Kamis, 25 Januari 2018

Fotografi dengan kamera smartphone




Fotografi dengan kamera smartphone - di jaman  ini perkembangan teknologi fotografi smartphone yang  memproduksit hasil fotonya semakin sulit dibedakan dengan foto dari kamera digital lainnya dalam keadaan tertentu. Kamu yang senang fotografi tapi terbatas dengan alat yang ada, yuk maksimalkan smartphone yang ada di tangan kamu lewat beberapa tips berikut ini.


Fotografi dengan kamera smartphone- smartphone  yang dimiliki oleh sebagian besar manusia di jaman modern ini tak terlepas dari fasilitas kamera. Berbagai jenis kamera telah terkandung pada jenis-jenis smartphone yang sangat beragam. Semenjak kamera berkualitas standar sampai yang kualitasnya premium. Bagi anda yang memiliki hobi fotografi, baik terhadap suatu objek maupun fotografi pemandangan alam pasti kamu akan selalu menggunakan kamera smartphone anda.


Fotografi dengan kamera smartphone -ada saatnya kita merasa ingin memperoleh hasil foto yang kelihatan  profesional seperti kebanyakan kamera SLR . Menggunakan fotografi dengan kamera smartphone , maka bukan hal yang mustahil bagi anda jika akan mendapatkan hasil foto yang  bagus dengan kamera-kamera profesional .


Macam-macam tips fotografi dengan kamera smartphone








1. Pahami kamera smartphone yang digunakan

Pertama anda harus  mengenali seluk beluk kamera yang terpasang di smartphone anda .Mengubah  resolusi, brightness, shooting mode, contrast, dan lainya.

2. Lebih dekat dan lengkapi viewfinder

Saat anda berada jauh dari objek foto, anda hanya akan menghasilakan figure kecil yang kalah dari background lainnya. Untuk menghasilkan foto yang bagus lebih baik  hindari fitur zoom karena dapat  mengurangi kualitas gambar.Sebaiknya yang anda lakukan adalah mendekat dan penuhi viewfinder atau layar smartphone dengan objek foto anda.

3. Selalu ingat komposisi Rule of Thirds

Anda tidak selalu dapat menempatkan objek foto di tengah frame. Jika anda ingin mendapatkan  foto yang dihasilkan senatural mungkin, gunakanlah komposisi Rule of Thirds. Pemikiran di balik komposisi Rule of Thirds adalah untuk memisahkan frame menjadi tiga bagian yang sama, baik secara horizontal maupun vertikal.Sebagian kamera smartphone mempunyai pengaturan yang akan menempatkan garis-garis ini untuk mempermudah melihat komposisi terbaik saat mengambil gambar. Titik di mana garis-garis ini berpotongan di mana anda harus menempatkan objek foto di frame. 


4. Dapatkan pencahayaan terbaik

Pencahayaan natural sering menghasilkan warna foto yang lebih baik dibandingkan foto yang diambil dengan flash kamera. Jika anda mengambil foto di dalam ruangan, carilah cahaya buatan atau cahaya kecil yang natural untuk merefleksikan hasil foto anda.

5. Gunakan objek manusia untuk hasil yang lebih baik

Pemandangan indah yang terlihat oleh mata akan sangat sulit diabadikan hanya dengan kamera smartphone. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakan objek manusia dalam foto tersebut. Hal tersebut mendapatkan hasil foto lebih pribadi dan memorable. Tentu akan memberikan nilai lebih indah untuk pemandangan tersebut. 

Fotografi dengan kamera smartphone unik








1. Anda dapat gunakan mode panorama untuk menggandakan dirimu

Agar foto pemandangan tidak monoton, gunakan trik panorama untuk mengambil foto lanskap. Selain memotret pemandangan,ambisi narsis anda pun dapat lebih maksimal dengan langkah  ini. langkahnya mudah sekali . Setelah mengambil foto di awal,lakukanlah model untuk berlari lewat  jalur belakang punggung anda dan berpindah sesuai arah panning pergerakan smartphone anda. Bisa jadi memang cukup melelahkan bagi sang model, namun hasil yang anda dapatkan dijamin tak akan mengecewakan.

2. Mode panorama juga dapat digunakan saat anda mengambil gambar lanskap kota dari dalam kendaraan

Saat dalam perjalanan jauh, rasa jenuh seringkali datang dan tak ampuh jika hanya diusir menggunkan alunan musik saja. Nah, salah satu cara alternatif mengusir rasa jenuh anda bisa dengan mengandalkan kamera dalam smartphone anda.

3. Tidak perlu lensa eksternal, efek lensa zoom pun dapat anda dapat dengan mengandalkan teropong binocular

Anda dapat memanfaatkan cara tersebut untuk mengambil foto yang jaraknya jauh atau untuk mengcandid peristiwa menarik lainnya yang berada jauh dari posisi anda.

4. Teteskan satu butir air ke lensa kamera anda demi mendapatkan gambar makro yang cantik

Bila anda tidak mempunyai lensa makro untuk mengambil foto-foto artistik dari jarak yang sangat dekat,anda dapat melakukan trik simpel ini agar menghasilkan foto makro yang mengagumkan. Cukup siapkan segelas air dan sedotan, lalu ambil setetes air dengan menggunakan sedotan kemudian teteskan di atas lensa kamera smartphone anda, hingga air akan memenuhi ruangan kecil yang berada diatas lensa sehingga tidak perlu takut air itu akan menetes.Perhatikan, untuk tetap berhati-hati ketika anda akan meneteskan setetes air ke smartphone, lakukan secara pelan supaya air tidak merembes ke  tempat lain dan merusak smartphone anda.

