Sabtu, 09 Desember 2017

Kerajinan Lucu dan Unik Dari Kain Fanel

Kerajinan

-      KerajinanMungkin untuk sebagian orang tidak suka hal-hal yang sulit dan membuat ribet diri sendiri, apalagi sekarang di mall-mall atau toko-toko sudah banyak yang menjualnya. Namun, bagi beberapa orang dari kita yang menyediakan waktunya untuk membaca dan menyimak artikel ini pasti ada yang memiliki niat dan kemauan untuk belajar kreatif dan produktif sehingga perlu melatih diri untuk membuat sesuatu yang baru dan berhubungan dengan keterampilan. 

     Nah salah satu caranya ya dengan membuat suatu seni kreasi tempat hp yang menarik dan lucu tentunya. Cara membuat tempat hp dari kain flanel ini dapat dikreasikan dengan hiasan-hiasan menggunakan karakter tokoh-tokoh kartun atau hal-hal lainnya sesuai minat dan kesukaanmu, ya bisa dikatakan pembuatan case hp ini dapat dicustom sendiri. Yang pasti hiasannya bisa kita rancang sendiri sesuai kemauan dan kesukaan Anda dan sudah pasti hasilnya akan tampak lucu dan keren.
Nantinya di artikel ini Anda akan mendapatkan tentang berbagai macam kreasi kerajinan tangan dari kain flanel,case hape cantik dari kain flanel, dan cara membuat case hape dari kain flanel yang semoga bermanfaat dan menarik untuk dijadikan koleksi. Bukan hanya beberapa saja tapi banyak sekali ide tentang kerajinan tangan dari kain flanel yang sangat bernilai seni dan harga tapi disini saya akan menampilkan beberapa saja yang semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Berikut penjelasannya :

Beberapa contoh kreasi kerajinan tangan dari kain flanel :

  • Alas gelas dari kain flanel

Kerajinan
Gambar by: flanelkami.wordpress.com

Alas gelas dari kain flanel ini cukup mudah untuk dibuat. Anda hanya buat polanya saja. Pola dasar dan pola isi. Untuk pola dasar bisa berbentuk persegi dengan potongan sisi bergerigi. Pola isi atasnya juga dipotong bergerigi dengan bentuk hati atau yang lainnya. Untuk lebih mempercantik tampilan alas gelas tersebut, pola atas bisa diberi hiasan jahit pada sisi tepi. Setelah pola dibuat dan dipotong, gabungkan keduanya menggunakan lem tembak. Oleskan lem secara merata  supaya merekat lebih kuat. 
Alas cangkir/gelas ini bisa juga untuk Anda jadikannproduk bisnis atau sekedar dagang kecil kecilan. Anda bisa buat secara grosir atau partai besar dengan bentuk-bentuk lainnya. Semakin banyak variasi, maka semakin banyak pula pilihan produknya. Jadi pelanggan Anda dapat mendapatkan kepuasan saat akan membelinya.

  • Amplop Dari Kain Flanel

Kerajinan
Gambar by: www.fatinia.com

Kerajinan tangan dari kain flanel yang unik berikutnya adalah amplop. Dengan menggunakan kain flanel, anda bisa membuat sebuah amplop yang cukup menarik dan bisa juga digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk mengemas sebuah kartu ucapan atau surat kepada seseorang yang spesial. Tidak hanya pada sebatas amplopnya saja yang dihias, isi amplonya pun bisa Anda hias dengan pernak-pernik dari kain flanel.

  • Sepatu Anak Dari Kain Flanel

Kerajinan
Gambar by: www.pinterest.es

Salah satu kerajinan tangan dari kain flanel berikutnya adalah sepatu anak. Dengan menggunakan bahan kain flanel yang lembut, sangat cocok untuk membuat sepatu untuk buah hati Anda. Anda bisa membuat sepatu untuk si kecil dengan desain sesuai selera Anda. Caranya juga tidak sesulit membuat sepatu dewasa. 
Untuk sepatu jenis seperti ini tidaklah terlalu rumit, yang terpenting adalah nyaman untuk dipakai agar buah hati andapun suka untuk memakainya. Tidak hanya itu saja, sepatu dari kain flanel ini juga memiliki kelebihan. Di antara kelebihanya yaitu bisa custom desain, mencari bahannya juga cukup mudah serta cara membuatnya juga tidak sulit. 
Cukup dibutuhkan kain flanel, gunting, benang dan jarum saja untuk membuatnya. Potong polanya sesuai dengan ukuran kaki anak Anda, kemudian jahit dengan menggunakan jarum dan benang yang telah kamu siapkan. Selanjutnya tambahkanlah beberapa hiasan yang bisa mempercantik sepatu anak yang Anda buat. Terakhir, cek ulang apakah ada jahitan yang tertinggal dan kurang rapih. Setelah semuanya siap atau selesai, kerajinan tangan dari kain flanel berbentuk sepatu siap digunakan.  Dan kerajinan kain flanel yang selanjutnya adalah

  • Case Hape Cantik Dari Kain Flanel

Kerajinan
Gambar by:http://indonesia-product.com

Cara membuatnya juga tidak perlu menggunakkan mesin jahit, tentu saja hal itu mengingat karena memang tidak semua orang punya mesin jahit, meski Anda punya, Anda juga belum tentu bisa mengoperasikan mesin jahit tersebut. Jadi untuk cara gampangnya gunakan saja cara menjahit versi manual yang 100% simple bahkan Anda tidak harus memiliki kemampuan mahir dalam menjahit. Berikut cara membuat case hape cantik dari kain flanel :
Bahan – Bahan yang diperlukan :
1.    Kain flanel (disarankan minimal 2 warna)
2.    Gunting
3.    Penggaris serta pensil
4.    Jarum serta benang sulam (bisa juga benang jahit biasa)
5.    Serta hape yang yang akan dipakaikan casing dari bahan flanel.

Dan inilah tutorial atau cara membuat case hape cantik dari kain flanel :
1.    Penentuan Ukuran
Hal yang paling mendasar yang bakal Anda lakukan adalah penentuan ukuran yang akan digunakan nantinya. Misalkan saja sebuah hp dengan dimensi panjang lebar ukuran 13 cm x  7 cm, maka kain flanel yang digunakan tersebut juga harus digunting dengan ukuran (13 x 1,5) x (7 + 1) = 19,5 cm x 8 cm. Jadi yang perlu Anda perhatikan disini adalah lebar dari casing harus disesuaikan dengan lebar hp sobat ditambah dengan total panjang 1 cm, sedangkan panjangnya dikalikan  1½ lipat atau maximal kalian bisa membuatnya 2x.
2.            Aksesoris
Anda dapat membuat gambar diatas kain flanel. Sebagai contohnya Anda coba untuk membentuk bunga sembarang dengan lebar 3 cm, tentu saja ini bisa kalian kreasikan sendiri, lalu buat kembali gambar yang lebih kecil di kain yang berbeda warna, dengan total kurang lebih ada sebanyak 5 ~ 6 buah bunga.
3.            Manual Sewing
Selanjutnya dapat Anda gabungkan kain flanel yang telah dipotong sesuai denga ukuran serta polanya. Semua jahitan yang dilakukan akan menggunakan teknik Tusuk Feston. Perhatikan juga hal ini, langkah awal dalam menjahitnya adalah menjahit aksesoris, bunga besar paling bawah kemudian ditumpuk dengan bunga yang lebih kecil selanjutnya dengan warna acak berbeda.
4.            Casing sewing
Langkah yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah dengan menjahit aksesoris bunga yang ada pada lembaran kain flanel yang berwarna krem (sebagai casing luar). Selanjutnya Anda bisa lanjutkan untuk menjahit kasing luar (krem) terhadap casing dalam (kelabu). Tapi jangan lupa, Anda harus membuat dulu lubang untuk masuk hp. Jika semua hal di atas telah selesai, Anda bisa menggunting bagian tengah dari kain flanel kelabu dengan cara menyisakan kiri serta kanan minimal 1/2 cm (untuk ruang jahitan).
4.            Penutup
Kalian bisa melakukan teknik jahitan tusuk feston tepatnya di bibir lubang masuk hp biar hasil terlihat lebih menarik. Selanjutnya adalah melakukan jahitan tangan sekeliling casing. Dan casing pun siap digunakan!
 Sekian artikel tentang kerajinan tangan dari kain flanel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda.




Post Top Ad

MAIN MENU