Jumat, 27 April 2018

Mengenal Kopi Dan Jenisnya Secara Menyeluruh

jenis kopi

Rumahkreative.id-Siapa yang tidak tahu dengan kopi? Biji tanamanyang satu ini sudah sangat popular di kalangan orang dewasa dan remaja, bahkan sudah menjadi separuh hidupbagi sebagian orang. Aroma kopi yang dapat menenangkan jiwa menjadi satu alasan kenapa kopi selalu menjadi minuman favorit setiap tahunnya.

Pengertian Kopi

Kopi adalah biji minuman hasil seduhan biji kopi yang telah di proses menjadi bubuk kopi dan dilarutkan dengan air panas.

Jenis-jenis Kopi

1. Kopi Gayo

Kopi yang berasal dari aceh ini adalah kopi yang sangat terkenal di belahan dunia. Kopi ini di lestarikan di daratan tinggi gayo, Aceh. Kopi gayo adalah kopi yang memiliki rasa yang paling khas di banding kopi lain, ini telah di buktikan pada kajian internasional. Kopi gayo memiliki dua jenis kopi yang sangat terkenal, yaitu kopi arabika (kopi gayo) dan kopi robusta (ulee kareeng). Kopi arabika umumnya di budidayakan di dataran tinggi gayo sednagkan kopi robusta lebih pada bagian aceh barat.

Kopi gayo adalah kopi khas nusantara yang berasal dari aceh yang cukup digemari oleh berbagai kalangan di dunia. Aroma dan rasa yang khas sudah menjadi ciri khas dari jenis kopi ini. Jika pada biasanya kopi meninggalkanrasa pahit di lidah maka kopi gayo ini tidak akan membekas rasa pahit nya.

Cita rasa pada jenis kopi yang satu ini sangat berbeda dengan yang lain. Kopi ini memiliki aroma yang sangat harum dan gurih bahkan hamper tidak pahit sama sekali. Dengan ciri khas nya sebagian orang berpendapat bahwa cita rasakopi gayo lebih nikmat daripada kopi blue.
Di daerah tersebut kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini juga dikenal sebagai kopi hijau (ramah lingkungan). Kopi Gayo disebut-sebut sebagai kopi organik terbaik di dunia.

2. Kopi toraja

Jenis kopi yang satu ini berasal dari lokasi timur Indonesia dan cukup dikenal oleh dunia internasional. Kata toraja di ambil dari salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. Lokasi ini sangat pas digunakan untuk membudidayakan kopi dengan kualitas yang bagus. Toraja di kenal sebagai tempat budidaya kopi yang memiliki pesona yang indah. Sebagai penghasil kopi daerah ini juga memiliki aroma wangi yang memikat selera para pencinta kopi, terutama orang-orang Indonesia.

Jenis kopi ini kerap kali disebut sebagai “queen of coffe” karena kopi toraja memiliki rasa yang enak, harum serta rasa yang seimbang . tidak hanya itu kpi ini juga memiliki rasa yang unik pada rasa pahit dan asam di samping aroma herbal yang jarang sekali di temukan.

Kopi yang dibilang cukup membanggakan Indonesia ini sudah cukup terkenal di negara-negara besar dunia. Salah satu negara yantg selalu menggunakan kopi jenis ini untuk meningkatkan trafik penjualan nya yaitu jepang dan amerika serikat. Sekitar 40% kopi yang beredar di negara jepang adalah kopi toraja. Untuk memperoleh secangkir kopi toraja di negara matahari terbit itu ternyata cukup mahal, sehingga tidak semua kalangan tidak dapat merasakan kopi jenis ini. Hanya kalangan menengah ke atas yang dapat menikmati kopi toraja ini.

Ternyata harga yang mahal tidak membuat produsen kopi di jepang surut, terbukti ketika di gelar pameran eco product pada tahun 2008 yang di hadiri princ dan pincess akishino banyak orang yang berkunjung ke stand yang menyediakan kopi toraja yang dirasa sangatlah unik.

