Jumat, 26 Januari 2018

Menyiapkan Peralatan Teknis, Kostum ,Poperty Dalam Film



mempersiapkan alat-alat teknis untuk filem
Dunia Perfilman

Film, lebih dikenal juga sebagai movie, gambar hidup, film teater atau foto bergerak, adalah gabungan dari beberapa gambar yang diam, ketika akan ditampilkan pada sebuah layar maka akan tercipta sebuah  ilusi yang berbentuk gambar bergerak yang mempunyai efek fenomena phi. Iusi dari  penglihatan ini menuntut  penonton untuk melihat dari gerakan yang terus menerus ini diantara objek yang berbeda dengan cepat dan berturut-turut .

Proses pembuatan film adalah serangkaian dari suatu seni maupun industri. Film dibuat dengan cara menembak suatu adegan yang sungguhan dengan sebuah kamera film; memotret gambar dan model dari miniatur dengan suatu teknik animasi yang masih sangat tradisional;yaitu CGI dan animasi komputer; dan juga  gabunggan dari beberapa teknik yang disajikaan dan efek visual  berupa lainnya.

Dan diisini kami akan membahas beberapa pembahasan mengenai peralatan yang harus ada dalam  pembuatan film bagi pemula ayoo simak slengkapnnya yah guyss.



 Peralatan Yang Harus Ada Dalam Membuat Film

  • Kamera
    mempersiapkan alat-alaat teknis untuk filem
    Peralatan Teknis Untuk Film
Kamera juga termasuk dari macam-macam peralatan yan digunkan untuk membuat film dan merupakan peralatan yang sangat penting dalam pembuatan sebuah film. Banyak sekali berbagai macam betuk kamera yang bisa dijadikan dalam pembuatan film pendek.
Pilihlah  kamera yang baik yaitu kamera yang mempunyai kualitas dan resolusi yang baik.

  • Memory Card Untuk Kamera
    mempersiapkan alat alat teknis untuk filem
    Peralatan Teknis Untuk Film
 Memory Card juga termask dalam berbgai macam peralatan yang digunakan ntuk membuat sebuah film, memori card yang berkapasitas 8 GB dirasa kurang mempuni. Karena kamu juga memerlukan memory card yang lainnya atau cadangan dari sebuah kamera kamu.
Dalam memlih sebuah  memory card kamu harus  memperhatikan pula suatu kualitasnya. Didalam suatu kualitas akan menjamin pemakaian  sebuah perangkat dalam beberapa jangka waktu panjang.

  • Microphone dan Sound Recorder
mempersiapkan ala-alat teknis untuk filem
Peralatan Teknis Untuk Film
Tak hanya suatu kualitas gambar saja yang sangat penting, tetapi juga suatu audio bisa mersakan   sensasi suatu karya kamu secara maksimal dan suara harus terdengar sangat jelas. Dikarena kan dibutuhkan sebuah perangkat yang mendukung yaitu berupa microphone.
 Peralatan ini sangat diperlukan dan tidak terlepas dari banyak dan tidaknny suatu narasi yang diucapkan dalam sebuah adegan film. Microphone tidak perlu yang mahal-maha. Karena disini yan sangat penting itu spesifikasinya yang bagus dan juga menghasilkan suara yang jelas.

Ada 3 macam microphone yan diggunaka untuk pengambilan ssalah satu suara yang bisa kita pilih disini dan sesuai dengan kebutuhan kita. Diantaranya yaitu clip on, shotgun mic, dan juga boom mic. Untuk membuat sebuah film pendek boom mic adalah elemen yang sangat penting. .

  • Lighting
mempersipkan alat- alat teknis untuk filem
Peralatan Teknis Untuk Film
Di dalam  suatu kondisi terutama dalam sebuah pencahayaan dirasa sangat kurang skali dipelrukan  alat yang berupa camera lighting. Dan sangat disayangkan dari suatu produk yang aslinya dibandrol dengan daftar harga yang  begitu relatif mahal.
 sesungguhnya harga dari peralatan ini cukup sama  dari fungsi dan segi manfaat dikarenakan sebuah kenyamanan dari penggunaanya.Dan dimana sinar lampu ini sangat aman dan tidak terlalu memancarkan sinarnnya ke mata. Penggunaan dari sebuah produk yang asli notabene dan hemat pula energinya dan juga tidak memerukan daya listrik yang terlalu besar. Maka penggunaan dari peralatan ini sangat cukup ramah bagi pengguna.


  • Stabilizer Kamera
mempersiapkan alat-alat untuk membuat filem
Peralatan Teknis Untuk Film
Untuk mengambil sebuah gambar dari luar ruangan atau outdoor, jadi kamu memerlukan alat yang berupa stabilizer kamera ini.

Peralatan ini kamu perlukan untuk membantu suatu kestabilan dari video ini maka tidak akan bergoyang-goyang tau terguncang. Pemakaian dari alat ini  akan memberi sebuah  hasil dari kerja film pendek  karya dari seseorang yang sangat profesional dan sangat layak untuk dipertontonkan. Pembuatan alat ini bisa kamu lewati jika dalam ebuah perangkat kamera kamu  ada fitur dari stabilizer.







Menyiapkan Peralatan Untuk Shooting

Untuk menghasilkan sebuah film/video yang sangat baik jadi kita harus memerlukan peralatan yang lengkap dan berkualitas dan mempunyai daya tahan yang sangat kuat.
 Berikut akan kami bahas tentang Peralatan yang diperlukan dalam film minimalis yaitu :


mempersiapkan alat-alat untuk filem
Menyiapkan Peralatan Untuk Membuat Sebuah Film
Clipboard,Proyektor,Lampu,Kabel Roll,TV Monitor,Kamera video S-VHS atau Handycam,Pita/Tape,Mikrophone clip-on wireless,Tripod Kamera., dan Tripod Lampu.


Menyiapkan Kostum Dan Poperty Untuk Keperluan Film


mempersiapkan alat-alat teknis untuk filem
 Menyiapkan Keperluan Film Berupa Kostum dan Poperty


Memilih pakaian atau kostum yang akan digunakan oleh sang penokoh cerita dan juga beserta propertinya.
Kostum didapatkan dengan cara mendatangkan seseorang desainer khusus ataupun dengan membeli dan menyewa tetapi pemilihan kostum ini akan disesuaikan dengan cerita sebuah skenario. Perlengkapan produksi sudah menjadi tanggung jawab oleh tim property dan artistik.


itulah beberapa penjelasan mengenai peralatan yang digunakan untuk membuat film semoga dari artikel yang saya buat ini bisa membantu aktivitas  dan semoga bermanfaat yah guys.

Post Top Ad

MAIN MENU