Rabu, 31 Januari 2018

Kendaraan Transportasi Umum Yang Ada Di Indonesia

transportasi umum


Transportasi Umum-Selain lebih cepat dan bebas stress di jalan, menggunakan transportasi umum bisa lebih hemat dibandingkan kamu menggunakan kendaraan pribadi. Contohnya, memakai KRL dan busway dari kawasan pinggir Jakarta hanya Rp 7.500 sekali jalan.
Bahkan Gubernur baru Jakarta Anies Baswedan berjanji akan menurunkan menjadi Rp 5.000 untuk semua jalur angkutan umum dari angkutan pengumpan hingga TransJakarta. Yuk kita tunggu janjinya.
Sejauh ini, angkutan umum paling banyak digunakan di Jakarta ialah Commuter Line dan Bus Way. Jutaan orang yang pergi pulang dengan dua moda transportasi ini.
Agar Kamu lebih nyaman bertransportasi umum ria, sebaiknya melengkapi perjalananmu dengan beberapa aplikasi ini. Antara lain untuk melihat jadwal keberangkatan angkutan maupun keberadaan angkutan yang akan kita naiki. Sangat berguna bukan?
Berikut ini aplikasi transportasi umum yang wajib kamu miliki jika kamu sering menggunakan angkutan umum.

Aplikasi Transportasi Umum


KRLAcces
Aplikasi transportasi umum yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Jabodetabek ini sangat berguna buat kamu yang sering menggunakan Commuterline. Fitur paling berguna buat kamu ialah mengetahui posisi kereta Commuter yang ingin kamu naiki. Misalnya, kamu akan berangkat dari Stasiun Sudirman menuju Bogor.
Kamu cukup mencari stasiun tempat kamu akan berangkat di bar menu, lalu dalam sekejap akan muncul informasi posisi beberapa kereta api yang akan melewati stasiun tersebut, termasuk stasiun tujuanmu. Dengan informasi ini kamu bisa memprediksi kedatanganmu di stasiun pemberangkatan.
Appaja
Di aplikasi transportasi ini kamu cukup memasukkan lokasi tujuan dan Apaja akan memberikan informasi tentang kendaraan yang harus dinaiki dan berapa estimasi tarifnya. Dalam aplikasi transportasi umum ini kamu akan mendapat berbagai informasi seperti jadwal kereta Commuter Line, info rute koridor Transjakarta, dan rute angkutan umum lainnya.
Melalui Apaja para pengguna juga dapat berbagi tentang situasi dan kondisi di tempat pemberhentian, halte dan stasiun. Para pengguna lain tentu akan terbantu dengan fitur berbagi situasi dan kondisi perjalanan.

Komutta
Di PlayStore, aplikasi ini dapat bintang 4,5 dan didownload oleh 100.000 pengguna. Aplikasi ini memberikan informasi angkot, taksi, Commuter Line, hingga Transjakarta. Pantauan CCTV pada tiap shelter juga dapat kamu nikmati. Untuk yang ingin menaiki taksi, Kommuta menyediakan berbagai informasi kontak dari penyedia layanan taksi di Jakarta. Aplikasi ini tak hanya akan berguna bagi warga lokal, namun juga turis asing karena Kommuta dapat diakses dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Trafi
Aplikasi yang berasal dari Lithuania ini resmi meluncur di Jakarta pada Mei 2016 lalu. Aplikasi ini menawarkan keakuratan dan berbagai alternatif jalur transportasi menuju tempat tujuan. Waktu real time kedatangan kendaraan juga dapat dipantau melalui aplikasi ini. Jadwal dan rute transportasi umum, di antaranya TransJakarta, tetap dapat diakses walaupun tidak sedang terkoneksi Internet. Namun dalam aplikasi ini kamu tidak dapat menemukan informasi terkait tarif angkutannya.

Uber, Gojek, Grab
Ketiga aplikasi akan membantu kamu beralih dari transportasi umum ke tempat tujuan dengan waktu yang lebih singkat. Para ojek online akan sangat dibutuhkan jika sewaktu terjadi kemacetan parah di jalur tertentu atau terjadi gangguan transportasi umum seperti kereta anjlok. Kamu bisa melanjutkan perjalanan dalam kondisi darurat bersama para ojek online dengan aplikasi GoJek, Grab, dan Uber. Jangan lupa memanfaatkan aplikasi pembayaran yang disediakan seperti GoPay dan GrabPay agar kamu mendapatkan potongan tarif hingga 30% dari tarif biasa.
Baca juga: Promo Gojek, Grab, dan Uber Terbaru yang Bisa Kamu Manfaatkan.