Selain memiliki rasa yang unik ternyata koi toraja memiliki banyak manfat yang berguna bagi tubuh anda.

Manfaat kopi toraja:
a. Menyingkirkan nyeri di badan
b. Menjaga tubuh agar selalu bugar
c. Membuang lemak
d. Memberikan lebih kemampuan otak
e. Melancarkan peredaran darah

3. Kopi kintami

Kopi kintami adalah jenis kopi yang berasal dari bali. Kopi kintami berasal dari kawasan yang tingginya berada di atas 900 dpl. Kawasan tersebut memiliki iklim dengan suhu dingin dan kering. Tradisi budaya lokal membuat kopi kintami memiliki mutu berkualitas tinggi. Kopi ini juga memiliki nama yang special yaitu ”origin coffe” atau denga sebuatan lain kopi asli Indonesia. Lagi-lagi kopi ini menembus pasar jepang, prancis dan beberapa negara eropa.

Kopi yang berasal dari bali ini adalah salah stu jenis kopi arabika yang dikenal mempunyai rasa manis dan lembut. Seiring dengan perkembangan zaman kopi ini telah di kembangkan dengan system subak abian yang dapat mendorong pengolahan jenis kopi yang di kelola secara organic.

Uniknya lagi kopi ini memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak terlalu sepat. Salah satu alasan kenapa kopi kintami memiliki rasa tersebut, karena kopi ini memiliki cara dan kepedulian yang tinggi tentang bagaimana memetic buah kopi saat panen.

4. Kopi florest

Kopi yang berasal dari salah satu again dari negara Indonesia bagian timur ini ternyata telah menyebar hamper ke seluruh dunia. Kopi ini di tanam di salah satu kepulauan flores yaitu bajawa. Kata bajawa berasal dari kata bhajawa yang berarti “bha” artinya piring dan “jawa” artinya perdamaian yang dapat di artikan sebagai piring perdamaian atau daerah yang memulai perdamaianuntuk mempersatukan seluruh flores dengan utuh.

Seperti kopi yang berasal dari Indonesia timur kopi jenis ini memiliki citaras yang kuat. Jenis kopi ini memiliki rasa harum yang kuat dan kopi ini bisa dibilang sangat special, karena memang produksinya tidak sebanyak kopi yang lain. Karena hal ini kopi jenis ini memiliki harga yang cukup menguras kantong anda. Tapi, walaupu demikian anda tidak akan menyesl untuk mencicipi dan menikmati secangkir kopi flores ini. Pengeksporan kopi ini telah hamper pada seluruh dunia terutama amerika serikat yang menduduki posisi pertama. Warga negara eropa dan amerik sangat menyukai citarasa kopi yang kuat seperti kopi flores ini.

5. Kopi jawa

Kopi jawa adalah kopi yang berasal dari pulau jawa. Kopi ini memiliki perbedaan dengan kopi sumatera dan Sulawesi. Sama halnya dengan cita rasanya jenis kopi ini memilki citarasa yang berbeda pula. Ternyata kopi ini sudah di kenal sejak abad ke 17. Dengan beroroma tipis rempah kopi ini berhasil mengambil hati para pecinta kopi. Kerap kali kopi ini juga disebut sebagai kopi yang kondang, karena kemunculannya memang sudah sangat lama. Biji kopi jawa yang sudah tua akan memiliki sifat besar dan rendah persentase asam nnya.
Jenis kopi ini memang memiliki rasa yang kuat, pekat, dan rasa yang manis.

6. Kopi lanang

Nama kopi yang di ambil dari Bahasa jawa yang artinya laki-laki ini memiliki khasiat khusus untuk para pria, yaitu meningkatkan vitalitas pria. Tak heran kopi ini memiliki harga yang mahal. Kopi ini sangat terkenal pada zaman belanda dulu.

Post Top Ad

MAIN MENU