Jumat, 09 Februari 2018

Cara Kerja Pencahayaan Dan White Balance Pada Kamera


Rumahkreative.id - White Balance merupakan karakteristik yang menegaskan warna putih dihasilkan dengan teliti walaupun dengan situasi penerangan yang tidak menentu pada saat pengambilan gambar. Mengapa kita perlu mengetahui apa itu white balance, karena dengan mengetahui atau memahami artinya kita dapat mewarnai foto seakurat mungkin. Fungsi dari White balance terhadap kamera yaitu untuk memulihkan warna yang asli dari gambar yang kita potret. Bisa juga untuk memperoleh keserasian warna yang cocok dengan mood gambar yang di sukai sang fotografer. Mengapa kamera membutuhkan setting White balance karena pengguna mengabadikan moment dalam situasi pencahayaan yang berganti-ganti atau tidak menetap. Mata manusia yaitu alat yang paling canggih serta dapat beradaptasi pada pergantian warna cahaya, tetapi kamera tidak sehebat mata manusia, karena warna akan berubah apabila dilihat dari kamera dengan pencahayaan yang berbeda-beda.

White balance merupakan bagian yang sangat penting dalam fotografy karena merupakan pengaruh pada hasil foto. Pengaturan White balance bertujuan untuk memberikan arahan kepada kamera supaya mengenali suhu cahaya  yang ada. Agar menghasilkan warna yang sesuai dengan warna objek yang di ambil gambarnya atau dengan bahasa lain supaya kamera menangkap warna objek dengan akurat dalam situasi cahaya yang  terkadang tidak sesuai. Pencahayaan merupakan suatu bagian yang penting yang harus ada ketika akan mengambil gambar atau objek untuk menghasilkan sebuah gambar, picture, image atau foto. Pencahayaan atau lighting yaitu tata letak cahaya juga sangat penting dalam menerangi suatu objek yang akan di abadikan. Fungsinya yaitu berguna hanya untuk menerangi objek yang akan di ambil gambarnya serta dapat mendukung dalam pengambilan gambar. Pencahayaan memiliki banyak manfaat contohnya kita dapat melihat objek, memfokuskan lensa sebuah kamera, merekam gambar kedalam sebuah film, menyampaikan informasi mengenai pola bentuk objek yang akan dipotret. Sesuatu yang kita lihat pada sebuah benda yaitu dikarenakan adanya pantulan cahaya benda yang dilihat oleh mata.

Pencahayaan yang ditata dengan benar akan menghasilkan foto seperti tiga dimensi. Serta bisa meningkatkan mood pada sebuah foto contohnya pada film horor, makhluk yang menyeramkan pasti menggunakan pencahayaan dari bawah. Pencahayaan memiliki beberapa sumber yang berbeda diantaranya, alami dan buatan. Pencahayaan alami yaitu cahaya yang sudah ada dan merupakan karunia Tuhan, sedangkan pencahayaan buatan yaitu cahaya yang sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Kualitas gambar juga ditentukan oleh kemampuan sang fotografer saat mengatur Pencahayaan.


Cara Setting White Balance Kelvin Pada Kamera


Gambar diatas sebagai arahan dalam menggunakan white balance atau arahan dalam mengatur white balance. Foto di atas menampilkan contoh efek yang diberikan oleh white balance pada saat melakukan pengambilan gambar outdoor. Karena ada preset yang diarahkan untuk indoor atau di dalam ruangan jadi ketika kita melaksanakan pengambilan gambar outdoor atau di luar ruangan akan menghasilkan efek atau nuansa tertentu. Gambar diatas, adalah satuan temperatur atau suhu yang dipakai yaitu Kelvin (K) maka temperatur atau suhu warna yang dinyatakan dalam bentuk 2000K, 3000K, dan selanjutnya.
Berikut cara mengatur white balance pada kamera :

