Jumat, 09 Februari 2018

Teknik Membuat Sinopsis Film

contoh dan teknik membuat sinopsis film

Teknik Membuat Sinopsis Film Dan Contohnya

Membuat sinopsis film-Sinopsis adalah ringkasan detail sebuah karya tulis yang menggambarkan isi dari awal sampai akhir.Berbeda dengan ringkasan biasa yang hanya memberi tinjauan umum sebuah cerita, sinopsis memasukkan semua detail alur, termasuk bagian akhir. terkadang sinopsis diserahkan kepada agen atau penerbit setelah Anda menyelesaikan sebuah novel, skenario, atau karya lain yang cukup panjang. Sinopsis yang bagus menampilkan konflik utama dan penyelesaiannya sekaligus menggambarkan perkembangan emosional karakter utama. Anda perlu menyunting sinopsis dengan hati-hati karena biasanya sinopsis turut menjadi bagian proposal naskah.
Nah, buat kamu para pembuat film ada tips and trick membuat sinopsis film nih. Oya sinopsis film itu berbeda ya dengan outline film. Jadi gimana sih cara membuat suatu sinopsis film yang baik dan benar. Ini dia langkah-langkahnya. Sebelum masuk bagaimana cara membuat sinopsis, apa sih yang dimaksud dengan sinopsis. Sinopsis atau synopsis berasal dari kata synopical yang artinya meringkas. Berdasarkan asal kata tersebut, sinopsis diartikan: “ringkasan suatu materi tulisan yang panjang (baik fiksi maupun non-fiksi) dan sinopsis itu sendiri ditulis dalam bentuk narasi. Membuat sinopsis itu dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

  1.  Membaca dengan seksama karya yang akan dibuat sinopsis
  2.  Ambil intisari (extract/substance) karya yang dibaca untuk dijadikan inti ringkasan
  3.  Tulis dengan bahasa yang mudah dimengerti (khas Anda) seperti sedang mendongeng atau bercerita
  4.  Menulis sinopsis adalah menceritakan kembali cerita yang sudah ada
  5.  Sinopsis pada sebuah buku idealnya antara 500 – 1.000 kata romantis, komedi, criminal, horror dan sebagainya (Jangan bertele-tele)
  6.  Perlu ilustrasi (cover buku)
  7.  Dipublikasi di media-massa / untuk umum
  8.  Tidak mencantumkan biodata penulis
  9.  Sinopsis bukan resensi

 Sedangkan kalau berdasarkan ide itu, langkahnya seperti ini :

  1.  Menulis rencana ide/gagasan yang akan ditulis sebagai titik penjualan
  2.  Tegaskan, target – sasaran ide
  3.   Tulis dengan gaya tulisan Promosi yang bersifat merayu agar pihak penerbit /produser tertarik membelinya untuk diterbitkan/ diproduksi
  4.   Tonjolkan dengan jelas, apa yang akan dijual: cinta, parodi, satire, romantis, komedi, criminal, horror dan sebagainya
  5.  Panjang sinopsis 750 – 1.500 kata
  6.  Tulisan dibuka dengan patokan – sebagai daya tarik
  7.  Mencantumkan biodata penulis/pengarang sebagai titik penjualan
  8.  Sinopsis ini sebagai ide pokok karya yang akan ditulis/dikembangkan


Yang paling penting hasil karya sinopsis kamu itu bukanlah hasil browsing ya, suatu sinopsis itu harus ada sesuai dengan isi dari film kamu sendiri dan setiap orang pasti akan berbeda-beda dalam menulisnya. Lebih singkatnya langkah-langkah membuat sinopsis secara umum adalah:

  • Satu halaman saja, tidak lebih  
Cara menulis sinopsis yang baik adalah tidak lebih dari satu halaman karena sinopsis itu merupakan ringkasan dari isi buku atau ide yang ada, bukan ulasan apalagi pikiran sendiri.
  • To the point 
Sinopsis harus langsung menceritakan tentang isi buku atau ide pokok yang merupakan klimaks dari alur cerita buku atau ide tersebut. Tidak membahas panjang lebar sifat pada tokoh maupun latar cerita dalam buku atau ide tersebut.
  • Bahasa sederhana 
Menuliskan sinopsis tidak perlu menggunakan bahasa yang rumit dan sulit dimengerti. Cukup menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Sinopsis film


