Kamis, 04 Januari 2018

Sejarah Dan Asal Usul Biji Kopi

Kopi ialah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Yang di buat dengan mesin penghancur atau penggiling kopi agar cepat menjadi serbuk kopi.

Sejarah Kopi penemuan biji kopi sebagai minuman yang sangat berkhasiat dan berenergi. Kopi pertama kali ditemukan oleh Orang dari Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu atau 1000 tahun Sebelum Masehi. Kopi terus berkembang hingga sekarang ini menjadi salah satu minuman paling populer dan terlaris di dunia. Negara Indonesia sudah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya dan mengekspornya ke berbagai penjuru dunia. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga mempunyai khasiat yaitu dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes,, dan berbagai penyakit jantung.

Kata kopi ini sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang mempunyai arti kekuatan, karena pada awal ditemukannya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kemudian diubah menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian diubah lagi menjadi koffie. Dalam bahasa Belanda yaitu "koffee" sedangkan dalam Bahasa Indonesia yaitu "kopi".

Jenis-Jenis Kopi Di Dunia

ada beberapa macam jenis kopi di dunia, yaitu sebagai berikut :

1. Kopi Arabika

Jenis kopi ini merupakan yang paling banyak ditanam dan tersebar diseluruh dunia. Produsen penghasil kopi arabika utama di dunia yaitu berasal dari Negara - Negara di benua Afrika . Kopi Arabika racikan Italia yaitu seperti Cappucino, Latte, Expresso

2. Kopi Robusta

Kopi Robusta sama seperti Kopi Arabika, Kopi Robusta merupakan kopi yang banyak diproduksi. Kopi Robusta ini lebih mudah dibudidayakan karena tanamannya yang kuat dan tahan terhadap hama. Rasanya lebih kuat dan kafeinnya lebih banyak dari biji Kopi Arabika. Pengolahan Kopi Robusta ini biasanya dibuat menjadi Kopi Tubruk.

3. Kopi Luwak

Kopi ini yang banyak disukai oleh banyak orang karena kopi ini sebagai kopi yang paling enak. Kopi Luwak merupakan Kopi yang berasal dari Hewan Luwak yang mana kopi ini terbuang bersama ampas kotoran hewan Luwak. Kopi ini terkenal dengan Kualitasnya karna hewan luwak tidak mau mengkonsumsi kopi yang mentah.

4. Kopi Liberika

Kopi ini berasal dari Liberia, Afrika. Rasa yang dimiliki kopi Liberika ini bisa dikatakan seperti perpaduan antara kopi Robusta dan kopi Arabika. Kopi ini sering diolah menjadi espresso, latte, dan cappuccino.

5. Kopi Kolombia

Kopi Kolombia masih termasuk kedalam golongan kopi Arabika dan padawaktu itu diperkenalkan pertama kali di Kolombia pada tahun 1800 an. Kopi ini biasa disajikan sebagai kopi hitam dan pemberi aroma pada cake kopi.


6. Kopi Kona

Merupakan jenis kopi yang paling langka dan paling mahal harganya. Kopi ini paling banyak diproduksi di Hawaii dan memiliki kandungan kafein yang paling tinggi di antara jenis kopi lainnya.


Manfaat-manfaat Kopi


1. Mencegah dan Mengatasi Depresi
Peneliti telah menunjukan bahwa adanya keterkaitan antara kopi dengan turunnya resiko depresi pada seseorang. Yang paling sering mengalami depresi adalah kaum wanita, kandungan di dalam kopi mampu berfungsi untuk melawan depresi bagi kaum wanita.

Seorang peneliti telah mampu menunjukan bahwa minum kopi dapat mengurangi resiko terkena depresi sebesar 10 persen, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Peneliti lainnya juga menunjukan bahwa perempuan yang mengonsumsi kopi dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari, mengalami resiko lebih rendah sebesar 15 persen terkena depresi.

