Jumat, 07 September 2018

Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang

Kerajinan dari pelepah pisang
www.rumahkreative.id-Pada umumnya,kerajinan dari pelepah pisang masih asing di telinga kita.Sebagian orang pelepah pisang dianggap hanya sebagai sampah kering yang tidak berguna.Namun seiring dengan perkembangan zaman dan ada tangan orang-orang yang kreatif,kini pelepah pisang menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomi tinggi.
Saat ini banyak benda-benda unik yang terbuat dari bahan dasar pelepah pisang kering. Cara membuat kerajinan tangan pelepah pisang tidak terlalu sulit,cukup membuat desain awal benda yang ingin dibuat. Setelah siapkan peralatan serta bahan yang dibutuhkan sebagai pelengkap bahan utama yaitu pelepah pisang kering.

Tips Membuat Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang

Untuk membuat kerajinan yang menghasilkan produk yang lebih berkualitas,tentu kita harus menggunakan bahan baku pelepah pisang yang baik juga. Untuk itu kita harus bisa memilih jenis pelepah pisang yang mempunyai kualitas baik,salah satu contohnya adalah yang sudah kering di pohon, yaitu kondisi pelepah benar-benar kering sehingga tidak perlu lagi mengalami proses penjemuran,cukup diangin-anginkan saja.
Agar kesan produk yang dihasilkan dari kerajinan ini lebih alami, sebaiknya tidak perlu menggunakan pewarna ataupun pengawet buatan. Biasanya pengrajin menggunakan warna alami dari pelepah pisang tersebut untuk menyesuaikan tema dari produk yang dibuat.
Untuk merekatkan potongan-potongan pelepah pisang bisa menggunakan lem seperti lem kertas, atau lem fox. Meskipun lem fox harganya sedikit lebih mahal, tetapi itu sebanding dengan daya rekatnya yang kuat.

Lukisan dari Pelepah Pisang

Untuk membuat sebuah lukisan dari pelepah pisang bisa menggunakan triplek sebagai media tempat melukis atau bisa juga menggunakan media lain seperti karton tebal, kayu dan lain sebagainya. 
Cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu membuat desain lukisan gambar yang akan dibuat, setelah itu gunting dan tempelkan pelepah pisang sesuai pola yang dibentuk pada media. Setelah itu oles dengan cat bening dan keringkan. Langkah terakhir adalah dengan memasang frame untuk memperindah tampilan.
Lukisan dari pelepah pisang

Tas dari Pelepah Pisang

Pelepah pisang kering juga bisa dibuat tas yang tidak kalah cantiknya dengan tas tas yang lain.
Untuk membuat tas caranya sediakan pelepah pisang, benang kasur, cat pernis, pisau, warna finishing. Langkah awal untuk membuatnya dengan cara pohon pisang dibuat menjadi bilah-bilah kemudia keringkan selama 10 hari agar kandungan air pada pohon pisang hilang.Kemudian buatlah rajutan dengan menggunakan bahan bilah pohon pisang yang sudah dikeringkan. Agar tas lebih kuat kamu bisa mengelem serat pelepah pisang kemudian diikat dengan benang kasur. Langkah terakhir adalah mempercantik tampilan tas dengan memberikan warna sesuai selera.
Tas dari pelepah pisang

Tempat Tisu dari Pelepah Pisang

Untuk membuat kerajinan dari tempat tisu kamu bisa mempersiapakan bahan serta peralatan yang diperlukan seperti kardus tisu bekas, lem kayu, biji-bijian, dedaunan dan bahan utamanya pelepah pisang yang sudah disetrika.
Cara membuatnya adalah dengan cara menyayat tipis pelepah pisang lalu keringkan setelah itu kamu bisa menempelkan pelepah pisang pada kardus bekas tisu.
Tempat tisu dari pelepah pisang

Bunga dari Pelepah Pisang

Bunga dari pelepah pisang
Pelepah pisang juga dapat dibuat replika bunga yang tidak kalah cantiknya dengan bunga yang lainnya.
Replika bunga dari pelepah pisang ini dapat untuk hiasan ruang tamu atau ruang lainnya.Selain itu juga mempunyai nilai jual yang tinggi.
Adapun alat,bahan,dan cara membuatnya :
Alat :
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pulpen
Bahan :
  • Daun pelepah pisang kering
  • Lidi atau kawat
  • Kertas kreps hijau
  • Straples
  • Pylox
Setelah semua alat dan bahan sudah tersedia, Anda bisa mulai membuatnya dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.
  • Gambar pola segitiga menggunakan pulpen pada daun pisang yang telah di keringkan.Kemudian gunting daun pisang tersebut mengikuti pola yang telah digambar.
  • kemudian ambilah pola yang telah digunting dan tusukkan di bagian tengah pola segitiga tersebut. Dengan begitu,pola akan berbentuk menjadi kerucut.
  • Kemudian, buat pola yang kedua. Caranya, buatkan 5 buah pola berbentuk oval pada daun pisang kering. Pola ini akan dijadikan kelopak bunga.
  • Buatlah daun pisang yang awalnya telah dibentuk menjadi pola oval menjadi melengkung. Caranya dengan menggesekkannya menggunakan penggaris.
  • Selanjutnya, ambil satu pola yang sudah dibuat kerucut dan satu pola oval yang sudah melengkung. Straples bagian ujung pola melengkung dengan bagian luar kerucut (yang di balik).
  • Kemudian ambil pola melengkung lainnya dan distraples lagi sampai berjumlah 5 buah. Lalu pylox sesuai warna bunga yang Anda inginkan.
  • Setelah itu masukkan dan rangkai dalam pot atau vas bunga.Untuk pot atau vas bunga bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan botol air mineral bekas. Isi dengan daun kering dan kerikil lalu pylox juga bagian luarnya agar terlihat lebih menarik.
Di atas adalah contoh dan cara membuat kerajinan yang sederhana dan tidak butuh banyak biaya.Anda bisa mempraktikannya di rumah.Hasil kerajinannya juga bisa Anda jual dan tentunya menghasilkan uang tambahan.
Sekian artikel yang saya sampaikan tentang kerajinan tangan dari pelepah pisang.Semoga bermanfaat.

Post Top Ad

MAIN MENU