Kamis, 18 Januari 2018

Daftar kuliner jajanan Tradisional Indonesia

jajanan indonesia
Rumahkreative.id Selain keanekaragaman seni budaya dan bahasa, Indonesia juga memiliki kuliner makanan perlu dilestarikan, apalagi aneka jajanan tradisional yang unik dan beraneka ragam,karna indonesia memiliki sejuta macam makanan khas yang berbeda-beda dan unik. contohnya seperti jajanan kue Mata Kebo dari Yogyakarta. Kue ini di buat dari tepung ketan yang berisi unti atau parutan kelapa yang bercampur dengan gula merah,dengan berwarna merah dan hijau lalu disiram dengan adonan berwarna putih yang terbuat dari tepung beras.

Hampir dari setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. karna Itulah mengapa masyarakat indonesia harus mempromosikan sendiri jajanan khasnya untuk lebih mengkonsumsi jajanan tradisional di tengah MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN karena kuliner jajanan warisan leluhur juga dapat bersaing dengan makanan ( jajanan ) asing lainnya.
Berikut adalah daftar jajanan kuliner khas sunda

Daftar Jajanan Kuliner Sunda

Masakan jajanan kuliner khas Sunda memiliki banyak sekali penggemar di seluruh Indonesia, terutama masyarakat yang tinggal di pulau Jawa libih detailnya jawa barat. Kebanyakan kuliner jajanan yang berasal dari daerah tanah Sunda terbuat dari bahan-bahan dasar sayuran. jajanan sunda lebih cenderung memiliki rasa pedas dan asin.

  • . Nasi Timbel

kuliner sunda nasi timbel


Nasi timbel adalah jajanan khas Sunda yang memiliki cita rasa yang berparian, kuat dan unik. Sangat sangat identik dengan masakan khas orang Sunda. Di daerah asli Sunda, nasi timbel memiliki banyak versi sehingga banyak kalangan masyarakat yang bingung ingin mencoba nasi timbel versi yang mana karna saking berpariannya.
nasi timbel sering disajikan untuk para petani untuk dimakan saat beristirahat ketika bekerja. Tapi sekarang, nasi timbel disajikan untuk semua orang. Penyajian ikon dari masakan Sunda ini biasanya di dalam daun pisang. Di warung-warung makan, nasi timbel juga disajikan menggunakan wadah umum seperti piring. Ada berbagai parian lauk untuk melengkapi nasi timbel yang pulen seperti ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, tawes, dan japuh. Tidak lupa juga terdapat lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisionalnya.

  •  Nasi Liwet
kuliner sunda nasi liwet


Nasi liwet sangat sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Nasi liwet memiliki dua versi. Versi yang pertama berasal dari daerah Solo, versi keduanya berasal dari Sunda. perbedaan dari kedua versi tersebut adalah. Di Solo, nasi liwet dibuat dengan campuran santan dan dihidangkan dengan labu siam yang dimasak bersamaan dengan santan. Sedangkan di Sunda sendiri tidak menggunakan campuran santan dalam proses pembuatannya.
Nasi liwet khas Sunda memiliki cita rasa yang cenderung gurih meskipun tidak menggunakan campuran santan. Rasa gurih ini dimiliki oleh nasi liwet karna diperoleh dari hasil penggunaan campuran bumbu-bumbu rempah khas Indonesia contohnya batang serai, bawang merah, bawang putih, daun kemangi, dan daun salam. Nasi liwet pada umumnya dihidangkan bersamaan dengan ikan asin sebagai pelengkapnya. karna Sebagian orang juga sering menyantap nasi liwet dengan sayur asem, ikan bakar, dan gorengan tahu tempe.

  • Karedok
kuler sunda

Karedok adalah jajanan khas Sunda yang hampir mirip dengan gado-gado. Tetapi karedok cenderung menyajikan berbagai macam sayuran dengan campuran saus kacang tanah dengan kepedasan level tinggi.
Sayuran yang dipergunakan untuk membuat karedok cukup berpariasi, seperti timun, tauge, kacang dan beberapa jenis sayuran yang bisa ditambahkan sesuai keinginan. Gado-gado cenderung menggunakan sayuran yang direbus, sedangkan karedok menggunakan sayuran mentah. Di Sunda, masyarakat juga sering menyebut karedok dengan nama lain lotek atah atau lotek mentah. Karedok lebih enak disantap bersama dengan nasi hangat, tempe, dan kerupuk.

  • Tumis Genjer Oncom

Kuliner Sunda genjer oncom

Makanan Sunda ini merupakan kuliner tradisional yang paling banyak disediakan di warung-warung makan asli Sunda. Oncom adalah bahan yang paling utama digunakan untuk membuat masakan ini. Rasa oncom paling nikmat dipadukan dengan rasa manis campur pedas dan genjer atau bahkan paku rawan. Pada setiap sajian genjer oncom terdapat banyak sekali kandaungan serat.karna menggunakan sayur-sayuran di dalamnya jadi lebih menyehatkan.





Cara Membuat Nasi Lengko Khas Sunda

Untuk menemukan jajanan khas sunda, bukanlah sebuah masalah. Karena banyak sekali restoran yang menyajikan menu masakan sunda atau bahkan ada restoran yang menunya hanya masakan sunda contohnya nasi lengko khas sunda
berikut cara membuatnya :
  • Resep Nasi Lengko

Berikut adalah bahan-bahan nya:



  • 2-3 tahu yang sudah di goreng
  • 3-4 tempe yang sudah di goreng
  • 2 butir timun
  • tauge secukupnya
  • Sambal kacang seperlunya
  • dan Kecap manis

Berikut adalah cara membuat:
  • Potong kotak-kotak timun, tempe dan tahu yang tadi sudah di goreng. lalu rendam tauge dalam air hangat selama beberapa menit sampai layu.kemudian Angkat dan tiriskan.
  • Kemudian siapkan nasiyang masih hangat, dan siapkan sayuran pelengkapnya. Lalu siram dengan saus kacang. Sebagai pelengkapnya tambahkan kerupuk di atasnya.

Masakan Traisional Terkenal Di Indonesia


Dari sekian banyak jajanan tradisoal terkenal di indonesia, Makanan oleh-oleh berikut adalah telah daftar makanan khas Indonesia yang paling paling terkenal di indonesia dan manca negara

  • Sate adalah jajanan yang terbuat dari daging ayam,kambing atau bahkan daging sapi
  • Bakso adalah jajanan yang terbuat dari campuran tepung, daging sapi dengan campuran bahan-bahan tertentu.
  • Soto
  • Rendang adalah makanan yang terbuat dari campuran rempah-rempah tertentu sehingga hampir menjadi seperti gulai dan di masak bersamaan dengan daging sapi,rendang sendiri berasal dari daerah padang sumatra barat

Post Top Ad

MAIN MENU