1. Incandescent
Preset ini Menimbulkan gradasi kebiru-biruan pada sebuah foto apabila digunakan di luar ruangan, dan akan menetralkan warna apabila digunakan di dalam ruangan menggunakan sumber cahaya dari lampu bohlam. Berdasarkan gambar di atas, efek  Incandescent digunakan pada temperatur (suhu) 3.000 K. Pengguna sebaiknya memakai efek ini pada saat pengambilan gambar di dalam ruangan menggunakan cahaya dari lampu bohlam. Karena akan dibuat netral oleh efek Incandescent.
2. Standard Flourescent
Preset ini menimbulkan gradasi ungu yang halu pada hasil foto apabila dipakai di luar ruangan, serta akan menetralkan warna apabila dipakai di dalam ruangan dengan sumber cahaya dari lampu neon. Lampu neon terkadang menimbulkan efek putih yang lebih banyak pada hasil foto, untuk menetralkannya dapat memakai white balance pada preset flourescent.
3. Direct Sunlight
Preset ini menimbulkan penetralan cahaya yang lebih banyak dari matahari, preset ini diberikan untuk aktivitas fotografy outdoor. Sebaiknya preset ini digunakan di luar ruangan atau outdoor, karena hasilnya akan jauh lebih bagus dari pada pengguna menggunakan mode automatis atau auto.
4. Flash
Pada preset ini pengguna menggunakan tambahan pencahayaan dari flash. Cahaya flash ini akan menerangi objek serta akan menghasilkan foto terlihat lebih terang, tetapi kadang cahaya flash ini menghasilkan gradasi putih yang terlalu banyak maka warna tampak memudar. Preset white balance flash ini dapat membantu memulihkan warna asli dari sebuah objek, itu alasannya pengguna harus memakai preset white balance flash ketika mengambil gambar menggunakan flash.
5. Cloudly
Preset cloudly juga tidak jauh beda dengan preset yang lainnya, white balance ini dipakai apabila cuaca sedang berawan, preset cloudly ini akan sering digunakan pada saat melakukan pengambilan gambar di luar ruangan atau outdoor.
6. Shade
Preset white balance terakhir yang dipakai pada saat pengguna mengambil gambar didalam bayangan dari objek tertentu, white balance juga dapat dipakai pada saat mengambil gambar di dalam ruangan atau indoor pada saat siang hari.
Setiap masing-masing preset dari white balance ditujukan pada sebuah kondisi atau situasi tertentu, maka pengguna harus bisa menyesuaikan situasi dan kondisi dengan cara mengatur preset white balance sehingga mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

Macam - Macam Efek White Balance Pada Kamera


1. Daylight




Warna terlihat normal pada siang hari yang cerah. White balance yang begitu sesuai, yang dapat dipakai dalam fotografy outdoor.

2. Shade




Rona warna yang dicocokan agar warnanya terlihat normal di daerah bayangan outdoor dihari yang cerah. Rona warna yang sedikit merah terlihat pada saat dipakai dibawah sinar matahari dihari yang cerah.

3. Cloudy




Rona warna diserasi dengan pandangan hari mendung tanpa adanya matahari. Tingkat penelusuran yang sedikit lemah dibanding dengan shade atau bayangan.

4. Tungsten Light




White Balance yang meneliti rona warna yang bersumber dari cahaya lampu neon. Warna kebiruan terlihat lebih kuat sebab menekan nada kemerahan yang dikarenakan oleh cahaya lampu neon.

5. White Fluorescent Light




Rona warna dikoreksi dengan memakai white balance dari cahaya lampu neon. Warna kebiruan terlihat lebih tajam sebab menekan pada nada kemerahan yang diakibatkan oleh cahaya neon.

6. Flash




White Balance yang mengoreksi pada nada biru cahaya dari flash. Lebih mengarah pada koreksi sama dengan efek Kecenderungan koreksi ini serupa dengan efek "Cloudy".


