Kamis, 25 Januari 2018

Berbagai Jenis Makanan Tradisional Yang Terkenal Dari Pulau Jawa Khas Indonesia









Makanan Tradisional Khas Indonesia-Makanan tradisional/khas ini terdiri dari beberapa macam olahan yang sering dikonsumsi oleh beberapa masyarakat, dengan berbagai selera  yang diterima di masyarakat. Masyarakat Indonesia  sangat meyakini khasiat dari aneka makanan tradisional, misalnya cikur, tahu, bawang putih, madu, kunyit, kacang hijau, ikan laut, ikan darat dll.

 Makanan Tradisional Khas Indonesia juga memiliki khasiat  yang lain contohnya: Bahan tanpa pengawet, akan tinggi gizi, sehat dan tentunya aman,sangat murah dan tidak sulit didapatkan, sama dengan lidah masyarakat indonesia dan dapat dipercaya akan energi yang cukup baik sebagai makanan.

 Makanan Tradisional Khas Indonesia yaitu semua jenis makanan dari berbagai daerah di Indonesia, mulai  makanan pokok, ringan dan minuman, yang terdapat banyak kandungan gizi, serta sering dikonsumsi oleh masyarakat daerah setempat tersebut dengan beragam dan berbagai jenis bahan dasar, maka dapat menghasilkan bermacam-macam jenis makanan tradisional yang sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang nikmat dan gizi seimbang.Cara pengerjaannya juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan ragam variasi semisal: Dengan dibakar, diasapi, dipepes, digoreng di panggang ditumis dan di kukus.

Makanan Tradisional Khas Indonesia dipengaruhi dari kebiasaan makan masyarakatnya serta di sebabkan beberapa faktor bahan pangan yang ada di daerah-daerah tersebut.Makanan tersebut disenangi oleh banyak orang, karena rasa, struktur dan aromanya sesuai dengan lidah orang-orang yang ada di daerah tersebut.Makan khas daerah biasanya tidak mudah untuk berubah, meskipun anggota etnik yang bersangkutan bermigrasi ke daerah lain.


Jenis Makanan tradisional Khas Indonesia



mie aceh,soto medan,dendeng batotok


1.Mie Aceh
    
Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas daerah Aceh. Bahan utamanya adalah mie Aceh, terbuat dari mie kuning atau juga mie telor dengan tambahan irisan daging sapi dan bisa juga dengan menggunakan daging kambing, atau bisa diganti oleh makanan laut misalnya tongkol, bandeng, atau udang. Bisa juga disajikan dalam semangkuk sup kari yang gurih dan juga pedas.
Mie aceh terbagi dalam tiga jenis yaitu  mie Aceh kering atau goreng,mie aceh kuah atau sup dan mie Aceh setengah basah. Bisa juga ditaburi bawang goreng serta disajikan dengan emping, potongan bawang merah,potongan mentimum, dan jeruk nipis yang di belah.

2.Soto Medan

Soto Medan mempunyai kuah yang cukup kental karena dimasak dengan kuah santan yang baru pertamakali diperas.bisa disajikan dengan perkedel kentang yang kaya dengan rempah-rempah, adapun bumbu jintan sebagai penyedap selera yang dilengkapi oleh kentang, telur, empimg,tomat,dan bawang merah. soto medan juga mempunyai dua pilihan yaitu soto daging sapi dan soto ayam. Dan  adapula yang menambahkannya dengan tauge serta bihun sebagai pelengkap soto.

3.Dendeng Batotok

Dendeng batotok yaitu suatu makanan khas yang berasal dari daerah Sumatera Barat, yang terbuat dari beberapa irisan tipis atau juga lebar daging sapi, setelah itu diiris tipis melebar kemudian dipukul-pukul sampai lunak dengan batu cobek supaya daging menjadi lembut.lalu kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris cukup besar.

Makanan Tradisional Khas Indonesia Dari Daerah Jawa Tengah





1.Lumpia Semarang

Lumpia yaitu makanan khas dari semarang, semua orang pasti tau kalau ditanya tentang lumpia. Lumpia sangat enak lho kalau dimakan saat masih hangat. Lumpia enak juga di makan dengan saus maupun cabe rawit, wah tambah menggugah selera aja tuh. Lumpia dapat di isi dengan beragam isian, bisa di isi dengan ayam, bihun jagung, sayur-sayuran dan udang pun bisa. jika kalian berkunjung ke Semarang, tidak ada salahnya mencoba makanan yang satu ini.

