Jumat, 24 Agustus 2018

Belajar Desain Exterior Rumah Klasik Minimalis Otodidak

www.rumahkreative.id - Agar menguasai ilmu desain exterior secara otodidak yaitu bisa dengan cara membeli buku-buku yang berkaitan dengan dunia seni dan arsitektur rumah terbaru.Salah satu trend desain rumah saat ini yaitu di dominasi dengan desain rumah klasik minimalis, tentunya dengan Anda mempelajari ilmu arsitektur desain exterior rumah ini hobby dan bakat anda bisa tersalurkan dengan baik serta bisa juga menjadi designer exterior yang profesional.

Keuntungan belajar otodidak juga bisa mengalahkan mereka yang belajar dengan formal, asalkan betul-betul masuk ke dunia desain secara totalitas. Sebuah karya terbaik untuk desain selalu diawali dengan dedikasi yang tinggi, sehingga ketika ingin belajar secara otodidak dalam mendesain rumah, tentunya akan menghasilkan karya yang prestisius untuk karya desain terbaik rumah minimalis yang saat ini sangat trend dan tidak kalah bagus dengan para designer yang lainnya.

Belajar mendesain rumah secara otodidak bisa juga didapatkan dengan cara melihat karya-karya terbaik dunia yang diperoleh dari dunia internet.Dengan cara tersebut akan ada gambaran tentang mendesain exterior rumah dan cukup mumpuni dalam mengetahui model serta trend desain rumah secara international.Dengan modifikasi yang unik serta racikan Anda sendiri,tentu akan menjadi karya yang disukai para pecinta desain dari dalam negeri maupun luar negeri.

Beberapa negara di benua Eropa seperti Inggris, Perancis, Italia,dan Yunani memiliki salah satu daya tarik wisata yaitu  arsitektur bangunan yang bergaya klasik.Bangunan dengan desain arsitektur klasik memiliki ciri khas yaitu unik dan menarik, memberikan kesan berbeda dengan bangunan yang ada disekitarnya,serta suasananya membuat kita merasa kembali ke masa lalu.Di negara Eropa,selain gedung pencakar langit yang menjulang dan rumah dengan desain minimalis modern, kita juga masih bisa menemui bangunan dengan desain klasik yaitu bangunan lama yang masih mempertahankan desain aslinya dan gedung-gedung baru yang mengadopsi desain klasik agar terlihat berbeda dengan bangunan di sekitarnya. Biasanya desain arsitektur klasik memiliki ciri-ciri pilar yang besar dan kokoh,serta ornamen-ornamen dengan motif rumit dan detail.



Sejarah Desain Arsitektur Klasik


Arsitektur klasik adalah sebuah gaya bangunan dan teknik mendesainnya mengacu pada zaman Yunani kuno pada periode Helenistik dan kekaisaran Romawi.Arsitektur klasik dirintis oleh seorang arsitektur terkenal Romawi yang bernama Marcus Vitruvius yang sedang berjaya di abad pertama sebelum masehi.Ia mengatakan bahwa para pembangun harus menggunakan prinsip matematika dalam membangun kuil.Marcus mengenalkan classical order yang menjelaskan tentang gaya kolom dan desain simetris yang akan digunakan dalam arsitektur klasik.



Pada umumnya orang akan berfikiran tentang arsitektur klasik yaitu sebuah bangunan yang terbuat dari kayu, batu, dan lain-lain.Namun seiring dengan berkembangnya zaman,arsitektur klasik memiliki banyak desain modern dan gedung rumit,sebagai contohnya pada bagian atap dan tiang, bahkan struktur yang terbuat dari batu dan marmer dibentuk secara detail sempurna.


Lagam arsitektur klasik muncul bersamaan dengan dimulainya peradaban tulisan secara formal. Hingga sampai saat ini belum ditemukan secara spesifik kapan era ini dimulai dan berakhir. Namun jenis lagam ini banyak ditemukan di benua Eropa.Ada tiga tujuan arsitektur klasik dibangun yaitu :




1.  Sebagai tempat berlindung seperti rumah tinggal dan rumah penduduk.

2.  Sebagai wadah penyembahan tuhan dan rumah peribadatan seperti gereja, atau kuil.

3.  Sebagai tempat berkumpulnya rakyat.



Seiring dengan berjalannya waktu,pembuatan bangunan menjadi lebih rumit dan lebih rinci. Beberapa peradaban muncul yang terbentuk dari lumpur dan batu ikut turut  serta memperkaya ragam bentuk arsitektur klasik, misalnya candi, dan pekuburan orang Mesir.

