Kamis, 04 Januari 2018

Makanan khas Yogyakarta Yang Terkenal Dan Murah Meriah


Makanan Khas Yogyakarta Yang Terkenal Dan Murah Meriah


kota yang terkenal dengan kota pelajar yang memiliki tempat wisata yang sangat indah juga memiliki monumen yang bersejarah seperti candi, dan bangunan-bangunan yang memiliki banyak makna serta mengandung unsur kebudayaan yang sangat melekat. Selain itu kota jogja juga terkenal dengan makanannya yang enak loh... Jadi jika anda sedang liburan ke yogyakarta untuk melihat ke eksotikan dari dalamnya rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya atau oleh-oleh nya, jadi jika anda sedang liburan ke kota yogyakarta jangan lupa mencicipi makanan khasnya yaa.. Berikut kami akan memberikan beberapa ulasan kuliner jogja.

 Makanan Khas Yogyakarta:

1. Gudeg

Makanan khas yogyakarta yang pertama yaitu gudeg. Rasanya tidak lengkap jika liburan ke jogja tidak mencicipi lezatnya makanan yang satu ini, Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari buah nangka muda, gula merah dan bumbu yang di masak berjam-jam supaya rasanya lebih enak dan nikmat. Untuk ciri khas dari gudeg itu sendiri adalah dimakan bersama dengan areh (santan kental) dan sambal krecek, tahu atau tempe, telur atau ayam, tergantung selera. Jenis-jenis gudeg yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar.

Makanan khas jogja yang satu ini memang paling populer sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga tak heran jika kota yogyakarta mendapat julukan kota gudeg. Bagi kalian yang sedang liburan di jogja dan ingin membeli oleh-oleh asal jogja ini sebaiknya kalian membeli gudeg kering agar bisa bertahan lama.

2. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk adalah kue yang berbentuk bulat pipih, penyajiannya terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, lalu dipanggang.Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Tiongkok,kue yang bernama "Tau Luk Pia" ini memiliki arti kue pia (Kue) kacang hijau.Di negeri asalnya bakpia memiliki ukuran lebih besar dari pada bakpia pathuk, serta berisi daging yang di olah,sementara bakpia pathuk berisi kumbu yang terbuat dari kacang hijau.

Bakpia pathuk adalah salah satu makanan yang berkembang di yogyakarta. saat ini juga menjadi salah satu makanan khas sekaligus buah tangan khas dari yogyakarta yang harganya terjangkau dan tahan lama. Bakpia pathuk juga memiliki banyak rasa seperti rasa strawberry, keju, durian, coklat dll. Jadi tidak usah khawatir untuk membeli makanan ini karna sudah ada bermacam-macam rasa yang ada sesuai dengan selera anda.

3. Oseng-Oseng Mercon

Makanan yang tersebar di yogyakarta adalah makanan yang rasanya manis, tapi sekarang di yogyakarta ada wisata kuliner yang pedas, salah satunya adalah oseng-oseng mercon. Nah, kalian tau kenapa makanan ini dinamakan dengan oseng-oseng mercon? karena rasanya yang super pedas, karna itulah akhirnya makanan ini di beri tambahan kata mercon di belakangnya. Mendengar namanya saja mungkin sudah terbayang kengerian rasa dari makanan satu ini. Bagi kalian yang tidak suka pedas, tetap bisa memesan oseng-oseng mercon kok tapi jangan lupa pesan tanpa cabai atau diberi sedikit cabai saja.

4. Cenil atau Cetil

Cenil atau cetil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Bentuk dari makanan ini bervariasi yaitu ada yang persegi,lonjong, bulat-bulat kecil atau kotak, dan rasanya manis dengan tekstur kenyal dan agak lengket.kemudian diberi warna sesuai selera masing-masing sebelum di rebus. sehingga ketika di hidangkan,makanan ini terlihat warna-warni dan menarik. makanan ini lebih enak disajikan dengan gula pasir dan parutan kelapa. Jadi jangan lupa liburan ke yogyakarata untuk mencicipi makanan yang satu ini.

5. Geplak

Bagi anda pecinta makanan yang manis, makanan khas yogyakarta yang satu ini wajib anda coba yaitu geplak.  Geplak adalah oleh-oleh yang terkenal diyogyakarata yang berasal dari bantul. geplak ini disajikan dengan rasa manis yang berbentuk bulat dari daging kelapa. Makanan ini di buat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula yang kemudian di olah sehingga menghasilkan makanan yang enak dan manis.

makanan ini mudah di temukan di kota yogyakarta karena banyak toko oleh-oleh yang menyediakan makanan ini dengan harga yang sangat terjangkau.biasanya makanan ini di kemas dalam wadah yang terbuat dari ayaman bambu di tata sedemikian rupa sehingga tampilan kue ini benar-benar menarik.awalnya makanan ini berwarna putih dan kelam, tapi seiring berkembangnya jaman, olahan geplak dimodifikasi dengan warna dan aroma yang bermacam-macam sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipinya.

