Minggu, 18 Maret 2018

Macam-Macam Jenis Kopi Terbaik Di Dunia

Macam-Macam Jenis Kopi Terbaik Di Dunia


Rumahkreative.id - Kopi merupakan minuman yang melalui proses pengolahan serta ekstraksi biji kopi. Penemu biji kopi sebagai sebuah minuman yang berkhasiat dan menambah energi adalah bangsa Etiopia di benua Afrika pada 3000 tahun yang lalu. Kemudian kopi terus berkembang sampai saat ini dan menjadi minuman yang di gemari oleh seluruh masyarakat di dunia.

Di negara Indonesia mampu memproduksi kurang lebih 400.000 ton jenis kopi pertahunnya yang kemudian akan di eksport di berbagai wilayah. Rasa kopi serta aroma yang begitu menarik dan juga memiliki banyak khasiat di antaranya menurunkan resiko terserang penyakit kanker, batu empedu, diabetes, dan penyakit jantung lainnya.

Secara global dikenal 4 jenis kopi antara lain, Kopi Arabica (Coffee Arabica), Kopi Excelsa (Coffee Dewevrei), Kopi Liberika (Coffee Liberica), Kopi Robusta (Coffee Cannephora). Di Indonesia sendiri mampu menghasilkan 6 dari 7 jenis kopi Arabika di antaranya, Kintamani (Bali), Gayo (Aceh), Jawa dan Kalosi (Toraja), Mandaling (Sumut), Mangkuraja (Bengkulu).

Beberapa Jenis kopi terbaik di dunia


1. Kopi Lanang



Adalah kopi terbaik di Indonesia yang di produksi di jawa, yang diperuntukan bagi kaum pria. Kopi ini berasal dari biji kopi tunggal atau biasanya di kenal sebagai kopi Peaberry, yang memiliki khasiat meningkatkan vitalitas kaum pria.

2. Kopi Kintamani




Adalah jenis kopi yang berasal dari Bali dan populer karena rasanya yang khas, lembut dan juga manis. Kopi ini diproduksi dengan menggunakan system subak, selain itu kopi ini juga mendapatkan sertifikasi dari CIRAD.

3. Kopi Wamena



Adalah kopi yang terkenal karena di lihat segi pengolahan, proses produksi yang sangat tradisional  dan alami serta selalu mengutamakan kualitas sehingga dapat memproduksi kopi dengan aroma yang khas dan juga cita rasa yang terbaik.

4. Kopi Arang



Adalah kopi yang diproduksi di daerah Jember. Terkenal sebagai kopi terbaik di pulau jawa karena melalui proses yang terbilang unik dibandingkan kopi yang lainnya. Kopi ini diproduksi dengan cara digosongkan, dan kopi ini memliki aroma seperti cabe apabila diseduh dengan menggunakan air panas.

5. Kopi Toraja



Adalah kopi yang berasal dari Sulawesi selatan yang terkenal dengan kelezatan serta cita rasa yang sangat unik dan memiliki 2 macam yang memliki kandungan asam yang cukup rendah di antaranya kopi toraja robusta dan kopi toraja arabika. Yang membedakan kedua jenis kopi Toraja yaitu dari kandungan kafeinnya.

6. Kopi Sidikalang



Adalah kopi yang berasal dari Sumatera, kopi ini di tanam di dataran tinggi sehingga menghasilkan biji kopi yang berkualitas. Memiliki rasa yang khas karena tempat penanamannya yang berada di dataran tinggi vulkanis.

7. Kopi Gayo



Adalah kopi yang berasal dari Aceh kopi ini tumbuh di dataran tinggi Tanah Gayo, Aceh Tenggara. Jenis kopi yang banyak di sukai oleh masyrakat luas. Varietas kopi arabika yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Sumatera dan mendapat Fair Trade Certified dari sebuah organisasi Internasional Fair Trade di tahun 2010. Kopi ini memliki aroma yang khas dan begitu dominan tidak pahit tetapi memliki rasa gurih.

8. Kopi Lintong



Adalah kopi yang berasal dari Sumatera tepatnya di Kabupaten Lintong Nihuta. Kopi ini termasuk kopi yang terkenal sampai mancan negara karena dikemas dengan perpaduan rasa yang pedas dan bau rempah-rempah yang membuat cita rasa kopi ini semakin nikmat dan memiliki kemasan yang lebih segar.