5. Alumunium foil dapat menjadikan reflektor versi murah meriah yang dapat membuat fotomu lebih bernyawa

Ada lagi cara yang anda gunakan untuk mendapatkan  foto diri yang mengagumkan dengan menggunakan aluminium foil atau reflektor matahari yang dapat ditaruh di kaca mobil bagian depan. Letakkan di depan bagian bawah, posisikan badan anda dengan mengarah ke arah cahaya matahari berasal, kemudian ambillah sebuah foto dan lihatlah hasilnya yang mengagumkan. Tidak perlu reflektor khusus yang berharga ratusan ribu untuk dapat menghasilkan foto yang keren.


Aplikasi untuk fotografi dengan kamera smartphone     







1. Camera Zoom FX

Camera Zoom FX yaitu salah satu aplikasi fotografi dengan kamera smartphone terbaik di platform Android. Aplikasi ini disertai dengan fitur-fitur keren supaya anda dapat mengambil gambar lebih bagus, contohnya seperti mode stable-shot yang hanya mengambil gambar ketika kamera anda cukup stabil, mode memotret lewat suara, mode tap-to-focus dan tap-to-snap, serta grid yang dapat membantu anda dalam menerapkan Rule of Thirds ataupun Golden Ratio untuk mengatur komposisi foto anda.

2. Camera FV-5

Camera FV-5 juga dapat menjadikan opsi aplikasi fotografi dengan kamera smartphone . Aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur yang sama, namun juga membantu anda dalam mengontrol aplikasi ini lebih pada kamera dan elemen foto yang tidak dapat dijangkau sebelumnya, seperti exposure time, aperture, light metering, dan sebagainya. Lalu, anda dapat mengambil gambar long exposure dengan mudah. Viewfinder-nya bahkan dilengkapi dengan live RGB histogram.
  
3. Manual


Bagi anda pengguna iPhone, anda juga dapat mengakses kontrol kamera lebih  lewat jalur Manual. Aplikasi ini membantu anda dalam keleluasaan lebih pada kamera ponselmu dengan membagikan akses pada pengaturan shutter speed, ISO, white balance, focus, dan exposure.Setelah selesai melakukan penyuntingan, semua foto anda akan disimpan pada Camera Roll di ponsel anda.

4. Camera Plus

Camera Plus yaitu salah satu aplikasi kamera terbaik yang dapat anda gunakan sebagai opsi dari aplikasi kamera bawaan di iPhone anda. Aplikasi ini memfokuskan fitur-fitur seperti three focus mode, “Lumy” untuk pencahayaan yang sempurna, focus shift, serta sejumlah filter foto. Dengan aplikasi ini, anda dapat menyatukan dua perangkat iOS dengan “AirSnap” agar dapat mengambil foto dari jarak jauh dengan membuat salah satu perangkat anda sebagai remote shutter dan layar preview.


5. VSCO Cam 

VSCO Cam (dibaca Vizco Cam) merupakan aplikasi kamera yang didesain secara bagus sebagai pengalaman berfoto yang simpel, mudah dan tanpa gangguan. Meskipun simpel, aplikasi ini tetap mempunyai fitur-fitur seperti fokus manual, shutter speed yang dapat diatur, white balance dan exposure compensation. Selain itu, VSCO Cam juga selaras dengan platform publikasi foto, VSCO Grid, di mana anda juga dapat berbagi foto dan memperlihatkan foto-foto menarik dari fotografer lainnya.


Komunitas fotografi dengan kamera smartphone





1. Mata Ponsel

Komunitas yang mempunyai slogan "Melalui Mata Ponsel Kita Bicara" telah mempunyai 7.000 followers di akun instagram @mataponsel. Komunitas ini aktif untuk mengadakan hunting foto di berbagai daerah. Mata ponsel juga dapat menumbuhkan fotografi ponsel dengan bermacam-macam tema seperti Landscape, Levijump, dan BW.

2. Kofipon

Komunitas Fotografi Ponsel (KoFiPon) berdiri sejak 17 Maret 2009. Anggota dari komunitas ini terpencar di seluruh Indonesia dengan berpusat di Yogyakarta. Kofipon mempunyai slogan "Bukan masalah kameranya, tapi siapa di belakang kamera itu yang mengambil gambar!". Dalam komunitas ini siapapun bebas untuk memberikan hasil foto mereka, dalam website Kofipon termuat berbagai cara yang dapat anda ketahui sebab komunitas ini berpusat  kepada pengajaran Teknik Memotret itu sendiri.

3. Kompe Mopahe

Komunitas ini bermula dari blog yang mempertunjukkan hasil foto ponsel pribadi. Lalu tumbuh menjadi grup di facebook sebab ada orang-orang yang terrikat untuk berbagi hasil foto mereka. Komunitas ini mempunyai slogan “Bersama KompeMopahe Tak Ada Alasan Untuk Tidak Bisa Memotret Lagi”. Blog ini menjadi tempat komunitas tersebut supaya dapat memamerkan karya-karya serta berbagi cerita melalui foto.

4. CoferONE

CoferONE di buat oleh Marken Nainggolan pada 6 November 2011. Bermula dari menampilkan foto di media sosial kaskus yang nyatanya disukai oleh penggemarnya. Kemudian dibentuklah grup di media sosial facebook. Komunitas ini tidak hanya berpusat untuk saling membagikan foto. Di website coferONE kita juga bisa mempelajari tips dan trik fotografi ponsel seperti Studio Mini, Lensa Macro, dan Lampu LED. 


Post Top Ad

MAIN MENU