Rabu, 14 Februari 2018

Anatomi Kamera Video Dan Bagian-bagiannya





Rumahkreative.id - Anatomi Kamera Video -ialah tentang komponen bagian- bagian dari kamera video untuk merekam sebuah gambar video yang telah dibuat dan mampu menyimpan gambar digital dari sebuah percakapan analog. Anatomi Kamera video merupakan perangakat untuk merekam sebuah video dalam jangka waktu yang cukup lama dan video tersebut juga mampu mengatasi gambar percakapan dan diubah kedalam bentuk digital agar dapat dibaca oleh komputer.

Anatomi Kamera Video juga masuk dalam teknologi digital dan juga sering disebut dengan sigitzer yaitu yang mampu memeiliki kualitas mengambil data percakapan yang berupa frekuensi cahaya dan diubah ke digital elektro. Anatomi Kamera Video juga memiliki banyak fitur salah satunya adalah grip yang fungsinya untuk membuat pegangan ke kamera agar lebih nyaman dan terbuat dari karet sehingga mudah untuk di pegang saat sedang melakukan kegiatan.

Di dalam kamera Video fitur otomatis dan manual terdapat beberapa mode, kebanyakan orang menggunakan Anatomi Kamera Video cannon dan Sony meskipun keduanya juga memiliki fungsi yang sama namun demikian mereka menggunakan istilah yang berbeda-beda. Yang disebut dengan video analog yaitu suatu gambar yang direkam dalam sebuah bentuk sinyal magnetik pada pitamagnetik, selain video analog terdapat juga video digital yang sama dengan video analog yang sama-sama direkam dalam sebuah bentuk sinyal magnetik.
Anatomi Kamera Video juga memilik banyak fram-fram, masing-masing fram harus memiliki tahapan dalam melakukannya, dan juga terdapat istilah dalam pembuatan video yaitu istilah klip yang disusun dan direkam oleh VCR. Anatomi Kamera Video lebih mudah karena cara kerjanya tidak terlalu susah karena sudah adanya fitur efek yang kita mudah pilih sesuai selera, dan juga mudah untuk mengatur durasi waktu dari effeck yang sudah dipilih.

Bagian-bagian Anatomi Kamera Video

  1. Penutup lensa 
  2. Layar LCD
  3.  Tombol pembuka layar LCD
  4.  Tombol volume
  5.  Batery
  6.  Pengunci batery
  7.  Tombol power 
  8.  Tombol start/stop merekam 
  9.  Jek memasukan listrik dari adaptor
  10.  Tempat memasang tali handy camera Lensa 
  11. Informasi batery 
  12. Tombol lampu 
  13. Tombol untuk memilih kualitas warna
  14. Lensa 
  15. Mikrophone/mike 
  16. Lampu tanda merekam 
  17. Infrared (merekam di tempat gelap) 
  18. Tombol control video
  19. Tombol pengunaan lampu
  20. Tombol FADER 
  21. Tombol BACK LIGHT
  22. Tombol FOCUS 
  23. Lampu sensor remote

Bagian Anatomi Kamera Sony



  • Lensa
lensa kamera yang berfungsi untuk alat perangkap gambar yang berada tepat didepan kamera yang terjadinya alur dari sebuah perekaman gambar.
  • Gelang Fokus, Zoom dan Diagfragma
-Fokus adalah alat untuk menajamkan dan menghilangkan objek yang sesuai dengan keinginan. Sebagian juga disebut dengan objek jelas yaitu objek utama.

 - Zoom fungsinya adalah untuk memperbesar atau memperkecil sebuah objek yang dibidik dengan mengubah lensa dari sisi pandang sempit ke sisi pandang luas atau juga sebaliknya.  Zoom dibagi menjadi 2, yaitu zoom in dan zoom out.

 - Diagfragma yaitu untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam arena dan berfungsi untuk membuka tutup cahaya yang masuk ke dalam sebuah objek.

  • LCD (Liquid Cristal Display)
LCD digunakan untuk memutar ulang kembali hasil shoot video, dan sebagai alat untuk acuan pada setting warna kamera dan sebagai peringatan baterry dan lain-lain.

  • VTR
 Biasa disebut dengan Video Casset Recorder, yang berfungsi untuk merekam hasil shoot kamera dalam sebuah bentuk casset khusus.

  • View Finder
View Finder disebut sebagai jendela pelihat. yang fungsinya untuk melihat objek yang akan di ambil. Berbagai macam warna yang di hasilkan view finder ada 2 yaitu warna hitam dan putih, banyak sekali kameramen yang lebih suka dengan view finder karena sangat mudah untuk mensettingnya dengan demikian kecerahan tersebut sangat terlihat jelas.

  • Microphone 
Microphone yaitu jenis alat input suara yang mampu merekam suara yang kita keluarkan untuk direkam nantinya di rekam bersama video di dalam VTR. alat input suara yang digunakan mampu merekam suara dalam suatu tempat sehingga direkam dalam semua video VTR.
  • Baterai
 Baterai sangat diperlukan untuk sebagai daya listrik ,Letaknya tepat pada bagian belakang kamera sehingga baterai mampu menempel pada kamera.