Kekurangan Dan Kelebihan White Balance Pada Kamera




Kekurangannya
1. Apabila pengguna ingin memperoleh white balance yang sesuai, maka diharuskan untuk mengerti temperatur warna yang tersedia di tempat pengambilan gambar.
2. Pada pengambilan gambar misalnya fotografy interior, temperatur warna yang terdapat di area itu akan sulit di tentukan sebab banyaknya sumber cahaya yang tidak teratur.
3. Apabila kamera di setting untuk daylight, maka kamera hanya dapat menerima cahaya yang bertemperatur 5000K. Dan jika digunakan untuk mengambil gambar dalam keadaan warna yang kekuningan, maka hasilnyapun akan berwarna kekuningan juga.
4. Apabila kamera di setting ke dalam gambar bohlam 3000K kemudian digunakan untuk mengambil gambar di luar ruangan pada siang hari maka hasil fotonya akan berwarna kebiruan.
5. Apabila kamera sudah di setting untuk gambar awan kira-kira 8000K kemudian digunakan untuk mengambil gambar pada siang hari yang normal, maka akan menghasilkan warna yang kekuningan. Dan jika ingin memperoleh warna yang normal atau balance, maka gunakanlah setting yang tepat untuk suasana cahaya pada saat pengambilan gambar.

Kelebihannya
1. Temperatur warna di sebuah studio mudah ditebak karena pencahayaan dari lampu yang dipakai jelas spesifikasinya. Maka satu variabel yang sesuai mudah diperoleh.
2. Tidak selamanya foto white balance yang salah akan menghasilkan gambar yang jelek. Terkadang foto white balance yang salah justru menghasilkan gambar yang unik. Contohnya :




Foto tersebut diambil pada jam 05.30, sebelum matahari terbit (daylight) kemudian menambahkan flash. Di setting untuk warna kulit, 5500K (flash). Hasilnya background menjadi warna kebiruan sebab matahari belum muncul.
Kelebihan maupun kekurangan dari white balance akan dirasakan oleh pengguna, kualitas sebuah hasil potretan tergantung cara seorang pengguna dalam memakai dan mengatur white balance dengan benar.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Pencahayaan

Pencahayaan dibagi menjadi 2 berdasarkan sumbernya yaitu, cahaya alami dan buatan.
Cahaya alami yaitu cahaya yang bersumber dari cahaya alami contohnya cahaya matahari, cahaya bulan. Cahaya buatan yaitu cahaya yang bersumber dari cahaya yang dibuat oleh manusia contohnya LED, speed LED, speed light, strobe, pop up flash ataupun lampu jalanan.

1. Cahaya alami




Kelebihan dari cahaya alami yaitu tanpa harus mengeluarkan biaya, melimpah, sehingga mudah di dapat. Tidak perlu membayar, biayanya tidak menguras dompet untuk membeli peralatan misalnya reflektor. Tidak perlu berbisnis hanya untuk membeli peralatan dan tidak harus melakukan setting pada peralatan seperti pada masalah cahaya buatan. Berkat kemudahan ini, di sarankan untuk pemula agar memakai cahaya alami untuk belajar dengan cara apa cahaya bekerja terhadap subjek.
Kekurangan cahaya alami yaitu pada kondisi tertentu akan sulit memperolehnya sebab kondisi ini sangat bergantung pada cuaca, musim, area, dan waktu pada pagi dan sore hari. Cahaya alami dapat menimbulkan warna serta kontras yang tidak sama dalam jangka waktu yang berbeda, seperti pada saat matahari berada di atas kepala akan menghasilkan kontras yang tinggi. Apabila cahaya di pagi dan sore hari akan lebih seimbang, tetapi cahaya pada waktu golden hour akan hangat dan memiliki warna kekuningan, tetapi pada waktu blue hour langit juga akan berwarna kebiruan. Maka cahaya alami sangatlah bergantung pada waktu dan tempat untuk memanfaatkannya.

2. Cahaya buatan




Kelebihan cahaya buatan yaitu lebih fleksibel, sebab sangat mudah untuk dikontrol dari intenitas, arah dan juga warna. Dapat memakai campuran dari beberapa warna dengan mudahnya. Apabila dirasa masih ada yang kurang bisa ditambahkan cahaya yang lainnya.
Kekurangannya yaitu cahaya buatan pasti memerlukan waktu pada saat set up atau setting, membutuhkan energi baterai tambahan, dan memerlukan biaya yang mahal untuk memperolehnya.

Post Top Ad

MAIN MENU