Moovit
Aplikasi yang hanya tersedia di iOs (Apple smartphone) ini bisa memberikan pilihan rute terbaik, rute terdekat ke tempat tujuan, dan waktu kedatatangan secara real time. Moovit mengklaim akan memberikan kontrol penuh atas perjalananmu sehingga kamu bisa tenang saat menggunakan transportasi umum.
Karena transportasi umum selalu tidak dapat diprediksi, Moovit terus memperbaharui info-info baru saat operator mengubah jadwal atau layanan. Dengan begitu kamu tidak akan terhenti di stasiun yang tutup atau menunggu bis yang tidak akan datang.
Fitur panduan Live dengan notifikasi saat turun akan memandu kamu selangkah demi selangkah secara real-time saat kamu bepergian. Ketahui tepatnya tujuan kamu berjalan, berapa lama (atau berapa cepat) kamu menunggu, dan berapa pemberhentian yang tersisa.


Jenis Transportasi Umum




1.Trasportasi Darat


Transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Bentuk awal dari transportasi darat adalah menggunakan kuda, keledai atau bahkan manusia untuk membawa barang melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangkan perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas. Roda kemudian ditemukan.
2.Transportasi Udara

Transportasi udara adalah merupakan alat angkutan mutakhir dan tercepat. Transportasi ini menggunakan pesawat udara sebagai alat angkutan sedangkan udara atau angkasa sebagai jalur atau jalannya. Dimana pesawat udara Yang dimaksud dilengkapi dengan navigasi dan alat telekomunikasi yang canggih.
3.Transportasi Laut


Transportasi Laut adalah Suatu Sistem pemindahan Manusia dan Barang yang beroprasi dilaut dengan menggunakan Alat sebagai kendaraan dengan bantuan tenaga manusia atau mesin untuk menggerakannya.

 Macam-Macam Transportasi Umum



1.Bajaj 

Bajaj merupakan alat transportasi umum yang dapat mengangkut dua penumpang dengan roda berjumlah tiga. Pengemudi bajaj duduk didepan. Mulanya Bajai berasal dari India untuk transportasi diperkotaan. Bajaj ini kecil sehingga dapat lincah dijalan sempit dan menembus kemacetan kota. Bajai ini sudah sangat jarang ditemukan karena memang dilarang. Alasanya masih menggunakan motor 2 tak sehingga bising dan berpolusi. Kendaraan ini kini digantikan oleh Kancil yang lebih ramah lingkungan walau saja langka ditemukan.

2.Taksi

Taksi merupakan alat transportasi umum yang berupa mobil untuk mengangkut penumpang. Ciri wajibnya terdapat Argometer (Alat untuk mengukur tarif perjalanan berdasarkan jarak dan waktu). Jadi Penumpang dapat melihat sendiri tarifnya. Untuk memesan taksi dapat dilakukan secara telepon, sms, online, aplikasi smartphone dan menyegatnya langsung di jalan atau sedang berhenti. Saat ini terjadi demam taksi online yang dapat dipesan dengan menunjukan tempat dijemput, lokasi tujuan, rute perjalanan dan lengkap dengan harga sekalian.

3.Angkot dan Angkudes

Angkot kepanjangan dari Angkutan Kota merupakan alat transportasi umum di kota dengan trayek yang sudah ditentukan. Perbedaan dengan bus adalah angkot ini bisa berhenti dan menaikturunkan dimanapun tidak terpaku pada halte. Jenis kendaraanya pun lebih kecil biasanya menggunakan Van atau Mini Bus. Istilah lain Angkot ini daerah di Indonesia seperti, angkota di Malang, Bemo di Surabaya dan NTT, Taksi di Samarinda dan Bengkulu, Pete-pete di Makassar, Sudako di Medan dan Mikrolet di Jakarta. Angkudes kepanjangan dari Angkutan Desa merupakan alat transportasi umum di perdesaan dengan trayek yang sudah ditentukan. Hampir sama dengan angkot namun didesa.

4.Bus

Bus merupakan kendaraan besar yang mempunyai roda berfungsi untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak/ massal. Di Indonesia bus dibagi menjadi berbagai jenis, dengan pertimbangan kelas, ukuran dan jarak. Berdasarkan kelas, dibagi menjadi bus ekonomi, bus rs, bus bisnis ac, bus eksekutif dan bus super eksekutif. Berdasarkan ukuranya, dibagi menjadi bus kecil, bus sedang dan bus besar. Pada pembagian trayek di Indonesia untuk trayek kota dikenal seperti metromini, patas, dan bus perdesaan. Untuk trayek yang lebih jauh ada bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Jenis khusus lainnya adalah bus shuttle (ulang-alik), bus pariwisata, bus sekolah, bus tingkat, bus plat merah (milik negara) dan lain sebagainya.

Post Top Ad

MAIN MENU