Sabtu, 03 Oktober 2020

Mengenali Tahapan Perkembangan Dan Pertumbuhan Anak Sejak Dini

Menjadi orangtua Menjalankan peran pengasuhan adalah Proses marathon jangka panjang. Tidak ada yang sempurna, tapi kita perlu punya bekal, salah satu bekal utamanya adalah memahami tahap perkembangan anak.


Tahap perkembangan anak Penting kita kuasai Agar kita tahu tujuan pengasuhan jangka panjang Kalau anak kita sekarang umurnya 1 tahun Tidak berarti kita tidak perlu paham apa yang ada di tahap pekembangan selanjutnya.

Tahap Perkembangan Anak


Tujuan-tujuan kita hari ini Jangan sampai mengalahkan tujuan  kita untuk tahun-tahun mendatang. Menjadi orangtua, juga menuntut kita memahami bahwa aspek perkembangan Seringkali bukan hanya tentang apa yang bisa terlihat. Berikut adalah beberpa aspek perkembangan Anak yang perlu di perhatikan orang tua :


Perkembangan Fisik Anak

Misalnya aspek perkembangan fisik anak yang mudah kita bandingkan dengan saudaranya sendiri atau anak tetangga. Tetapi aspek perkembangan sebetulnya sesuatu yang sangat luas dan perlu dilihat utuh. Ada aspek perkembangan yang berkaitan dengan kognitif dan bahasa, Ada yang berkaitan dengan sosial emosional dan tentu saja ada yang berkaitan dengan perkembangan fisik anak.


Semua aspek perkembangan dan tahapan perkembangannya saling berkaitan Apabila ada hambatan. Di salah satu tahapan maka itu akan mempengaruhi tahapan selanjutnya, Karenanya menjadi sangat esensial Bahwa orangtua terus mengaktivasi Kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan anak yang akan berbeda-beda disetiap tahap perkembangannya. Kita terus mencari cara, karena cara yang sebelumnya efektif Belum tentu menjadi cara yang efektif.


Perkembangan Fasilitas Anak

untuk tahap perkembangan berikutnya yaitu dari aspek fasilitasnya. Fasilitasnya yang perlu dilakukan orangtua seringkali harus berbeda Saat anak pada di tangga pertama dibandingkan dengan dia sudah ada di tangga lebih tinggi. Orangtua yang tahu tahap perkembangan anak Juga bisa mengelola ekspektasinya, Bisa menyesuaikan harapannya, Tidak under expectation, tidak menuntut terlalu rendah dari anak. Karena sebetulnya anak sudah bisa mencapai impian-impian yang tinggi. Tetapi juga tidak over expectation. Tidak menuntut harapan yang terlalu tinggi dan kemudian menerima anak dengan drama.


Kita sebagai yang tahu apa yang tepat di tahap perkembangannya Akan bisa mampu berespon dengan lebih sensitif dan mampu berespon dengan lebih baik terhadap anak-anak kita.

 

Perkembangan Lingkungan Anak

Tahap perkembangan anak, itu membutuhkan dukungan dari semua yang ada dilingkungan Apabila pengasuhan di jalankan bukan hanya oleh orangtua saja, Tetapi oleh kakek nenek, Oleh pengasuh yang menggantikan peran orangtua, Maka semuanya harus paham tumbuh kembang anak kita. Bukan hanya ditentukan oleh anak sendiri Atau apa yang dilakukan orangtuanya, Tetapi dukungan dari semua yang ada dilingkungan.


Berbicara tentang dukungan lingkungan Salah satu yang paling menantang adalah Tidak membanding-bandingkan anak. Tahap perkembangan anak memang ada polanya. Ada yang wajar dan tidak, tetapi tahap perkembangan anak Bisa berbeda antara satu anak dengan anak lainnya. Anak-anak dengan temperamen bawaan tertentu, Anak-anak dengan kondisi lingkungan dan pola pengasuhan berbeda bisa tumbuh dengan kecepatan yang berbeda Bisa lebih unggul di satu aspek. Tetapi  lebih lemah dan butuh tantangan dan dukungan di aspek perkembangan yang lainnya.

Baca juga tahap selanjutnya: Mengetahui Tahapan Perkembangan Anak Mulai Dari Usia 0-12 Bulan,

Apakah Anda masih belum jelas dengan panduan diatas ?. Yuk, lanjutkan dengan menonton video youtube dari channel Keluarga Kita disini:


Apapun kondisi anak kita tugas utama orangtua Adalah menstimulasinya dengan mengajak main bersama. Jangan takut salah, jangan ragu-ragu pada saat menghadapi anak-anak yang kadang-kadang terlihat bermasalah. Intervensi dini menjadi sangat penting Untuk mendukung perkembangan anak-anak kita.

Sumber referensi by Keluarga Kita

0 komentar

Posting Komentar