Kamis, 08 November 2018

Bank Sampah Prayogi Berdayakan Masyarakat Melalui Program Daur Ulang Sampah

Bank Sampah Prayogi majenang cilacap

Sampah merupakan Sisa kegiatan sehari-hari kita sebagai manusia dan atau proses alam yang berbentuk padat. Permasalahan sampah di Indonesia sangat lah Kopleks dimana pengelolaan yang ada saat ini masih belum optimal dimana masih menggunakan pola lama dimana sampah yang dihasilkan dicampur begitu saja, lalu di buang. Padahal dengan memilah sampah berdasarkan jenis nya, dapat di dapat nilai ekonomis yang lebih.
Konsep pengelolaan sampah yang saat sedang berkembang di Indonesia Adalah pengelolaan sampah dengan konsep bank sampah.

Begitupun yang di lakukan oleh Dr Prayoga Octa Randika selaku founder Bank Sampah Prayogi - BSP Majenang yang beralamat, jalan masjid Salafiyah Padangjaya, Majenang,Cilacap, Jawa tengah.
Seperti konsep bank sampah pada umumnya Konsep Bank Sampah Menggunakan 5 M

  • Mengurangi sampah
  • Meminimalkan penggunaan tas plastik
  •  Membiasakan membawa tas belanja dari rumah
  •  Meminimalkan sisa makanan
  •  Menggunakan sapu tangan/lap kain2.
Disini para nasabah bank sampah dapat menukarkan sampah hasil rumah tangga yang sebelum nya terlebih dahulu di pilah dengan uang jika saldo nya sudah mencapai batas minimal, salah satu  keunggulan Bank Sampah Prayogi para nasabah juga bisa menukarkan saldonya untuk biaya berobat di klinik Dr Prayoga.

Masih banyak sebenarnya program yang ada di bank sampah, seperti sedekah sampah hingga program pelatihan daur ulang yang pada kesempatan kali ini saya beruntung bisa mengikuti program tersebut, di program ini orang orang yang ikut disebut dengan relawan kreatif, jika para penyetor sampah di sebut dengan nasabah.

para relawan ini juga bisa dari para nasabah itu sendiri,di program ini masyarakat di ajak untuk belajar mengolah sampah menjadi barang dengan nilai jual lebih, seperti menjadikan sampah menjadi kerajinan, kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan rutin setiap 2 kali sebulan.

Dengan adanya program-program yang ada di harapkan manfaat dari bank sampah dapat langsung terasa bagi masyarakat sekitar, dan masyarakat secara luas .

berikut kegiatan kami saat mengikuti kegiatan pelatihan di bank sampah, kamu juga bisa ikut berpartisipasi kok dengan cara follow kami di sini rumah kreative facebook









Post Top Ad

MAIN MENU