Sabtu, 27 Januari 2018

Pagelaran Seni Budaya Dan Aturan Posisi Penonton



pengertian aturan posisi

Pengertian Aturan Posisi Penonton Dalam Menentukan Kesuksesan Pameran
        Seorang Penonton harus berada di posisi yang tepat supaya bisa melihat dengan jelas seorang pameran dengan baik, sehingga dengan adanya tujuan dilaksanakannya pameran tersebut agar bisa berlangsung dan berjalan dengan baik dan itu semua dapat menentukan kesuksesan pada seorang pameran.
       Posisinya harus berada tepat di depan pemeran, dan apabila semakin belakang posisi penonton maka akan semakin tinggi juga tempatnya supanya penonton yang dibelakang pun mampu melihat dengan jelas seorang pemerannya.

      Anda sekalian pasti sering kali melihat atau menonton salah satu pergelaran karya seni seperti teater, drama, sandiwara, dan lain-lain. Maupun itu berada ditempat-tempat pertunjukan apalagi diacara-acara memperingati hari-hari tertentu atau pada saat disekolah dalam sebuah acara-acara tertentu, misalnya penerimaan siswa baru, pelepasan kelas 3, dan masih banyak lagi.


  1. Pengertian Pergelaran Pergelaran yaitu merupakan salah suatu kegiatan dalam melakukan  pertunjukan atau sebuah pameran hasil karya seni yang telah kita pelajari atau kuasai kepada banyak orang pada saat tempat-tempat tertentu. Untuk memprloleh sebuah  kepuasan masing-masing yaitu ( kepuasan baik penonton maupun kepuasan para pemain).  Dan adapula penonton yang meninggalkan pagelarannya karena menurut seorang penonton pagelarannya tidak sesuai dengan faforitnya atau seleranya karena setiap penonton memiliki kesukaan yang berbeda-beda.

     2.Maksud dan Tujuan dari sebuah pergelaran berikut ini ;
       – Untuk hiburan dalam acara tertentu
       – Untuk menghibur masyarakat 
       – Untuk apresiasi 
       – Untuk ucapan khusus 
       – Untuk komersial 
       – Supaya kesenian tidak hilang
       – Supaya kesenian dilestarikan
   
    3. Unsur Pergelaran
        Berikut dibawah ini merupakan sebuah unsur-unsur dari pagelaran yaitu;

            a Materi sajian
         Materi sajian merupakan salah satu dari bentuk sebuah karya seni karawitan yang akan disajikan dengan maksud dan memiliki tujuan pergelaran, karena dengan adanya baik buruknya sebuah materi sajian bergantung kepada suatu tujuan penyelenggara pergelaran. Ada banyak maksud dan tujuan suatu pergelaran yaitu baik dalam pergelaran kecil maupun dalam pergelaran yang besar.          
           b Pemain
        Pemain yaitu orang-orang yang ikit serta dalam kegiatan seni, baik itu sebagai juru sekar, juru gendang. Pergelaran pemain yaitu merupakan sebuah unsur yang terpenting dalam sebuah pergelaran karena materi sajian pergelaran dalam hal ini akan dipertontonkan secara langsung oleh salah satu seorang pemain. Yang menetukannya kesuksesan serta keberhasilannya suatu pergelaran tergantung pada pemain. Dan oleh karena itu sesorang pemain pun harus benar-benar siap pentas dan harus menguasai panggung, yaitu dalam arti siap segala-galanya baik pada mentalitas maupun pada penguasaan materi sajian. Sehingga dapat bermain dengan sempurna serta dapat memberika suatu kepuasan kepada penontonnya.          


     Fungsi Dari Pagelaran

fungsi dari pagelaran

         Sebuah pergelaran ini memiliki fungsi sebagai suatu tindakan untuk membuktikan bahwa sebuah karya seni itu pantas untuk dinikmati dan dapat dinilai oleh masyarakat. Dan pada pergelaran ini juga memiliki beberapa fungsi yaitu;


  • Media sebagai mengekspresikan diri; yang dimaksud dengan seni yaitu segala sesuatu hasil karya yang dipertunjukian kepada orang-orang agar dapat memperoleh sebuah apresiasi dan suatu penilaian dari yang melihatnya. 
  • Media sebagi komunikasi; adalah suatu proses penyampaian suatu pesan sehingga para seniman dapat memastikan bahwa para penikmat seni mampu mendapatkan kepaham yang serupa dengan yang dimaksud para penontonnya. 
  • Media yang merupakan sebagai pengembangkan suatu bakat; pada dasarnya dalam suatu acara pergelaran akan begitu sangat banyak didapatkan berbagai masukan oleh banyak orang, oleh karena itu seseorang dapat berkembang dari banyak inspirasi tersebut. 

Materi Pagelaran

materi pagelaran


Pengertian Pameran dan Pagelaran
1.  yaitu merupakan salah satu kegiatan agar memperkenalkan atau menunjukan hasil sauatu hasil     karya seni rupa atau mengenai hasil produksi kepada masyarakat luas. Pameran merupakan suatu cara agar dapat melakukan sebuah komunikasi antara seorang pencipta karya dan seorang penikmat sebuah karya seni rupa.

Teknik Dalam Pgelaran Pemeran Dan Penonton
a.Penonton
       Dalam menonton suatu acara pergelaran merupakan salah satu sebagian dari salah satu kebutuhan hidup yang sangat menyenangkan dan bisa buta hiburan kita sehari-hari. Jadi dengan adanya seorang penonton pergelaran, kerena adanya pagelaran seseorang bisa melepaskan masalah atau karean kebayakan kerjaan dan harus refresing sejenak dari kejenuhan dan kejemuan dari diri kita dalam sehari-hari. Dan dengan adanya pagelaran seorang penonton pun akan merasakan kepuasannya dalam menonton acara pagelaran tersebut.


b. Pemain
         Pemain yaitu merupakan orang-orang yang ikut berperan penting secara langsung dalam kegiatan pagelaran seni. Dan dengan adanya tugas dari salah satu seorang pemaian yaitu diantaranya mamapu menghibur para penontonnya dan mampu membuat para penonton betah untuk mononton acara pagelaran sampai dengan selesai. Aapa bila seorang penonton puas akan pertunjukannya maka itu akan menjadi suatau kebanggaan  tersendiri dari suatau pemeran pagelaran.

Prosedur Pagelaran 


  • Teknik atau keahlian dan prosedur atau lanagkan-lanagkah dalam suatau pembuatan pergelaran tari yaitu harus dengan  benar-benar dilakukan secara sistematis. Karena dengan cara tersebut dan dengan tahapan yang sesuai, pergelaran yang akan diadakan mampu berjalan sesuai dengan yang telah diinginkan. 
  • Dalam mencapai suatu pergelaran yang baik dan sangat diperlukan suatu perencanaan yang saqngat baik pula, dengan melakauakn penyusun acara yang baik, kita memerlukan suatu  strategi khusus yang mamapu membantu kita agar dalam penyelenggaraan pergelaran tersebut agar tetap dapat diminati dan dinikmati oleh penonton. 

Post Top Ad

MAIN MENU