Hingga saat ini bentuk-bentuk arsitektur klasik masih eksis dan diadopsi di dalam bangunan-bangunan modern yang banyak bermunculan. 






Elemen Dasar Dalam Desain Exterior



a. Pengaturan cahaya


Cahaya merupakan elemen penting yang mampu membuat sebuah obyek dapat dilihat dengan jelas ataupun samar. Karena area diluar bangunan memiliki tingkat pencahayaan maksimal terutama pada siang hari yang bisa sangat berlebih, maka kondisi ini akan berpengaruh dalam keputusan anda dalam memilih warna dan juga pola yang akan digunakan.

Selain meningkatkan kualitas visual bangunan, objek akan terlihat lebih jelas dan juga lebih detail. Pada daerah dengan intensitas cahaya yang kurang, jika anda ingin menonjolkan sisi eksterior suatu bangunan, anda bisa menggunakan kontras warna yang tinggi dan tegas. 

b. warna dan pola

2 unsur desain yang dapat anda aplikasikan di berbagai elemen eksterior adalah warna dan pola.
Keberadaan bunga dengan waran-warna menarik bisa dengan baik membentuk kesan yang indah pada aspek eksterior secara keseluruhan. Menerapkan desain dengan pola tertentu juga bisa sangat membantu anda mengurangi biaya namun ampuh untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik seperti penggunaan pot tanaman ataupun desain pagar dan pintu rumah yang unik.

c. Mix and match

Perpaduan antara warna dan pola merupakan kegiatan yang bisa dibilang mudah namun sebenarnya juga cukup menantang. Modifikasinya pun bisa hanya berbekal warna turunan dari warna utama dan pola yang serupa serupa.

d.   Elemen horizontal

Elemen horizontal dapat membentuk suatu ruang dengan adanya perbedaan warna, material, tekstur, pola lantai dan sebagainya.
Selain itu, elemen ini juga dapat dibuat dengan beragam variasi misalnya dengan menaikkan atau menenggelamkannya ke bawah. Jika terdapat perbedaan pada ketinggian elemen horizontal pada bawah dan sekitarnya, maka kesan keterpisahan ruang yang ditimbulkannya pun akan semakin kuat. 

e.    Elemen Vertikal

Selain berwujud sebagai dinding dengan berbagai variasi ketinggian, bisa juga dengan gantungan pot-pot bunga diatas teras rumah atau kerai bambu, rangka kayu dan sebagainya.

Kelima elemen diatas secara bersama membentuk suatu eksterior bangunan dengan kualitas bangunan tertentu yang bersumber dari material dan model yang digunakan. Setiap pilihan yang anda putuskan mempunyai konsekuensi tersendiri terhadap kualitas bangunan nantinya.




Desain Exterior Rumah Klasik Minimalis


Keperluan untuk tempat tinggal sangat penting untuk Anda yang telah berumah tangga. Namun waktu ini, merancang rumah minimalis kecil yang murah sekalipun kesulitan. Oleh itu kalian harus mencari sebuah rujukan mengenai model tempat tinggal saat ini. Supaya bisa untuk merancang uang membangun sebuah hunian yang di inginkan.

Kebanyakan hunian minimalis memang nampak sempit karena tanah yang digunakan juga tidak terlalu lebar. Namun bukan berarti hal ini merupakan mempengaruhi untuk meningkatkan kenyamanan untuk hunian. Kamu bisa mendesain keadaan tiap tiap ruangan pada tempat tinggal minimalis ini untuk menambah kenyamanan serta meningkatkan kemesraan dalam keluarga. 


Contoh Desain Exterior Rumah Klasik Minimalis




Post Top Ad

MAIN MENU