 Bagian Kamera Dan Fungsinya



  1. Lensa, yaitu sebagai pemantul objek yang akan diarahkan.
  2. Tombol Stabilizer (IS, VR, VC), yaitu berfungsi untuk mengatur getaran tangan saat hendak membidik objek.
  3. Tombol pembuka lensa, yaitu bagian dari kamera yang dapat di pisahkan dengan body kamera. Cara melepaskannya hanya menekan tombol pembuka lensa dan juga memutar lensa ke arah kiri.    
  4. Tombol fokus terdapat 2 mode, yaitu model auto fokus dan manual fokus. Mode tersebut keduanya digunakan untuk mengatur titik fokus secara manual. 
  5. Tombol pembuka flash, berfungsi saat kamera sedang  dalam keadaan standby. 
  6. Built-in flash light, berfungsi untuk membantu pencahayaan saat pemotretan pada ruang yang gelap atau  saat di malam hari.
  7. Tombol shutter,  yaitu berfungsi untuk mengambil gambar.
  8.  Grip, adalah bagian kamera yang menonjol disebelah bagian kanan anatomi yang fungsinya untuk memegang kamera pada saat pengambilan gambar. 
  9.  Anti red eye, berfungsi untuk mencegah hasil objek yang nampak merah.
  10. Tombol review, berfungsi untuk melihat hasil gambar pada tampilan LCD. 
  11.  Tombol delete, fungsinya yaitu untik menghapus foto yang tetdapat pada kamera. 
  12. Tombol navigasi, berfungsi untuk mengontrol program kamera yang biasanya berbentuk tombol navigasi, dan disetiap kamera pasti tombol navigasinya berbeda- beda.
  13. Tombol Fn/Q, berfungsi untuk merubah tombol navigasi menjadi fungsi shotcut.
  14. Tombol AV, yaitu berfungsi untuk mengatur diafragma pada komputer. 
  15. Tombol zoom, yaitu berfungsi untuk memperbesar hasil foto atau memfokuskan objek yang akan diambil.
  16. Mode-dial, berfungsi untuk mengubah mode eksposure atau disebut dengan modus pemotretan.  
  17.  Tombol Lifeview,  yaitu untuk menjauhkan layar yang akan di bidik dari viewfinder ke liveview.   
  18. Viewvinder, yaitu berfungsi untuk melihat objek yang akan dipotret.
  19. Tombol menu, berfungsi untuk menunjukkan arah pengaturan utama pada kamera
  20. Layar LCD,  berfungsi untuk memperlihatkan keterangan settingan pada sebuah pada kamera.
  21.  Tombol ISO, berfungsi untuk mengatur ISO.
  22. Main-dial, fungsinya untuk menggeser atau memilih menu pada kamera.
  23. Tombol display, fungsinya untuk mengaktifkan kembali mode standby.
  24. Tombol on/off, yang berfungsi untuk menyalakan kamera dan dimatikannya kembali.

Prinsip Anatomi Kamera Video


Lensa bertugas untuk manengkap sebuah gambar atu objek, penamkapan gambar juga disebut sensor CCD yang fungsinya sebagai viewFinder atau menstransferkan gambar ke LCD.

Objek yang ditangkap oleh lensa, dilalui pada berbagai macam warna kemudian akan di tangkap oleh CCD atau disebut juga sensor gambar.Dengan adanya jarak lensa dengan sensor juga dikenal dengan sebutan focal lenght, jarak tersebut akan menjadikan faktor penggali pada lensa tersebut. Tugas dari LCD sendiri adalah untuk merubah sinyal analog.

Pada bagian CCD  juga terdapat jutaan titik sensor yang dikenal sebagi pixel gambar yang sudah ditangkap oleh sensor CCD dan dilanjutkan ke bagain proses gambar yang bertugas untuk mengolah semua data digital yang berupa file format gambar serta menggantinya dengan format gambar yang lainnya ( RAW, JPG ) dll.

 Gambar sensor CCD sangat peka terhadap cahaya. Kamera video mengambil sebuah data analog yang berupa frekuensi- frekuensi cahaya dan suara untuk diubah menjadi data digital.

 Gambar yang masuk ke CCD  akan ditampilkan di layar LCD. Sehingga mengubah data analog menjadi digital. Konveter yang sering digunaka yaitu konveter ADC ( Analog Digital Converters) cara kerja kamera vide juga mampu menyimpan sinyal suara dan dirubah menjadi data digital.

 Data digital disimpan dalam media penyimpanan yang terus menerus selama kamera dalam keadaan merekam sebuah objek gambar. Media yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam yaitu VCD,DVD, Mini Dv dan lain sebagainya.

Tahap yang terakhir yaitu mengirim hasil file kedalam bentuk format yang dipilih kedalam sebuah sub  penyimpanan seperti ( storage, atau memory card). Umumnya kamera video eye viewfider sudah berwarna bukan lagi berwarna hitam putih.






Post Top Ad

MAIN MENU