Kamis, 04 Januari 2018

Tempat Wisata Yang Harus Kamu Kunjungi Di Cilacap

Tempat liburan di Cilacap



Rumahkreative.id-Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kabupaten Cilacap ? Ya pastinya ada yang mengira kalo cilacap itu kota yang menyeramkan karena disana memiliki penjara khusus tahanan yang mempunya banyak orang jahat dan yang letaknya di pulau Nusakambangan. Cilacap merupakan sebuah kabupaten yang mencangkup luas beberapa bagian wilayah dari kabupaten Cilacap. Tak hanya itu mungkin tak ada yang mengira jika di Cilacap memiliki tempat-tempat yang begitu indah dan menarik tanpa kita sadari itu. Yang tidak ingin mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk liburan kita tak usah jauh-jauh, jika yang dekat ajah masih ada yang bagus kan ? :).


Gambaran untuk tempat wisata di Cilacap cukup banyak, mulai dari wisata pantai sampai dengan sejarah-sejarah peninggalan jajahan Belanda yang masih ada karena di jaga oleh pemerintahan setempat. 
Kabupaten Cilacap terletak di bagian pesisir selatan pulau jawa, serta kabupaten ini mempunyai keindahan dan pesona alam yang sangat pantas kamu kunjungi, terutama pada pantainya yang begitu menakjubkan. Banyak orang yang sudah mengunjunginya. Apakah kalian bingung mau liburan kemana?. Tak usah ragu untuk mengunjungi Kabupaten Cilacap.

Berikut beberapa tempat di kabupaten cilacap yang harus kamu kunjungi bersama keluarga, teman, ataupun orang terkasih :D, yaitu :

1. Pantai Teluk Penyu

Mungkin kamu tak asing lagi bukan kalo mendengarkan kata "Pantai Teluk Penyu"? Nah tempat ini adalah yang sering orang kunjungi dan menjadi awal pembuka yang indah. Asal muasalnya pantai ini disebut pantai teluk penyu dikarenakan pada zaman dahulu kala, adanya penyu liar yang banyak kita jumapai dipantai ini. Tapi dengan seiringnya waktu berjalan perkembangan jaman penyu sekarang jarang dijumpai lagi atau bisa dibilang sudah tidak ada lagi. Pantai ini sangat terkenal dengan yang namanya pecahan ombak yang dapat kamu telusuri sampai ke ujungnya, tetapi kamu juga harus hati-hati dan bisa menjaga keseimbangan saat berjalan karena bisa saja tiba-tiba ombak besar datang. Di pantai ini juga terdapat beberapa wahana yang dapat kamu coba, seperti banana boat dan speed boat yang tentunya masih ada dalam pengawasan sehingga tak perlu khawatir di jamin aman. Tidak hanya itu untuk masalah makanan pantai ini juga menyediakan wisata kuliner Kabupaten Cilacap yang berada ditepian pantai. Tidak usah bingung  jika kamu ingin membeli oleh-oleh khas pantai Cilacap karena di tepian banyak sekali toko-toko penjual, dari penjual pakaian sampai penjual makanan pun ada. Jangan sampai tak datang ke sini loh...

2.  Wisata Hutan Payau (Mangrove)

Hutan Payau Mangrove terdapat di desa Karang Talun, kecamatan Tritih Kulon, yang jelas berada di Kabupaten Cilacap yang mempunyai pemandangan yang begitu indah dan memanjankan para pengunjung. Hutan Payau Mangrove ini sudah ada sejak tahun 1978 dan saat ini dijadikan tempat wisata dengan luas 10 hektar hutan mangrove. Mungkin banyak orang yang jarang mendengar hutan payau atau masih asing ditelinganya. Karena hutan payau masih tergolong sangat eksis keberadaannya dan hanya diminati oleh wisatawan lokal. Mungkin dahulu hutan ini sangat terjaga dan keadaan alamnya masih bersahabat, serta air lautnya masih melimpah, dan perambahan kayu mangrove yang masih terjaga, kemudian dengan transportasi yang sangat mudah dan mewadaih. 
Akan tetapi sekarang keadaanya sungguh memprihatinkan, dimana laut laguna segara anakan mengalami proses sedimantasi yang menyebabkan pendangkalan sehingga hanya lumpur yang tersisa. walaupun dengan banyak kekurangannya tak salah kamu mengunjungi ke wisata hutan payau agar kita mengetahui bahwa Cilacap memiliki wisata hutan bakau/mangrove yang pada jaman dahulu pernah berjaya, selain itu tanpa kita ketahui wisata ini mempunyai nilai lebih dibandingkan wisata yang lainnya.

3. Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut ialah panggilan untuk seluruh penduduk "desa" sekitar yang terletak di Segara Anakan, merupakan kawasan perairan yang berada di antara dataran Cilacap sebelah Barat dengan Pulau Nusakambangan Cilacap. Tidak banyak orang mengetahui keberadaain tempat ini, yang ternyata menyimpan keindahan yang menakjubkan dan sanyat luar biasa. Memperlihatkan keindahan pemandangan berupa kehidupan masyarakat kampung laut yang hidup berada di atas laut, keindahan hutan bakau, lalu terrdapat gua "karst" yang bisa kamu kunjungi dengan orang tersayang kamu. Untuk menuju ke tempat ini kamu bisa menggunakan kapal telah di sediakan untuk melewati sebuah dermaga yang ada di Cilacap, atau bisa juga lewat nusakambangan dengan menyusuri hutan bakau menggunakan kapal boat kembali. Kampung Laut akan lebih indah jika kamu datang pada saat musim kemarau, karena jika datang saat musim hujan kamu tidak akan melihat keindahan pesona alam yang diperlihatkan.

4. Benteng Pendem Cilacap

Tak lengkap jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini, tempat yang sudah berdiri sejak tahun 1861, wajib kamu kunjungi. Letaknya yang dekat dengan pantai teluk penyu sehingga kamu dapat merasakan keindahannya. Benteng pendem ini menjadi salah satu peninggalan sejarah Belanda yang cukup luas dan sangat terjaga keutuhannya oleh pemerintahan setempat. Di sini kamu dapat menyewa tour guide untuk mengantarkan kamu berkeliling menelusuri keindahan benteng pendem yang sungguh menakjubkan, serta kamu dapat memberikan informasi secara detail mengenai semua spot yang ada di tempat ini. Beberapa spot penting yang tak akan terlewatkan yaitu terowongan, benteng pengintai, ruang tembak, ruang untuk amunisi, serta senjata bom yang masih berdiri tegak pada sisi atas bukit di dekat benteng pendem dan sebagainya. Tetapi sebagian benteng ini masih tertimbun di dalam tanah dengan berukuran 1 sampai 3 meter kedalamannya. Di benteng ini juga dilengkapi dengan permainan anak-anak, kapal yang bisa mengantarkan kamu menyusuri danau, dan juga ada tempat pemancingan. Jangan sampai terlewatkan.

5. Waduk Kubang Kangkung

Waduk ini tak kalah dari tempat wisata Kabupaten Cilacap dan sekitarnya loh, mengapa? Sebab waduk ini memiliki sejarah unik yaitu sebagai tempat penyimpanan air bersih peninggalan belanda yang kini di sulap menjadi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Jika kamu membaca dari namanya saja akan terlintas dalam pikiran kamu jika itu hanya sebuah kubangan yang penuh lumpur. Nyatanya itu sebuah obyek wisata di Kabupaten Cilacap yang tengah ramai di kunjungi orang karna mempunyai waduk yang indah dan dengan panaroma sekitar yang begitu menakjubkan.

6. Alun-Alun Kota Cilacap

Untuk mengakhiri kunjungan di Cilacap, alun-alun Cilacap sangat cocok sebagai wisata malam menemani kamu. Tidak hanya itu alun-alun  Cilacap juga menyuguhkan berbagai fasilitas hiburan untuk membuat pengunjung kagum dan akan mengingat kenangan yang indah di kabupaten cilacap. Pemandangan malam alun-alun yang  begitu indah dengan gemerlapnya lampu mobil yang di ayun serta sambil menikmati wedang ronde yang menjadi teman malam begitu sempurna.

Untuk liburan, tempat-tempat di atas itu harus kamu kunjungi bersama orang-orang tersayang pasti akan lebih menyenangkan. Terima kasih sudah membacanya :).


Post Top Ad

MAIN MENU