Berbagai Macam Desain Bangunan Arsitektur India

Desain Arsitektur

www.rumahkreative.id Arsitektur adalah suatu seni yang dilakukan oleh beberapa orang untuk menuangkan kemampuan mereka  dalam merancang bangunan. Dalam artian yang cukup luas, arsitektur bisa mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan juga merujuk kepada hasil proses perancangan tersebut.

Arsitektur India merupakan arsitektur yang sangat banyak berkembang di India.Tradisi pembuatan bangunan yang terletak di kawasan anak benua India telah berkembang dari sebelum masehi, sebagian besar ditujukan sebagai bangunan yang religius. 


Pada abad ke-4 Sebelum Masehi, batu adalah benda yang banyak digunakan untuk mendirikan arsitektur India dan seterusnya banyak keterampilan mengukir sangat berkembang begitu pesat di India.Banyak stupa besar dibangun secara bersamaan dengan kuil yang ada dalam gua dan biara-biara diukir dari batu cadas.

Pada Zaman Gupta (abad ke-4 sampai 6 Masehi), arsitektur india berupa kuil-kuil sangat berkembang pesat dan seringkali didekorasi menggunakan ukir-ukiran yang begitu indah.

Pada abad ke-11, pengaruh arsitektur islam mulai menyebar ke berbagai tempat di India. Salah satu arsitektur india  yang sangat indah tersebut adalah Taj Mahal yang didirikan pada masa Kesultana Mughal .

Masa selanjutnya, dengan datangnya bangsa Inggris, seni arsitektur Eropa diperkenalkan di India.Mulailah banyak arsitektur India yang menyerupai arsitektur Eropa

Berikut ini adalah 3 jenis bangunan arsitektur India:


1.Masjid Soofi

                                                 
masjid
Perluasan dan perubahan struktur yang dilakukan pada 1960 juga tetap mempertahankan terjaganya bangunan asli masjid. Gaya arsitektur india berupa masjid ini mengintegrasikan desain Muslim tradisional India dan kolonial di Afrika Selatan.

Perpaduan ini terlihat dengan pola llengkungan, minaret, pintu, dan jendelanya serta kubah yang mencirikan struktur masjid di kawasan anak benua India. Sedangkan, bagian arsitektur kolonial terlihat dari beranda dan dinding bangunan masjid.

Ornamen masjid menggunakan hiasan plester dinding dengan tingkat keahlian yang cukup
baik dan kualitas yang tinggi.

Sebagian besar struktur arsitektur India ini menggunakan tambahan asbes dan semen, sedangkan di bagian beranda dan balkon-balkon masjid disempurnakan dengan bata yang berkisi-kisi berbentuk sarang lebah.

Salah satu aspek yang paling menonjol dari struktur asli tetap tak tersentuh di gedung adalah mihrab, ceruk setengah lingkaran di dinding masjid yang menunjukkan arah Ka’bah di Makkah, dan arah Muslim ketika berdoa.
  Bangunan Arsitekur  India Selanjutnya.

2.Kuil Shri Balaji Vankateshwara


kuill

                                

RUMAH ibadah merupakan suatu kebutuhan bagi umat beragama, tak terkecuali bagi Umat Hindu di India. Hasrat beribadah terpenuhi dengan adanya bangunan kuil bernama Sri Venkateswara Swamy Temple, yang berada dalam naungan Yayasan Tirupati Tirumala Devasthanam, tepatnya di India Selatan, negara bagian Andra Pradesh.

Jaraknya sekitar 225 kilometer dari Kota Chennai, ternyata, kuil ini juga termasuk bangunan kegamaan Umat Hindu yang terkaya di dunia.
Atas dasar kebutuhankhirn tadilah, aya, dibangun Shri Balaji Venkateshwara Koil di Medan, tepatnya di Jalan Bunga Wijaya Kesuma Kecamatan Medan Selayang, sebagai miniatur Kuil Sri Venkateswara Swamy Temple di India tadi. 

Dibangunnya Shri Balaji Venkateshwara Koil berlatar belakang permintaan masyarakat Hindu India yang tinggal di sekitar kuil yang membutuhkan kehadiran rumah ibadah. 
S.Tirumal Naidu, selaku pencetus serta pengurus kuil ini, memutuskan untuk membangun bangunan ini, dilakukan dengan dua tahap.Tahap pertama dimulai tahun 2004 sedangkan tahap kedua dilanjutkan pada tahun 2010. Selesai pada Desember 2011 dan diresmikan pada Februari 2012.
Dan Bangunan Arsitektur india yang terakhir adalah :

3.Desain Rumah Empat Lantai Minimalis di India


rumah

Desain Arsitektur india berupa rumah hunian dengan luas lahan 55 meter persegi terdiri dari empat lantai yang berlokasi di Bengaluru, India. Desain minimalis yang sangat unik dan ramping diterapkan pada rumah oleh Rohan Ashwin Architects.

