara tentang nasi. Karena anak-anak ini suka sekali kata-kata yang berima, kata-kata yang lucu dan sering diulang-ulang. Ini membuat percakapan dengan anak usia 4 tahun bisa menjadi sangat menyenangkan. Dia akan bercerita tentang banyak hal dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada saat ditanya;

"Apakah kamu mengantuk?",

"Kenapa kakak jatuh kemarin?".


Jawaban-jawabannya bisa menunjukkan presisi dan kemampuan berpikir yang sangat menarik untuk kita amati. Anak-anak diusia ini juga sudah bisa mengeksplorasi lingkungannya dengan menggunakan sepeda roda tiga. Bukan sekedar bisa, tetapi juga bisa melintasi rintangan atau menghadapi tikungan yang menantang untuk dirinya. Kemampuannya bukan hanya terlihat dari  keseimbangan motorik yang makin baik, tetapi juga pemahaman kognitif seperti mengenali huruf-huruf besar, bisa memahami kuantitas dari 1 sampai 5.

Tahap Perkembangan Anak Usia 4 Tahun

Baca juga tahap sebelumnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 3 Tahun Lanjut


Dukungan Orang Tua; Pada Anak Usia 4 Tahun

Diusia ini anak terbuka untuk belajar banyak sekali hal dan dia ingin menunjukkan kemampuannya. Dia ingin mendapatkan pengakuan dari lingkungan atas prestasi dan kompetensinya yang baru saja diraihnya. Disaat anak membutuhkan pengakuan, maka dukungan terpenting yang bisa diberikan oleh orangtua adalah bijak pada saat memberikan pujian Juga kritikan kepada anak.


Jangan pernah memarahi anak didepan umum. Ini adalah tanda bahwa kita tidak menghormati anak. Anak usia 4 tahun-pun perlu dihormati lho!. Anak-anak ini akan tumbuh dengan kepercayaan diri pada saat mendapat umpan balik yang spesifik. Meihat cara kamu memegang gelas dengan dua tangan meskipun membuat airnya tidak tumpah.


Infromasi seperti ini sangat berguna bagi anak untuk membuatnya yakin pada saat mencoba hal baru atau melatihkan hal yang belum pernah dia lakukan sebelumnya. Sayangnya kadang-kadang ada juga orangtua yang menghambat anaknya untuk mencoba hal baru diusia ini. Di saat anaknya sudah percaya diri, Malah sebetulnya sudah belajar menggunakan berbagai kata posisi.


Kita yang karena kekahawatiran yang berlebihan melarang anak untuk melakukan aktivitas-aktivitas fisik. Padahal kemampuan menyelesaikan tantangan punya rutinitas bermain yang menyenangkan di dalam keluarga dalam berbagai situasi lingkungan. Ini adalah bagian esensial yang perlu dilakukan oleh orangtua untuk menunjukkan dukungan terhadap tahap perkembangan anak di usia 4 tahun ini.

Baca juga tahap selanjutnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 5 Tahun Lanjut

Apakah Anda masih belum jelas dengan panduan diatas ?. Yuk, lanjutkan dengan menonton video youtube dari channel Keluarga Kita disini:


Anak-anak di usia ini juga sudah mulai belajar berteman. Cara utama belajarnya adalah lewat sosialisasi dengan orangtuanya, Pada saat kita menjadi teman yang baik untuk anak, Banyak menggunakan humor dirumah, Melatih anak menggunakan lelucon-lelucon yang menarik. Karena berkaitan dengan kemampuannya untuk menggunakan kata-kata yang lucu yang diceritakan tadi, Maka anak juga akan mendapatkan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk mulai menjalin pertemanan yang semakin menyenangkan dengan anak-anak sebaya atau anak-anak yang lebih besar yang ada dilingkungannya.

Sumber referensi by Keluarga Kita

0 komentar

Posting Komentar