1. MEMBUAT GARIS BESAR SINOPSIS FILM

  • Penulis harus sudah mengetahui bagaimana akhir cerita. Karena dalam sinopsis harus ada penyelesaian cerita. 
  • Membuat daftar karakter utama dalam cerita. Ingat, hanya karakter-karakter penting saja yang disebutkan dalam sinopsis. 
  • Mengulas alur utama serta konflik utama dalam naskah. 
  • Menemukan keunikan atau kelangkaan dari alur cerita yang menjadi daya tarik naskah. 

2. MERANCANG SINOPSIS FILM

  • Mulailah menulis sinopsis. Selalu gunakan sudut pandang orang ketiga. 
  • Perkenalkan karakter-karakter utama di awal paragraf, Sebutkan karakter-karakter dalam naskah menggunakan nama tanpa menggunakan kata ganti. Ceritakan konflik yang menjadi pembuka alur cerita. 
  • Jelaskan konflik utama secara mengalir sesuai kronologi cerita. 
  • Munculkan satu per satu setiap karakter dengan memberitahukan hubungan atau kaitannya dengan karakter utama. Tunjukkan perkembangan setiap karakter beserta watak dan emosinya di setiap alur cerita. 
  • Akhiri sinopsis dengan menuliskan penyelesaian konflik dari cerita. Jangan pernah menuliskan sinopsis tanpa menyampaikan akhir cerita. Ingat, tujuan sinopsis bukan untuk membuat penasaran. 

3. MENYUNTING SINOPSIS FILM

  • Susun sinopsis sesuai format yang ditentukan penerbit jika diminta. Setiap penerbit biasanya memiliki format standar masing-masing. Jika tidak ada format khusus, selalu buat sinopsis dengan line spacing 1,5 pt. 
  • Bacalah keseluruhan sinopsis dengan sudut pandang pembaca (bukan sudut pandang sendiri sebagai penulis). 
  • Teliti kembali setiap detail kata yang mungkin terjadi kesalahan ketik. 
  • Mintalah seseorang untuk membaca sinopsis yang sudah diselesaikan untuk menemukan sudut pandang lain atau bahkan menemukan kekurangan dalam penulisannya. 
  • Lebih baik jika menggunakan jasa penyunting profesional untuk menghindari kesalahan ketik, juga memperbaiki setiap gaya tulis yang mungkin masih kurang sempurna di mata penerbit.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Sinopsis film

Jadi yang benar adalah (1) membaca materi secara keseluruhan. (2) Sediakan waktu khusus ketika membacanya. (3) Baca dalam kondisi nyaman dan rileks. (4) Pahami setiap materi dalam karya tersebut. (5) Pikirkan siapa yang baca dari sinopsis yang ditulis. (6) Tulis sinopsis dengan bahasa yang mudah dipahami dan mudah dimengerti.

Kalau sinopsis uang ditulis untuk menjual ide atau gagasan, maka perhatikan hal berikut: (1) Petakan materi yang akan dijual, sasarannya siapa? (2) Berisi lembaran presentasi yang sangat rinci sebagai pendukung. (3) Siap menerima segala kritikan dan revisi bahkan merubah keseluruhan sinopsis. (4) Perimbangkan dalam segi ekonomi. (5) Siap kapanpun apabila diajak untuk mempersentasiannya.

contoh sinopsis

contoh sinopsis


Sinopsis film Laskar Pelangi 

Sinopsis film Laskar Pelangi ini takan bernilai manfaat apa-apa, kecuali kawan-kawan mau belajar untuk mandiri dan bersungguh-sungguh dalam mencapai cita-cita.
Coba mulailah mencari peluang beasiswa kuliah di luar negeri dan belajar tentang hal-hal baru seperti nanotechnology.
 Laskar Pelangi adalah sosok teladan, selama kita juga mau peduli dengan keadaan sekitar. Seperti pelangi yang hadir selepas hujan. Mulailah dari sekarang!!
 Cerita terjadi di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.
 Mulai dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah!
 Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Misalnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya pada okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, dan dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

Post Top Ad

MAIN MENU