Sabtu, 18 November 2017

Tekhnik Membuat Celengan Dari Kardus Bekas Serta Contoh Kerajinan Kardus Lainya

Kerajinan Tangan Dari Kardus

Kerajinan Tangan Dari Kardus


Salah satu upaya pencegahan pencemaran lingkungan adalah dengan mendaur ulang barang bekas menjadi kerajinan. Kita bisa membuatnya menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti menjadi alat perabotan maupun hiasan untuk mempercantik ruangan.

Barang bekas tentu juga banyak sekali macam-macam nya. Ada kardus bekas, kaleng bekas, botol bekas, cd/dvd bekas dan lain-lain. semuanya dapat didaur ulang untuk menghasilkan sebuah kerajinan ,secara spesifik kali ini saya akan membahas tentang kerajinan dari kardus bekas.

Di indonesia terbilang sangat banyak sekali orang yang memanfaatkan hasil dari barang bekas, karena mereka mempunyai kreatifitas tersendiri untuk membuat bahan kerajinan tertentu. dan tentunya banyak sekali ide kerajinan yang bisa dikreasikan dari kardus bekas contohnya bisa berupa meja , kursi, tempat tidur, celengan dan masih banyak lainnya.



Tekhnik Membuat Celengan Dari Kardus Bekas


Tekhnik Membuat Celengan Dari Kardus Bekas


Teknik Membuat kerajian dari kardus – Ada banyak variasi yang bisa kita buat dengan mudah, semuanya tergantung pada kemampuan dan kreatifitas masing-masing dalam membuat suatu karya. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat kerajinan dari kardus, karena bahan utamanya hanya memerlukan kardus, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk mencari bahan lainya , tentu saja semua bahanya bisa di dapatkan disekitar rumah.banyak sekali bahan kardus yang bisa didaur ulang menjadi kerajinan tangan yang kreatif dan unik.

Alat Dan Bahan Yang Harus Disediakan :

- Kardus
- Cutter/Gunting
- Isolasi
- Cat
- Kuas

Langkah Pembuatan :

1. Pertama siapkan kardus dengan ukuran yang diinginkan, lalu potong kardus berbentuk persegi menggunakan gunting.

2. Bengkokan setiap ujung kardus sehingga membentuk sebuah kotak, jika sudah terbentuk maka rapatkan semua sisi nya menggunakan isolasi, setelah itu lubangi kotak bagian atas berbentuk persegi panjang dengan lebar 1cm dan panjang 3cm.

3. Jika lebar lubang kardus kurang, cobalah untuk memperbesarnya menggunakan cutter sehingga bagian dalam kotak sedikit terlihat dan lubang cukup untuk memasukan uang.

4. Setelah bagian – bagian nya selesai ,hias dan warnai juga bagian luar kardus anda dengan menggunakan cat, lalu keringkan kardus yang sudah dicat sampai benar-benar kering . jika sudah maka celengan kardus anda pun sudah jadi.


Contoh Kerajinan Kardus Lainnya

Kardus bekas seringkali kita jumpai diberbagai tempat dan akhirnya menjadi sampah yang mengotori lingkungan masyarakat. Tapi apakah anda benar-benar tahu, kardus bekas jika diberi  sedikit kreatifitas kardus  bisa dibuat menjadi kerajinan tangan  yang unik dan juga memiliki nilai estetik.  jika kamu mempunyai kardus bekas jangan mencoba untuk membuang nya terlebih dahulu,tapi cobalah untuk mendaur ulang dan  memanfaatkannya menjadi sebuah karya kreatifitas yang berguna.


Teknik Membuat Kotak Pensil Dari Kardus Bekas


Teknik Membuat Kotak Pensil Dari Kardus Bekas


Membuat kerajinan tangan yang satu ini tidak harus mengunakan bahan plastik maupun kaleng. karena Jika anda ingin mempunyai suatu yang berbeda dari yang lain anda dapat membuat kotak pensil untuk diri sendiri ataupun untuk dijadikan hadiah untuk orang lain, dengan menggunakan bahan pokok dari kardus.

Alat Dan Bahan Yang Harus Disediakan :

- Kardus
- Penggaris Dan Pensil
- Isolasi
- Gunting/Cutter
- Cat Dan Kuas

Langkah Pembuatan :

1. Langkah pertama siapkan kardus dengan ukuran yang selera anada, lalu potong kardus sehingga berbentuk seperti persegi menggunakan gunting.Sambungkan semua ujung kardus sehingga membentuk sebuah persegi panjang dengan ukuran panjang sekitar 7cm.