9. Kopi Jawa



Adalah kopi yang berasal dari Jawa yang dikenal sebagai Java Arabica yang tumbuh subuh di tanah Jawa, tepatnya di Kawah Ijen, Jawa Timur. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah di bandingkan dengan jenis kopi indonesia lainnya. Kopi ini juga memliki perpaduan rasa pedas, dan pada saat di telan akan meninggalkan rasa manis yang sangat lembut.

10. Kopi Flores Bajawa



Adalah jenis kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada, dan tumbuh di dataran Flores yang subur walaupun di kelilingi dengan pegunungan. Kopi ini diproses giling basah, dan memiliki aroma sedikit fruity serta sedikit bau tembakau pada after taste-nya.

11. Kopi Luwak



Adalah kopi yang di ambil dari sisa kotoran hewan luwak/musang kelapa. Jenis kopi ini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan telah melewati saluran pencernaan hewan luwak. Kopi ini di kawasan Asia Tenggara sudah lama di ketahui, tetapi baru populer di tahun 1980.

Merek kopi hitam terbaik di dunia

1. Tiwus




Kopi merek ini terkenal di sebuah cerpen Filososfi Kopi karya Dee yang di filmkan. Kopi ini memiliki tampilan Roasting Medium  Kopi Tiwus ini mempunyai profil Roasting Medium menjadikan kopi ini cocok untuk tubruk. Apabila menggunakan penyeduhan v60 karakter asam mendominasi sekali dalam kopi ini, namun terasa nyaman di mulut.


2. Perfecto



Kopi merek ini terkenal sejak tayangnya film Filosofi Kopi. Kopi Perfecto merupakan salah satu dari anggota "Three Musketeers", produk ini di kemas dengan bentuk biji kopi goreng.

3. Lestari



Kopi merek ini terkenal karena tayangnya film Filosofi Kopi, kopi ini di kemas dalam bentuk biji kopi goreng.

Jenis kopi termahal di dunia

1. Black Ivory



Kopi ini diproduksi dari biji Arabika Thailand yang di ambil dari ketinggian sekitar 1,524 mdpl serta diberikan kepada gajah untuk di makan sebelum di keluarkan lagi kembali. Serupa dengan proses luwak dan yang membuat harganya yang relatif mahal yaitu dari rasa yang terkenal nikmat karena produksinya yang terbatas. Dari 32 kg biji kopi Thai Arabika, dapat menghasilkan sekitar 2 ons Black Ivory.

2. Saint Helena



Kopi ini diproduksi di pulau kecil di daerah Samudra Pasifik Selatan yang di jadikan tempat istirahat favoritnya Napoleon Bonaparte. Kopi adalah ciri khas dari daerah itu sehingga terkenal dengan nama Pulau Saint Helena ‘Green Tipped’ Bourbon. Kopi ini memiliki cita rasa yang luar biasa dengan floral-fruity hints ala citrus serta caramel dan pernah menjadi Coffee of The Year tahun 2013 versi Spilling The Beans.

3. Kopi Luwak



Kopi ini menggunakan proses yang serupa dengan kopi gajah, hanya saja cherry kopi di konsumsi oleh luwak. Yang membuat kopi ini menjadi mahal yaitu produksi yang terbatas, cherry kopi yang dipilih merupakan charry kopi yang terbaik.

4. Kopi Geisha



Kopi geisha adalah kopi yang tumbuh di lereng Gunung Baru yang berada di Hacienda La Esmeralda, Panama. Yang menjadikan jenis kopi ini termasuk kedalam kopi yang harganya terbilang cukup mahal yaitu karena kopi ini selalu mendapatkan penghargaaan karena kualitas kopinya.


5. Kopi La Cima



Kopi ini tumbuh di daerah Huehuetenango, di bagian barat Gutamela yang memiliki ketinggian 1,650 mdpl. Setengah dari area pertanian kopi ini adalah hutan yang sudah berumur ribuan tahun, selain melindungi pohon kopi yang tumbuh juga dapat mempengaruhi iklim mikro yang dibutuhkan oleh pohon kopi yang akan menciptakan karakter yang yang sangat luar biasa. Yang membuat kopi ini istimewa karena kopi ini adalah sepenuhnya varietal Bourbon karena karakter yang sangat unik dan bervariasi.


