Minggu, 04 Oktober 2020

Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 1 Tahun Lanjut

Anak usia 1 tahun yang mulai belajar jalan atau sudah bisa menampakkan langkah ke berbagai tempat adalah anak yang sangat mengagumkan. Disatu sisi aktivitas dan mobilitasnya tidak terbatas. Tapi di sisi lain dia masih perlu berlatih, misalnya pada saat berlari masih susah berhenti. Ada kebiasaan juga yang buat orangtua kadang menyebalkan anak yang senang sekali menumpahkan makanan atau alat-alat makan yang digunakannya pada saat dia mencoba makan sendiri. Itu sebetulnya sesuatu yang esensial dan berkaitan dengan perkembangan kognitifnya. Anak usia 1 tahun juga senang sekali menyembunyikan benda atau memasukkan benda ke tempat-tempat tertentu.

Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Tahun


Baca juga tahap sebelumnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Mulai Dari Usia 0-12 Bulan


Dukungan Orang Tua; Pada Anak Usia 1 Tahun

Sekali lagi itu bagian dari tahap perkembangan yang penting dan pasti dilaluinya. Anak usia 1 tahun seringkali menyampaikan apa yang dia inginkan dengan menunjuk benda. Pada saat itu dia ingin mengambil bola, karena kemampuan verbalnya belum optimal dia akan menggunakan alat-alat tubuhnya. Alat-alat motoriknya untuk mencoba mengkomunikasikan apa yang dia butuhkan Saat anak menyampaikan kebutuhannya. Sebagai orangtua kita punya pilihan Ingin mendukung anak atau justru menghambatnya. Orangtua yang mendukung akan menyampaikan secara verbal. Apa sebetulnya yang dibutuhkan anak;

"Oh, kakak mau bola itu ya?",

"Oh, kakak pengin coba makanan itu ya?".


Jadi walaupun anak belum bisa berbicara orangtua yang mendukung akan menceritakan dan meningkatkan pemahaman anak. Pada akhirnya kosa kata dan apa yang bisa dia sampaikan Pada saat anak membuang-buang makanan atau membuang barangnya. Maka Yang bisa kita lakukan sebetulnya mengambilnya kembali dan jangan sampai kita menghambat dengan tidak memberikan dia kesempatan untuk mencoba menyuap makanannya sendiri menggunakan tangan, menggunakan sendok atau garpu. Hal ini dalah bagian dari latihan yang penting walaupun kadang-kadang melelahkan buat kita sebagai orangtua pada saat harus membereskan.


Orangtua yang mendukung anak juga sadar betul, Bahwa bahkan sejak di usia ini aktivitas bersama buku tetap penting. Tetapi bukan hanya membaca buku cerita sambil memangku anak. Anda sendiri harus mencontohkan menjadi pembaca yang mandiri, karena di usia ini anak mengobservasi dan mengimitasi apapun yang dilakukan oleh orang dewasa yang ada di sekitarnya.


Usia 1 tahun ini juga usia yang sangat menyenangkan, karena kita bisa memberikan stimulasi sensoris dan juga stimulasi motorik yang beragam. Jadi ikutlah aktif bersama anak melakukan berbagai aktivitas fisik seperti; Merangkak bersama, melompat-lompat bersama, kenapa tidak?.

Baca juga tahap selanjutnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Di Usia 2 Tahun Lanjut

Apakah Anda masih belum jelas dengan panduan diatas ?. Yuk, lanjutkan dengan menonton video youtube dari channel Keluarga Kita disini:


Stimulasi sensoris dengan meraba berbagai benda yang punya tekstur yang berbeda atau bernyanyi dan menari mengikuti irama yang berbeda. Bukan hanya menyenangkan dan penting mendukung tahap perkembangan anak Tetapi juga sesuatu yang menyenangkan buat kita orangtuanya.

Sumber referensi by Keluarga Kita

0 komentar

Posting Komentar