Jumat, 18 Mei 2018

Manfaat Gula Aren Dan Efek Sampingnya

gula aren


rumahkreative.id-gula aren adalah salah satu bahan masakan yang wajin anda masukkan pada masakan anda. dengan rasanya yang khas gula aren mampu membangkitkan selera makan anda. dengan semakin sulit dicari nya gula ini karena pohon arenyang sedikit menyebabkan harga gula aren melonjak tinggi. dalam 1 kg gula aren kini harga nya dapat mencapai 15.000-20.000


1. Pengertian Gula Aren

Gula aren atau Gula merah adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula arena biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.
sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Gula_aren

2. Perbedaan Gula Aren Dan Gula Merah

perbedaan gula aren dan gula merah ini terletak pada bahan pembuatan yang digunakan. jika gula merah di buat dari pohon jenis palem dan tebu. maka gula aren terbuat dari nira aren yang memiliki aroma serta rasa yang unik.

3. Manfaat Gula Aren

a. bahan dasar pembuatan masakan

sejak zaman dahulu gula aren di digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan makanan dan minuman. Entah itu seperti tumis kangkung atau kolak kolangkaling. Dengan rasa manis dan legitnya gula aren, gula aen ini dapat manambah cita rasa makanan dan minuman yang mantap.

b. Penambah tenaga

Karena kelebihan gula aren yang memiliki kalori yang rendah, gula aren menjadi pilihan sebagai pemanis tambahan pada minuman maupun makanan. Gula aren juga kerap kali dipilih oleh para pendaki sebagai bekal untuk mendaki bahkan untuk mencapai puncak. Asupan kalori yang terlalu banyak pada tubuh dapat menyebabkan bertumpuknya kalori sehingga menjadi lemak tubuh. Untuk anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, gula aren ini sangat cocok untuk pemanis pada minuman anda. Karena dengan kalori nya yang rendah tapi gula aren juga dapat memberikan tenaga yang cukup banyak dan ini sangat cocok membantu anda dalam program anda. Selain kalori nya yang rendah gula aren juga dapat meningkatkan stamina.

c. Cocok untuk penderita diabetes dibanding gula pasir

Indeks glisemik yang rendah pada gula aren membuat glukosa dapat di serap secara lambat sehingga pankreas tidak perlu kerja keras lagi. Setelah anda mengganti gula pasir dengan gula aren akan terbukti turun kadar gulanya “Solusi hiduo sehat dan lezat ya gula aren”

d. Memperlancar peredaran darah

Kandungan zat besi yang tinggi pada gula aren dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Zat besi yang terdapat pada gula aren juga dapat mencegah penyakit anemia. Unsur kimia yang terdapat dalam gula aren berfungsi melancarkan system peredaran darah. Gula aren juga memiliki fungsi penting dalam fungsi dan kinerja seluruh organ-organ tubuh secara maksimal serta meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan memiliki peredaran darah yang lancar anda bisa memaksimalkan kerja dan aktivitas yang anda kerjakan serta terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit.

Terhambatnya peredaran darah di dalam tubuh dapat menyebabkan:
1. Suplay oksigen ke otak tidak lancar, menyebabkan menurunnya konsentrasi dan daya piker
2. Bisa memicu gagal jantung, karena kerja jantung lebih berat
3. Masalah organ tubuh, karena suplay darah ke berbagai organ tidak lancar
4. Merasa cepat lelah dan tidak bersemangat
5. Meningkatkan resiko kardiovaskular

e. Untuk maag

Penyakit yang berada di bagian lambung ini adalah sebuah gejala dimana lambung mengalami luka pada dinding lambung. Maag disebebkan oleh gaya hidup yang kurang baik terutama dalam mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam. Penyebab lain juga adanya bakteri h.pylori yang menggerogoti dinding lambung, sehingga kalu di biarkan qkqn membahayakan kesehatan organ lambung anda. Ternyata gula aren mampu mengatasi penyakit maag dan tidak akan terasa mual di lambung. Kandungan gula aren: Vitamin B,B2,B3,B6,B12

4. Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes

tidak hanya itu ternyata gula aren juga memiliki manfaat yang banyak untuk penderita diabetes. orang yang memiliki penyakit diabetes akan mengganti kadar gula yang tinggi dengan kadar gula yang lebih rendah seperti gula aren. berikut ini manfaat gula aren untuk diabetes:

a. gula aren tidak memiliki campuran bahan kimia di dalamnya, sehingga ini sangat aman untuk semua kalangan. karena kemurniannya itu gula aren tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

b. gula aren memiliki indeks glemik yang rendah dibanding jenis gula lainnya. indeks glemik yang dimiliki gula aren kurang lebih 35. indeks glemik ini lebih rendah dibanding gula yang lain. indeks glemik yang rendah dapat memberikan pengeruh pada tingkat penyerapan glukosa. semakin rendah indeks glemiknya maka proses penyerapan glukosa akan semakin lambat.

5. Efek Gula Aren Untuk Kesehatan

Meskipun gulaaren ini tidak memiliki efek samping, tetapi gula aren memiliki kalori yang cukup besar, oleh karena itu gula aren kurang cocok digunakan oleh orang-orang sedang dalam program diet nya. selain kalori yang cukup tinggi gula aren juga dapat meningkatkan berat badan yang berlebih dan fluktuasi kadar gula darah

Post Top Ad

MAIN MENU