6. Coklat monggo

Coklat Monggo merupakan oleh-oleh jogja yang tergolong cukup baru.makanan ini memiliki varian coklat yang bisa menggoda selera dan memenuhi cita rasa yang di inginkan oleh penikmat coklat.adapun beberapa varian rasanya yaitu caramello, white chocolate, macademia, dan Marzipan.selain itu ada juga coklat monggo rasa red chili, mangga dan durian.

Kuliner yang satu ini sudah menjadi oleh-oleh yang sangat pas,karena harganya cukup terjangkau dan tidak akan membuat anda menyesal untuk membelinya, karena seimbang dengan kenikmatan yang di dapatkan dari rasa coklat monggo.

7.Bakmie Jogja

Mampir ke yogyakarta rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan yang satu ini.keunikan makanan ini terletak pada bumbu dan cara memasaknya. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, kemiri, dan merica.sementara kaldunya berasal dari rebusan ayam kampung dan telur bebek yang di kocok. jenis mie yang satu ini umumnya yang di gunakan adalah mie kuning basah, ada juga yang memakai bihun.makanan ini di beri pelengkap irisan daging ayam,kol, irisan tomat, daun bawang,dan kekian (adonan bakso yang di potong tipis dan di buat dari tepung terigu).

8. Gatot Gunungkidul

Gatot merupakan produk ala wong cilik yang dapat anda jumpai di seantero jogja. tetapi aslinya hidangan ini berasal dari gunung kidul, di olah di jogja dan menjadi makanan khas jogja. makanan ini terbuat dari gaplek atau sejenis singkong yang dikupas lalu dikeringkan dengan cara dijemur.

hidangan satu ini dijamin mengenyangkan dan dipercaya sangat baik mengatasi keluhan pencernaan, selain cocok untuk memperbaiki pencernaan juga baik untuk anda yang sedang diet.

9. Nasi Tiwul

Nasi tiwul disebut sebagai nasi yang bersejarah karena makanan ini mulai ada dari jaman sebelum penjajahan.Pada zaman dahulu nasi tiwul hanya dimakan dikalangan bawah dan orang yang tidak mampu saja.

Nasi yang terbuat dari ketela pohon atau singkong tersebut memiliki rasa unik dan berbeda dengan nasi putih,dan dapat dimakan dalam bermacam bentuk hidangan, Seperti menyajikan dengan gula merah dan parutan kelapa.

Kandungan nutrisi nasi tiwul di setiap 100 gram bahan baku singkong

Mengandung 63.50 gram air
Fospor sebanyak 40 gram
Karbohidrat 35 gram
Kalsium 33 mg
Vitamin C 30 mg
Protein 1.20 mg
Zat Besi 0.70 mg
Lemak 0.30 mg
Vitamin B1 0.01 mg
Kalori (121kal) lebih rendah daripada nasi beras
Manfaat nasi tiwul berdasarkan prosesnya

Sebagai sumber energi
Sebagai makanan diet bagi penderita Diabetes
Menjaga kesehatan pencernaan

10.Ayam Geprek

Ayam Geprek dibuat dari ayam goreng tepung yang di tumbuk dengan ulekan bersamaan dengan sambalnya hingga dagingnya tercampur.walaupun telah di geprek namun kerenyahan ayamnya tetap terasa.makanan ini sangat terkenal di kota jogja karena rasanya yang super lezat, pedas dan menggoyang lidah.selai rasanya yang bikin ketagihan dan super pedas.

11. Yangko

Jenis makanan yang satu ini terbuat dari bahan tepung ketan yang berbentuk persegi empat mungil dan di tambah dengan baluran tepung terigu.Yangko juga memiliki kekhasan rasa sendiri,kecuali rassa manis yang dominan.di dalam makanan ini kita bisa merasakan wangi aromanya.makanan ni berbentuk kenyal pada saat kita mengunyahnya atau memakannya.jadi tidak habis-habi ketika kita memakannya.

Yangko adalah salah satu makanan khas kota gede(Yogyakarta).makanan ini juga termasuk oleh-oleh khas jogja yang terkenal.awalnya makanan ini berisi campuran cincangan kacang dan gula.namun sekarang,banyak rasa baru yang bermunculan.selain rasanya yang asli enak,makanan ini juga bisa kita temui dengan rasa buah-buahan seperti nangka,durian,melon,strowberry,mangga.proses pembuatannya juga tidak terlalu rumit,hanya saja di butuhkan ketelitian,keterampilan,dan ketekunan.

www.rumahkreative.id

Demikian artikel dari kami,semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang beberapa makanan khas jogja.

Post Top Ad

MAIN MENU