Sabtu, 24 Maret 2018

Berbagai Macam-Macam Jenis Kopi


Jenis-jenis Kopi Terbaik Di Indonesia


Berikut ini ada beberapa kopi terbaik yang ada di Indonesia kopi ini sudah menembus dalam pasar Internasional dan tentunya anda wajib untuk mencoba coba!

jenis jenis kopi terbaik indonesia


1. Kopi Jawa
 Kopi jawa yaitu merupakan salah satu dari biji kopi yang terbaik di dunia. Kopi jawa atauyang bisanya di sebut juga dengan (Java Arabica) yaitu kopi yang sangat cocok tumbuh subur ditanah Jawa, dan tepatnya di daerah Kawah Ijen, Jawa Timur.
Dan uniknya pada kopi jenis ini memiliki perpaduan rasa pedas pada kopinya, ketika sudah ditelan kopi itu pun akan meninggalkan rasa manis yang lembut. Sehingga banyak sekali para pencinta kopi dari berbagai penjuru dunia datang ke Indonesia yaitu sekedar untuk mencicipi kelezatan Java Arabica ini.

kopi jawa

2. Kopi Toraja
 Kopi Toraja juga merupakan salah satu dari kopi yang multidimensi dan tumbuhnya pun daerah yang dataran tinggi Tenggara pulau Sulawesi, dan tepatnya ada di daerah Toraja dan Toraja dikenal dengan penghasil kopi arabika terbaik di dunia. Dan kopi Sindikalang ini merupakan salah satu kopi yang mempunyai kualitas tinggi, dikarenakan kopi ini ditanam di daerah pegunungan yang memiliki kandungan  banyak mineral. Bagi parapencinta kopi kalian harus wajib mencicipi kopi yang telah menjadi andalan kopi di Sumatera Utara ini.

3. Kopi Gayo
 Kopi gayo yaitu  kopi yang diproduksi dari daerah Aceh. Kopi ini sangat cocok tumbuh didataran tinggi yaitu Tanah Gayo, Aceh Tenggara. Jenis kopi ini merupakan dari salah satu kopi Nusantara yang sangat cukup banyak diminati  olen sejumlah orang di kalangan dunia varietas kopi berasal dari dataran tinggi goya.
Kopi jenis Gayo ini memiliki harum yang begitu sangat khas dan sangat dominan tanpa memiliki rasa pahit tapi melainkan dengan rasa gurih. Tentunya sangat cocok banget buat menemani kalian saat bergadang ngerjain suatu tugas, pekerjaan maupun skripsi.


Daftar Jenis-Jenis Kopi


  • Kopi Lanang


kopi lanang
Pada dasarnya terciptanya kata kopi lanang yaitu dikarenakan pada setiap butiran biji kopi lanang tersebut berbentuk bulat, tunggal serta tidak terdapat adanya belahan pada bagian tengahnya tida seperti pada biji kopi pada umumnya yang memiliki belahan pada bagian tengahnya . Kata artinya adalah  “lanang” yang merupakan istilah bahasa jawa untuk menandakan bahwa itu “laki-laki.”


  • Kopi Luwak
kopi luak

Pada ketika saat kita sedang membahas tentang kopi di nusantara ini  belum lengkap rasanya apabila kita belum kenal dengan  kopi yang satu ini. Kopi luak ini sekarang sedang menjadi incaran para pecinta kopi di seluruh penjuru dunia pada saat ini.Dalam  produksinya  yang begitu sangat terbatas dan sehingga menjadikan kopi ini sangat langka dan sangat mahal hanya sekedar untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini.

 Untuk dapat menghasilkan  kopi luwak ini membutuhkan proses yang unik.
Yaitu pada zaman belanda para petani kopi dilarang untuk tidak mencicipi kopi hasil tanamanya. Pada seuatu ketika tanaman kopi para petani dimakan oleh luak atau y juga yang disebut dengan musang, ternya hewan luak ini tidak bisa mencerna kopi yang telah dimakannya. Para petani yang mrmiliki penasaran tinggi terhadap kopi , dan petani pun merebus biji kopi tersebut dan ternyata menghasilka citarasa kopi yang tinggi saat ini.