Daerah penghasil kopi terbaik di indonesia


1. Sumatera (Lampung)



Di daerah Sumatera khususnya di Lampung tak hanya terkenal dengan hewan gajah yang berada di Way Kambas tetapi Lampung juga terkenal dengan kopinya yang memiliki cita rasa yang sangat enak. Kopi dari Lampung ini yang terkenal nikmat dan menjadi juara dari kopi-kopi lampung lainnya yaitu di Ulu Belu, hasilnya sudah mencapai go internasional. Produk yang terkenal di dunia dengan nama Nescafe menjadikan kopi Ulu Belu sebagai bahan baku utamanya.



2. Sulawesi (Toraja)



Sulawesi tepatnya di Tana Toraja yang merupakan daerah pegunungan banyak di tanami pohon kopi. Cita rasa yang di hasilkan dari kopi ini tidak kalah nikmat dengan kopi lainnya, rasanya yang tidak terlalu pahit dan rasa yang khas dari hutan serta rasa yang tidak terlalu masam karena diambil dengan teknik tersendiri. Karena rasanya yang tidak kalah dengan kopi-kopi lainnya sehingga kopi ini sudah di ekspor keberbagai negara.

3. Bali



Bali adalah daerah yang menjadi surganya para turis, tidak hanya dimanjakan dengan tempat dan hidangannya kopi Bali juga memiliki keunikan tersendiri yaitu dari segi ukurannya yang sangat besar dan mempunyai tingkat kemasaman serta kekentalan yang relatif sedang. Kopi ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan kopi-kopi lainnya, yaitu rasa lemony dan floral yang menjadi unggulannya. Dari cara penanaman sampai poses produksi yang berbeda dengan kopi lainnya mejadikan kopi Bali tidak kalah dari kopi yang di produksi dari daerah lainnya, oleh karena itu kopi Bali juga di ekspor keberbagai negara.


4. Jawa Tengah



Kopi ini adalah kombinasi dari jenis kopi Arabika dan Robusta sehingga menghasilkan kopi yang lebih nikmat. dari kopi Jawa ini menjadikan kopi ini menjadi lebih nikmat yang di hasilkan dari daerah Jawa Tengah. Memiliki rasa yang khas yang yaitu aromanya yang begitu nikmat, dan citarasa yang medium. Kopi Jawa juga sudah di ekspor hingga ke mancan negara.


5. Aceh



Di Sumatera tepatnya di Nanggro Aceh Darussalam termasuk penghasil kopi unggulan, tanaman kopi banyak tumbuh di pegunungan Gayo. Kopi ini memiliki citarasa yang tidak kalah nikmat karena dikemas dengan ukuran sedang sehingga menghasilkan kekentalan yang ringan.


6. Nusa Tenggara Timur



Kopi yang di produksi dari Nusa Tenggara Timur tepatnya di daerah Flores dengan nama kopi Bajawa, di pegunungan Flores banyak ditanamani kopi karena daerahnya yang subur. Citarasa dari kopi Bajawa yang sangat unik yakni rasa vanili dan coklat, kopi ini telah di ekspor sampai ke negara Amerika Serikat.


7. Sumatera Utara



Kopi yang di produksi di Sumatera Utara, yang berada di dataran tinggi khususnya Kabupaten Dairi terkenal sebagai kopi Robusta. Kopi yang sangat populer dan menjadi saingan terberat dari kopi Brazil, tetapi tingkat kekentalan dan komposisinya yang membuat jantung berdebar serta mata menjadi melek sepanjang malam jadi berhati-hati untuk yang belum biasa.



8. Ambarawa




Kopi dari Ambarawa yang terkenal dengan nama kopi Banaran, tempat di tanaminya kopi ini di Kampung Kopi Banaran. Citarasa kopi yang tidak kalah nikmatnya dengan kopi-kopi dari daerah Jawa Tengah.at.


9. Papua




Kopi yang di produksi di Papua tepatnya di Lembah Baliem, Wamena terkenal dengan nama kopi Wamena, kopi yang memiliki kelezatan dan cita rasa yang memilki tingkat kepahitan medium tetapi cukup kuat.

Post Top Ad

MAIN MENU