Minggu, 04 Oktober 2020

Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 2 Tahun Lanjut

Anak usia 2 tahun sudah mulai belajar mengendalikan berbagai otot dalam tubuhnya. Termasuk otot-otot yang dibutuhkan untuk buang air kecil dan buang air besar yang membuat ia bisa melewati toilet training. Tetapi kemampuannya untuk mengendalikan emosi dan frustasinya masih banyak perlu dilatih, karena itu wajar sekali anak umur 2 tahun kadang-kadang menunjukkan frustasi dengan memukul teman atau orangtuanya. Kemampuan mengendalikan emosi masih akan butuh waktu bertahun-tahun kedepan untuk bisa tumbuh dengan sempurna.

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun

Baca juga tahap sebelumnya : Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 1 Tahun Lanjut


Dukungan Orang Tua; Pada Anak Usia 2 Tahun

Anak umur 2 tahun Juga sudah bisa mengikuti instruksi sederhana. Salah satu bagian dari mengikuti instruksi ini adalah dia juga seringkali ingin menginstruksikan sesuatu kepada orangtuanya. Banyak sekali pertanyaannya dan yang kadang-kadang menggemaskan sekaligus menyebalkan. Bertanya tentang hal yang sama berulangkali seperti contoh;

“Itu apa ma?”


Sesuatu yang baru ditanya beberapa jam yang lalu. Pastikan bahwa kita menunjukkan sikap mendukung terhadap semua tahap perkembangan ini. Jadi apa yang harus dilakukan pada saat pertanyaan anak diulang-ulang? Sederhana, menjawablah dengan berulang-ulang juga!. Pahamilah bahwa pengulangan dan rutinitas adalah bagian dari proses belajar yang esensial untuk anak usia 2 tahun.


Proses belajarnya masih sangat sederhana, Karenanya juga butuh instruksi yang sederhana. Seperti contohnya, Jangan katakan ;

ayo rapikan kamar!”,

Tetapi beri ia instruksi “mari masukkan mainan ke dalam kotak yang berwarna biru!”.


Anak-anak suka sekali meniru orangtua dan mulai bisa mengklasifikasi, karenanya gunakan kesempatan ini untuk membangun kebiasaan yang baik pada saat anak menghadapi situasi dimana dia harus bersama teman-temannya. Pahami juga bahwa anak usia ini suka mencoba berbagai hal yang baru. Seperti ikut mengepel tetapi kemudian embernya kadang-kadang ditaruh diatas kepalanya, Tertawalah bersama anak anda dan nikmati masa-masa usia 2 tahun walaupun bersama anak berusia 2 tahun. Tentu itu memang tidak selalu menyenangkan.

Baca juga tahap selanjutnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 3 Tahun Lanjut

Apakah Anda masih belum jelas dengan panduan diatas ?. Yuk, lanjutkan dengan menonton video youtube dari channel Keluarga Kita disini:


Ada waktu-waktu dimana dia kelelahan bermain, ada waktu-waktu dimana dia ingin cepat tidur, Karena itu salah satu sikap utama orangtua yang mendukung adalah memastikan bahwa kebutuhan fisik dasar untuk anak usia 2 tahun selalu terpenuhi seperti; Waktu tidur yang cukup, tidak kelaparan atau tidak kekenyangan berlebihan, waktu istirahat di sela-sela kegiatan permainan, baju yang tidak lengket di badan dan semua hal-hal dasar yang seringkali kita lupakan merupakan bagian yang penting dari apa yang bisa orangtua lakukan.

Sumber referensi by Keluarga Kita

0 komentar

Posting Komentar