Dikarenakan lahan yang terbatas, huniannya pun perlu disesuaikan ukurannya. Ditambah lagi batas antar bangunan yang tidak lebar, menjadi sebuah tantangan bagi sang arsitek dalam mendesain massa rumahnya.

Memasukkan cahaya dan udara ke dalam rumah harus dipertimbangkan dengan mendesain fasad dan ruang dalam interiornya. Jalanan utama dan pintu utama huniannya menghadap ke arah barat dimana sumber cahaya masuk karena di ketiga sisi lainnya tertutup oleh badan rumah hunian lainnya. 


Adanya bukaan di arah barat dan juga atap, membuat rumah jadi lebih terang dan nyaman.Memasukkan cahaya dan udara ke dalam rumah harus dipertimbangkan dengan mendesain fasad dan ruang dalam interiornya. 

Jalanan utama dan pintu utama huniannya menghadap ke arah barat dimana sumber cahaya masuk karena di ketiga sisi lainnya tertutup oleh badan rumah hunian lainnya. Adanya bukaan di arah barat dan juga atap, membuat rumah jadi lebih terang dan nyaman.

Di denah lantai dasarnya, terdapat garasi kendaraan yang cukup untuk satu mobil dengan satu kamar studio yang dilengkapi dengan ruang tamu, tempat tidur, dapur, dan juga kamar mandinya.

Lantai ini tentu saja dapat difungsikan sebagai ruang tidur tamu yang akan menginap di rumah. Antara pemilik dan tamu pun tetap memiliki privasi yang terjaga dengan baik. 

rumah2
Untuk menuju ke hunian utamanya, pemilik ataupun pengunjung perlu menaiki tangga yang terletak di luar ruangan. Tangga yang berada di samping pintu masuk tersebut langsung diarahkan menuju teras.

Begitu masuk ke dalam rumah, pengunjung langsung dihadapkan pada area ruang tamu dengan sofa yang cukup nyaman. Ruang tamu didesain dengan langit-langit yang tinggi karena adanya void sehingga ruang terasa lebih luas. 

Ditambah lagi dengan penggunaan warna putih serta adanya ventilasi cahaya yang dirancang dari susunan garis horizontal yang lebar. Tirai tingginya pun tersedia jika diperlukan untuk menutup sisi dinding tersebut. 

dapur
Dibalik ruang tamunya terdapat area dapur memanjang dengan dua meja dapur. Tak lupa pula terdapat penyerap asap sehingga di dalam ruangan kecil yang minim ventilasi ini, ruangan tetap terasa nyaman. Perpaduan warna putih dan hitam tentunya memberikan suasana minimalis elegan yang membuat hunian tampak lapang dengan warna putihnya. Dengan penerangan sederhana, setiap sudut terpantulkan cahaya lampu di langit-langitnya.




puja

Selain ruang tamu dan dapur, juga terdapat ruang makan, ruang ibadah, serta toilet. Ruang ibadah berupa ruang puja dirancang dengan ukuran minim dimana terdapat patung dewa untuk beribadah. Ruangan tersebut di lingkupi dinding dan juga pintu kaca sehingga orang di dalam hunian tidak sembarangan keluar-masuk dalam ruang puja.



kamar
Kamar tidur utama dengan kasur queen sizenya dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti AC dan juga area balkon luas. Balkon tersebut tentunya menjadi salah satu area agar kamar tidur utama mendapatkan cahaya dan udara. 

Balkon yang cukup lebar ini juga dapat digunakan untuk menikmati pagi ataupun sore hari sambil menikmati minuman hangat. Adapun berbagai macam tanaman terdapat pada pot di sekitar dindingnya.

ending
Uniknya pada bagian tangga menuju lantai teratas ini, atapnya menggunakan kaca sehingga cahaya masuk langsung dari atas. 

Terdapat pula pintu di ujung tangga yang difungsikan untuk mengakses ruang utilitas dan juga teras atap yang bisa digunakan untuk bersantai ataupun melakukan berbagai macam kegiatan seperti menjemur pakaian ataupun bahan makanan.

Jadi, bagaimana menurut Anda desain hunian minimalis satu ini? 

 Itu lah 3 contoh desain arsitektur India yang saya tulis di artikel kali ini. 
Mungkin hanya itu yang bisa saya tulis ,semoga artikel tentang Arsitektur india ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Berbagai Macam Desain Bangunan Arsitektur India"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel