Rabu, 06 Desember 2017

Tempat Pensil Kain Flanel Dan Cara Membuatnya


tempat pensil dari kain flanel




Tempat pensil kain flanel­ Tempat pensil Anda rusak atau hilang? Jangan terburu untuk imengganti dengan yang baru atau beli membeli tempat pensil yang baru. Karena , Anda dapat membuat tempat pensil sendiri  tanpa harus banyak mengeluarkan modal yaitu membuatnya dengan menggunakan kain  flanel. Tempat pensil yang terbuat dari kain flanel ini lebih praktis dan mudah dibuat  dan juga  tahan lama dibandingkan dngan  tempat pensil plastik atau besi atau dari bahan  lainnya . 
Selain tempat pensil juga bisea membuat kerajinan lainnya dari kain flanel.


Berikut dan  kerajinan dari kain flanel dan cara membuatnya :


Banyak sekali  tentunya diantara kalian yang ingin membuat kerajinan dari kain flanel tapi gak ada ide dan bingung dengan cara membuatnya , jangan bingung ya gusy di artikel ini kami menyediakan beberapa kerajinan dari kain flanel  beserta  cara membuatnya .

1.Kerajinan hiasan toples dari kain flanel .

Kerajinan hiasan toples dari kain flanel .

Utuk membuatnya kita perlu menyiapkan bahan seperti berikut  :
BAHAN DAN ALAT : 
1. Kain flanel aneka warna ( bisa juga memakai kain sisa konveksi)
2. Manik-manik
3. Toples plastik (ukuran sesuai selera)
4. Gunting
5. Benang dan Jarum
6. Lem (Glue Gun)


Cara Membuat Toples Hias dari Kain Flanel


§  Potong kain flanel dengan gunting membentuk pola. Toples yang dipakai berbentuk harus bulat. Gunting kain flenel membentuk lingkaran untuk menutupi dasar penutup toples, dan membentuk persegi panjang untuk menutupi sisi toples
§  Gunting kain flanel membentuk lembaran-lembaran kecil panjang. Lalu tempel pada sisi-sisi toples kue
§  Lalu hias sisi bawah toples dan pinggiran sisi tutup flanel dengan menggabungkan potongan panjang flanel berbeda warna kemudian di plintir-plintir dan di tempelkan maka akan kelihatan seperti kream lembut pada sisi kue
§  Untuk hiasan silahkan berkreasi sendiri. Bisa dibentuk bunga, buah, kue, dan lain-lain. Dapat pula ditambahkan manik-manik dan payet di atasnya
§  Terakhir, lem semua hiasan tadi di atas permukaan flanel (yang ditempel di tutup toples)
§  Toples hias yang cantik, unik, lucu, imut, murah, dan meriah dari kain flanel sudah jadi! Sekarang toples ini siap diisi dengan kue-kue khas lebaran atau natal, kancing dan benang, dan tempat lainnya.

 2. Tempat HP Dari Kain Flanel


Tempat HP Dari Kain Flanel


Jika ingin membuat kerajinan tempat hp dari kain flanel kalian perlu menyiapkan alat dan bahan seperti berikut :
§  Kain Flanel
§  Karton susu
§  Kertas
§  Gunting
§  Kancing
§  Jarum Jahit
§  Pensil/Ballpoint
§  Lem Bakar / Glue Gun
§  Benang Sulam
§  Cutter atau Silet

Tutorial Cara Membuat Tempat hp Dari Kain Flanel 



§  Gambar pola hp kamu di karton susu bekas
§  Gunting karton susu bekas sesuai pola hp kamu yang telah digambar
§  Gambar bagian belakang tempat hp di kertas karton yang lain.
§  Berilah jarak antar bagian tempat hp ( 1,5 cm-2 mm ) pada setiap bagian, kemudian rekatkan dengan solasi kertas pada kedua bagian.
§  Lalu tempelkan kain pada karton tempat hp
§  Kemudian setrika tempat hp nya supaya kain dapat merekat kuat pada karton.
§  Potong kain dan bagian lainnya jangan sampai lupa beri sisa berkisar 1 – 2 cm
§  Potong bagian sisi tempat hp
§  Kemudian rekatkan dengan setrika.
§  Pasang pita karet elastis pada tempat hp
§  Pasang dan beri Kain Flanel di bagian dalam tempat hp
§  Tempelkan bagian 3 pada tempat hp ke bagian 2 pada pola tempat hp
§  Selesai

 Berikut beberapa contoh kerajinan dari kain flanel , selain itu juga ada tutorial buat kalian yang baru pemula semoga bisa membantu dan bermanfaat .

 Tutorial kerajinan kain flanel untuk pemula :


Bagi kalian yang baru pemula ingin melakukan kerajinan dari kain flanel gak perlu khawatir , di artikel ini kaian bisa menemukan cara atau tutorial untuk kalian yang baru pemula.

1. Boneka dari Kain Flanel

boneka dari kain flanel

Anda dari awal mungkin sudah sering menemui dengan boneka kerajinan tangan dari kain flanel ini,boneka ini tentunya gak kalah menarik denngan boneka lainnya yang terbuat dari bahan lain , biasa terbentuk dengan berbagai macam dan ukuran yang berbeda-beda dan warna yang berbeda pula .

2. Bunga Bros



bunga bros dari kain flanel

Selain untuk membuat boneka kain flanel juga bisa digunakan juga untuk membuat bros . ingin Buat bros sebagus yang ingin Anda buat atau untuk bisnis penjulan nanati biasa penggunaan ada yang minta untuk perayaan pernikahan dalam memorial,  dan jadilah suatu undangan pernikahan yang sangat indah pastinya dan juga menarik perhatian.


3. Tas Kain Flanel


tas dari kain flanel


Kain flanel juga bisa digunakan untuk memuat tas ,Tas lucu dan cantik yang sangat menarik perhatian yang  terbuat dari kain flanel tentunya  berbeda dari yang lain yang tak kalah menariknya bisa dibuat sesuka hati semau anda bisa dibuat dari kain flanel.
Dan yang terakhir adalah cara membuat tempat pensil dari kain flanel :

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel :

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel


Kalau kamu sedang mencari tempat pensil tapi tidak menemukan satupun yang ukurannya pas dengan tasmu, atau kurang keren dan spesial,  intinya kurang puas jangan takut  buat saja sendiri. Tenang aja Ada kok cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang mudah dipraktikkan oleh siapa pun, dan juga simple  termasuk olehmu tentunya. Berikut ini adalah panduan untuk membuatnya :
Sebelumnya anda harus mempersiapkan bahan seperti berikut :

Alat dan Bahan

  • Segulung kain flanel dengan warna pilihanmu
  • Kancing berukuran besar
  • Gunting
  • Kain pita 30 cm
  • Benang warna senada dengan kain flanel (atau warna pilihanmu)
  • Jarum
Seetelah alat dan bahan diatas semuanya siap maka baru kita ke tahap berikutnya yaitu  :


Lagkah – Langkah Membuatnya :
1. Gunting Kain Flanel dalam Dua Ukuran.
Gunting kain flanel yang sudah kamu sediakan menjadi dua ukuran berbeda. Ukuran pertama disesuaikan dengan peralatan tulismu yang paling panjang plus penambahan beberapa sentimeter. Untuk yang kedua, guntinglah dengan ukuran lebih panjang sekitar 10-15 cm dari kain flanel yang pertama. Untuk lebarnya, kamu cukup menguntingnya dengan ukuran sekitar 10-12 cm.
2.Mulai Jahit Tiap SisiKain
Setelah memiliki dua ukuran kain yang berbeda, saatnya menggabungkan keduanya dengan cara menjahitnya. Jahit keseluruhan pinggiran kedua kain dengan teknik jelujur agar mudah, tapi tetap kuat. Ingat, bagian atas kain jangan dijahit karena akan menjadi tempat keluar-masuk peralatan tulismu kelak.
3. Pasangkan Kancing di Kain yang Lebih Pendek
Kalau jahitanmu di sepanjang sisi kedua kain sudah sempurna, saatnya kamu memasang pengait di bagian tertentu untuk mengunci tempat pensil ini kalau sudah terisi. Pasangkan kancing yang sudah kamu siapkan di kain yang lebih pendek. Sesuaikan posisinya di bagian atas tengah agar mudah dijangkau oleh sisa kain yang lebih panjang nantinya. Kamu bisa memasang kancing tersebut dengan teknik menjahit yang mudah, asal kencang.
4. Jahit Pita di Kain yang Lebih Panjang
Sebagai pasangan pengait kancing yang telah terpasang, kamu bisa menggunakan pita. Nantinya, tempat pensil tersebut bisa dibuka dan ditutup dengan hanya melingkarkan pita di sekeliling kancing. Untuk menjahitnya, pilihlah tempat di bagian atas belakang kain flanel yang lebih panjang. Kalau malas, kamu pun bisa menggunakan lem kuat untuk memasangkan pita tersebut di bagian kain flanel yang telah ditentukan.
5. Tempat Pensil Sederhanamu Bisa Langsung Dipakai












 

 










Post Top Ad

MAIN MENU