2.Tempe Mendoan

Makanan ini berasal dari daerah Banyumas dan juga Purwokerto. Tempe Mendoan ini juga sebenarnya sama kaya tempe goreng seperti biasa, diselimuti oleh tepung. yang membedakannya adalah nama mendoannya sendiri, mendoan artinya yaitu memasak dengan minyak panas yang cukup banyak dengan cepat sehingga tekstur tempenya tidak terlalu matang. Tentunya  sekarang tempe mendoan sudah ada dimana mana nggak cuma ada di daerah Banyumas maupun Purwokerto saja. Di seluruh daerah Jawa Tengah hampir ada makanan yang satu ini lho. Bahkan hampir di setiap besar angkringan yang berlabel gorengan pasti semuanya ada tempe mendoan ini. Sampai-sampai,sekarang tempe yang digoreng tepung  sampai garing juga bahkan disebut mendoan.

Makanan Tradisional Khas Indonesia Dari Daerah Jawa Barat





1. NASI LENGKO

Mengenal nasi lengko, racikan tersebut adalah percampuran antara nasi dengan isian berupa sayur dan gorengan, contohnya seperti tahu dan tempe goreng, beserta daun kucai, mentimun, dan tauge. Untuk menambahkan dan membuat rasa yang lezat, bisa ditambah juga dengan ditambahkan saus kacang yang mrmpunysi rasa yang sangat gurih.

2. TAPAI KETAN


Olahan yang memiliki nama tapai ini mempunyai suatu ciri khas yang dibuat dengan cara yang lumayan unik yaitu dengan cara difermentasi, ada juga dengan tapai ketan yang merupakan olahan khas daerah dari Kuningan. Pengolahan tapai ketan tersebut juga, bisa menggunakan bahan dasar seperti beras ketan, bisa menggunakan ketan hitam ataupun ketan putih, namun biasanya kebanyakan orang memakai jenis ketan yang putih.


3. TAHU KUNINGAN 

Biasanya, tahu dibuat dari bahan biji kedelai dengan suatu proses yang disebut fermentasi,agar bisa menghasilkan suatu olahan tahu yang maksimal atau sempurna. Proses tersebut juga tentu terjadi pada proses pembuatan tahu Kuningan, adapun perbedaannya dengan tahu biasa yaitu bentuknya yang bisa di bilang lebih padat dengan rasa yang sangat gurih. Untuk ukuran sebuah makanan cemilan khas dari Jawa Barat tentu ini juga tidak boleh terlalu besar, dikarenakan hampir sama dengan tahu sumedang, tetapi tahu sumedang mempunyai isian kopong. Dikarenakan tekstur dan isian yang lebih cenderung padat, tahu kuningan tentunya sangat tepat bila dimakan sebagai cemilan ataupun ataupun sebagai lauk, karena cukup bisa untuk mengenyangkan perut.

Resep makanan Tradisional khas indonesia
















1. Cara membuat makanan tradisional khas indonesia nasi goreng rumahan
 Bahan :

  1. -Nasi 600 gr atau bisa atur sesuai porsi
  2. -Daging ayam bisa juga pakai dain sapi 125 gr Cincang sampai benar benar halus
-telur 1 butir.Kemudian kocok telur tersebut
-Bawang merah  kurang lebih 6 siung 
-Bawang putih 4 siung
-Cabai merah 4 buah 
-Daun bawang 1 batang.
-Iris halus Kecap manis 
-2 sdm Garam 
-1 sdt Merica 
-Minyak kurang lebih 2 sdm

Cara membuat resep makanan tradisional khas Indonesia nasi goreng.
Masukkan bawang merahnya, bawang putihnya juga, dan cabai merahnya juga jangan lupa ke dalam cobek kemudian haluskan bisa dengan cara di ulek atau di blender. Goreng telur menjadi orak-arik lalu kemudian sisihkan yaaa. jangan lupa bumbu yang sudah dihaluskan lalu di tumis dengan minyak secukupnya ooke sesuai perkiraan aja. Tumis terus hingga harum. Masukkan daging ayam cincang atau daging sapi cincang, telur, dan juga daun bawangnya ke dalam bumbu. Tumis lagi sampai semuanya merata. Tambahkan kecap manis atau yang ga suka bpoleh diganti dengan kecap pedas, dan merica juga. aduk  sampai rata. Baru setelah itu masukkan nasi dan jamgan lupa  aduk sampai  merata. Nasi goreng sudah jadi dan sudah siap untuk di sajikan pada piring. Sudah dijelaskan yah sebelumnya bahwa nasi goreng  itu banyak macamnya. Tidak hanya cara membuat nya saja tentunya

Post Top Ad

MAIN MENU