Jenis-Jenis Kopi Aceh 


  • Kopi Arabica 
kopi arabika


 Kopi jenis ini merupakan kopi yang  tumbuh pada daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl. Suhu yang dimiliki adalah 16-20 °C. Yang sangat perlu anda ketahui mengenai adanya  jenis kopi ini yaitu tentang aspek kepekaan terhadap sebuah jenis penyakit karat daun atau lebih dikenal dengan HV atau Hemileia Vastatrix.
 Dan yang perlu anda ketahuii selanjutnya bahwa kipi ini berasal dari negara Etiopia dan negara Brazil. Kopi Arabika ini juga memiliki  ciri-ciri kopi yaitu aroma yang wangi, hidup dalam daerah yang dingin dan sejuk, memiliki rasa kopi yang sedikit asam, rasa yang kental dimulut, pahit, dan juga memiliki tekstur kopi lebih halus.


  •  Kopi Robusta.
kopi robusta

Disisi lain untuk kopi robusta, ini yaitu merupakan suatu jenis keturunan dari beberapa jenis kelompok kopi . Ngomomg-ngomong mengenai kualitas dari buah kopi ini, yatanya kopi ini lebih rendah dibandingkan dengan kopi Arabika dan juga Kopi Liberika. Dan kopi jenis ini hanya mampu menguasai sekitar 30% pasar dunia. Khususnya pada kopi ini  orang biasanya akan menemukan rasa yang mirip menyrupai dengan coklat dan menghasilkan aroma yang manis.Teksrur jenis kopi ini cenderung kasar dan memiliki perpaduan warana yang bervariasi.


Jenis Kopi Terbaik

kopi litong susmatra



  1. Kopi Lintong Sumatera
Provinsi Sumatera merupakan daerah yang salah satunya memiliki bermacam-macam biji kopi terbaik di dunia, yatitu salah satunya Kopi lintong ini. Kopi Lintong yaitu sebuah kopi yang dapat tumbuh di Kabupaten Lintong Nihuta, di selatan-Barat dari Danau Toba, Sumatera.

Jenis kopi Lintong ini juga merupakan sebagi kopi yang terkenal di seluruh dunia karena kopi ini  dikemas dengan perpaduan rasa pedas dan menghasilkan  bau rempah-rempah yang dapat membuat para pecinta kopi semakin lebih nikmat. Kopi Lintong yang memiliki kualitas yang sangat  baik berbeda dengan kopi Indonesia pada umumnya, kopi ini pun emiliki tingkat rasa keasaman yang lebih segar.

     2. Kopi Wamena

 Kopi jenis ini berasal dari pegunungan Kabupaten Wamena Propinsi Papua. Kopi ini juga memiliki kualitas yang sangat tinggi karena kopi ini termasuk jenis kopi Arabica yang asalnya dari biji kopi dengan cara penanaman serts pemeliharaannya dengan cara organik.

Kopi wamena juga termasuk jenis kopi yang terbaik serta memiliki rating lebih baik dari beberapa jenis kopi lainnya yang ada  di Indonesia. Kopi jenis ini pun tidak mengandung terlalu banyak ampas. Kopi ini juga memiliki kadar asam yang sangat rendah sehingga kopi ini sangat ringan saat dinikmati.

  3. Kopi Sindikalang

Kopi Sindikalang yaitu merupakan salah satu jenis kopi arabica asli dari Indonesia yang juga sangta mendunia, karena kopi ini juga memiliki cita rasa yang sangat kuat dan nikmat bagi setiap mencicipi kopi ini. Kopi jenis ini pun sangat cocok tumbuh sangat subur di dataran tinggi vulkanis di sebuah kabupaten Dairi, Sumatra.

Kopi Sindikalang ini juga merupakan salah satu jenis kopi yang saat ini juga memiliki kualitas tinggi, karena kopi ini tumbuh pada sebuah daerah pegunungan yang mengandung banyak air dan sejuk sehingga kopi jenis ini pun tumbuh susbur di daerah tersebut. Dan khususnya bagi anda pencinta kopi kalian harus wajib mencicipi kopi yang menjadi incaran para pecinta kopi di Sumatera Utara ini.

Post Top Ad

MAIN MENU