Sabtu, 12 Mei 2018

Macam Kopi Berdasarkan Penyajian Yang Wajib Anda Ketahui

macam kopi

Rumahkreative.id-kopi di Indonesia sudah memiliki banyak sekali varian dan rasa masing-masing. Dari mulai yang rasa nya sangat pahit sampai tidak pahit sama sekai. Di kedai atau caffe banyak sekali varian kopi yang ditawarkan, tentunya dengan ke khan nya sendiri. Jika anda hendak memesan kopi, hendaknya anda harus mengetahui kopi yang cocok dengan kriteria anda.

1. Latte Kopi

latte berasal dari Bahasa italia yaitu kopi susu. Adapun yang dimaksud kopi latte adalah kopi eksrpreso yang di campur susu dan memiliki busa tipis di bagian atas. Macam kopi yang satu ini ditemukan pada 1950 di italia oleh lino meiorin. Dia adalah seorang pemilik caffe. Pada saat itu pengunjung di caffe nyna tidak terbiasa dengan cappuccino yang sangat tajam, karena itu banyak pelanggan yang meminta untuk mencampurkan susu ke dalam kopi tersebut. Seiring berjalannya waktu lino memutuskan untuk menjual kopi ekspreso dengan lebih banyak susu danmenyebutnya dengan “coffe latte”.

 2. Cappuccino

Lagi-lagi kopi ini beraal dari italia yang terbuat dari ekspreso dan susu, tapi ada referensi lain yang menyebutkan juga cappuccino berawal dari biji kopi tentara turki yang tertinggal setelah peperangan. Berbeda dengan coffe latte kopi cappuccino adalah macamkopi yang terdiri dari1/3 ekspreso, 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Perbedaan cappuccino dengan coffe latte terletak pada susu dan busa nya. Jika coffe latte mengandung banyak susu dan memiliki banyak busa, maka cappuccino malah sebaliknya.

 3. Flat white

Macam kopi yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kopi. Flat white adalah minuman yang terbuat dari steamed milk dan ekspreso. Lagi-lagi kopi ini hamper mirip dengan coffe latte. Hanya saja pada coffe flat white memiliki microfoam lebih tipis di banding dengan latte bahkan tidak sedikit yang bilang bahwa coffe flat white ini kurang bervolume. Walaupun tidak memiliki volume yang besar seperti coffe latte, flat white ini tetap memiliki creamy milk yang di tambahkan di atas ekspreso yang jumlah sj=hoot nya sama dengan latte. Perbedaan lain juga terletak dalam penyajian kopi ini. Jika pada coffe late dapat di sajikan dalam gelas maka coffe flat white ini biasa disajikan dalam cangkir berbahan keramik.

4. Mocca

Kopi moka atau mocca adalah salah satu jenis kopi arabisa dengan cita rasa khas, kopi ini sangat populet di kawasan timur tengah. Macam kopi ini berasal dari yemen yang dahulu di perdagangkan di pelabuhan mocha di yemen. Kopi moka ini memiliki keun9ikan tersendiri di bandingkopi-kopi lainnya. Perpaduan coklat yang di campur dengan ekspreso dan susu sudah menjadi ciri khas bagi kopi moka ini. Karena ke khasan nya dengan coklat kerap kali orang sering menyalah artikan arti dari kata kopi moka itu sendiri. Padahal moka di ambil dari salah satu daerah yang berada di darah yaman, yaitu moka.

5. Piccolo latte

Macam kopi piccolo late ini merupakan racikan jenis kopi ristretto dengan susu. Hampir sama dengan coffe latte hanya saja jenis kopi ini memiliki takaran campusan yang sama atau seimbang. Walaupun kopi ini dicmpur dengan susu, tidak menghilangkan pekat aroma khas kopi hitam pada umumnya. Busa kental dari campusan susu akan mengubah suasana hati anda ketika busa tersebut menempel di bibir dan merekah di mulut. Rasa pekat pahit kopi yang akan memanjakan lidan dan tenggorokan pencinta kopi dan aroma yang menenangkan.

6. Ekspreso and long black

Ekspreso adalah jenis kopi yang terpopuler di dunia ekspresoini biasanya di ekstrak menggunakan mesin khusus. Lewat kopi ekspreso ini para pecinta kopi dapat menikmati rasa biji kopi asli. Kopi ekspreso ini dapat di beri campuran apa saja,seperti gula maupun susu. tetapi, jika hanya diseduh dengan air panas, kopi ini di sebut dengan long black. Long black ini berasal dari Australia dan selandia baru, oleh sebab itu penyajiannyapun harus mengikuti tradisi yang sudah ada.

Post Top Ad

MAIN MENU