Hal itu disebabkan karena minuman bersoda yang tinggi akan kandungan gula. Makadari itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat kopi secara maksimal, disarankan untuk tidak minum kopi dengan kandungan gula yang tinggi.

2. Meningkatan Memori Otak



Minum kopi ternyata bermanfaat untuk merangsang peningkatan memori otak.

Seorang peneliti telah menemukan bahwa mereka yang minum dua cangkir kopi berkafein dalam sehari mengalami peningkatan memori jangka pendek.

Di simpulkan oleh seorang peneliti bahwa jika seseorang mengkonsumsi 100 miligram kafein (sekitar dua cangkir kopi) dapat memberikan peningkatan aktivitas di daerah otak yang berhubungan dengan fungsi memori dan perhatian atau kemampuan fokus.

Florian Koppelst├Ątter, M.D., Ph.D, seorang radiolog dari Medical University Innsbruck di Austria, telah mengungkapkan bahwa didalam kandungan kafein bekerja untuk membantu peningkatan kemampuan fungsi otak yang lebih tinggi.

Dr. Koppelst├Ątter menjelaskan fungsi memori sebagai aktivitas otak yang dibutuhkan untuk mengingat berbagai macam hal dalam waktu yang singkat. Seperti mengingat nomor telepon di buku telepon.

Para relawan tersebut, ditunjukkan urutan gambar sederhana (berupa huruf A, B, C atau D) dan kemudian ditanya apakah gambar itu sama dengan yang ditampilkan dua gambar sebelumnya.

Para relawan diminta untuk merespon dengan secepat mungkin menggunakan jari telunjuk kanannya untuk "ya" dan jari telunjuk kiri untuk "tidak."

Kemudian untuk yang kedua kali mereka diminta untuk melakukan tugas ini lagi, tetapi kondisinya terlihat sedikit berbeda, karena sebagian dari mereka diberikan asupan kafein secara acak.

Hasilnya, sebagian dari mereka yang diberikan asupan kafein menunjukkan  peningkatan memori jangka pendek dan reaksi yang lebih tanggap.

3. Meningkatkan Kinerja dan Performa


Beberapa peneliti telah menemukan bahwa manfaat kopi mampu memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. Pada sebuah penelitian yang pernah dilakukan, mengungkapkan bahwa kandungan kafein berguna bagi para atlet.

Mengonsumsi kafein bagi para atlet dapat meningkatkan ketahanan tubuhnya. Begitu juga, jika Anda ingin membuat tubuh kuat dan mampu bekerja secara maksimal maka konsumsi kafein. Hal ini sangat berguna terutama bagi Anda yang bekerja di sebuah pabrik yang membutuhkan fisik dan peforma prima.

Dalam bidang kedokteran, zat kafein umumnya dipakai untuk memberikan rangsangan pada organ jantung dan merangsang produksi urin agar meningkat. Penggunaan zat kafein  dosis rendah dapat memberikan efek samping dan peningkatan stamina yang membantu menurunkan rasa sakit.

Cara kafein yang bekerja di dalam tubuh yaitu dengan memberikan hambatan pada adenosin di dalam tubuh seseorang. Adenosim adalah senyawa yang ada di sel otak befungsi untuk memicu seseorang untuk tertidur atau mengantuk.


Zat kafein berfungsi tidak memperlambat pergerakan sel-sel di dalam tubuh, akan tetapi kafein juga bekerja untuk menangkal fungsi dari adenosin sehingga memberikan efek berupa:

  • Rasa mengantuk menurun
  • Talu timbul rasa segar di badan.
  • Mata dapat lebih lebar trbuka
  • Muncul rasa sedikit gembira
  • Tekanan darah agak meningkat
  • Detak jantung meningkat
  • Hati yang akan melepas gula ke aliran darah dengan lebih banyak lagi, hal inilah yang memberikan tambahan tenaga bagi tubuh.

Efek-efek yang ditimbulkan dari zat kafein, inilah yang membuat segala jenis produk minuman pembangkit stamina memiliki kandungan kafein di dalamnya.




Post Top Ad

MAIN MENU