2. jika sudah anda rapatkan semua setiap sisi nya menggunakan isolasi, setelah itu ambil bagian atas persegi panjang kemudian potong agar terlihat seperti gelas berbentuk persegi panjang. Setelah bagian – bagian nya selesai ,hias dan warnai juga bagian luar kardus anda dengan menggunakan cat, lalu keringkan kardus yang sudah dicat sampai benar-benar kering. jika sudah maka celengan kardus anda pun sudah jadi.



Tekhnik Membuat Tas Modis Dari Kardus Bekas


Tekhnik Membuat Tas Modis Dari Kardus Bekas


Sebagian dari kaum wanita suka sekali dengan mengoleksi tas. sehingga berbagai macam merk dan model tas terkini pun dikoleksi. tapi, rasanya ada yang kurang jika kamu tidak mengoleksi tas dari hasil kerajinan kardus anda sendiri. akan terlihat lebih menarik lagi jika kamu yang membuat tas kamu sendiri.
Untuk membuat kerajiinan tas dari kardus bekas tidaklah terlalu rumit. Bahan maupun peralatannya  mudah didapatkan disekitar lingkungan.

Alat dan Bahan Yang Harus Disediakan :

 - Kardus
 - Tali rafia
 - Lem fox
 - Gunting/cutter
 - Tali
 - Kertas hias
 - Plastik transparan
 - Jarum kasur


Langkah Pembuatan :

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunting  kardus sesuai dengan bentuk tas yang diinginkan atau sesuai dengan selera anda.

2. Agar tas terlihat sangat modis, bungkus bagian luar kardus dengan kertas kado/kertas hias. Jika kamu memiliki bahan selain kertas hias untuk mempercantik bagian luar tas kardus, kamu bisa menggunakannya.

3. Agar tas yang dibuat tahan air dan mampu bertahan lama,pastikan lapisi tas kardus dengan menggunakan plastik transparan.

4. Langkah selanjutnya yaitu merangkai potongan kardus tersebut sehingga berbentuk menjadi  tas, gunakanlah jarum dan tali rafia untuk merangkai tas dengan cara menjahitnya.

5. Tahap terakhir yaitu memberikan lubang dan tali untuk pegangannya, sehingga tas dapat digendong ditangan.

6. Tas modis dari kardus pun sudah bisa digunakan dan dipakai.



Teknik Membuat Bingkai Foto Dari Kardus Bekas


Teknik Membuat Bingkai Foto Dari Kardus Bekas


Secara umum bingkai maupun figura sudah tidak asing bagi masyarakat yang muda, tua ataupun anak-anak sekalipun. Akan tetapi untuk sementara ini saya akan membagikan post tentang bagaimana teknik untuk membuat kreasi bingkai dari kardus sehingga telihat lebih menarik dan enak untuk dipandang, walaupun bahanya hanya terbuat dari kardus bekas saja.

Alat dan Bahan Yang Harus Disediakan :

- Kardus
- Gunting/Cutter
- Penggaris Dan Pensil
- Lem kayu/fox
- Cat warna & Kuas

Langkah Pembuatan :

1.  Langkah pertama Gunakan kardus bekas yang terlihat cukup bagus untuk dijadikan bahan kerajinan tangan.

2.  Kemudian Potong kardus sesuai dengan ukuran foto yang akan anda berikan bingkai, dan juga rapikan kardus yang belum terlihat rapi menggunakan gunting ataupun cutter.

3.  Setelah kardus terpotong, lalu potong lagi kardus tersebut menjadi empat dengan besar dan lebar yang sama agar ukuran nya pas.

4.  Langkah selanjutnya bersihkan setiap potongan kardus tadi, dan jangan lupa juga untuk membersihkan sampah bekas potongan-potongan kardus agar tidak berserakan.

5.  Setelah itu , ukur kira-kira 1 cm lalu tancapkan ujung pisau yang berujung tajam dan ketukan secara perlahan kardus pada pisau, kemudian angkat dan tarik. Maka anda akan mendapatkan garis lurus pada kardus.

6.  Dan juga potong setiap ujung sekitar 90 derajat, karena setiap ujung diagonal dapat digunakan untuk hiasannya. Sambung keempat ujung tadi, menggunakan stepler.

7.  Berikan warna sesuai kenginan anda pada menggunakan cat, agar terkesan memberikan keindahan bingkai dan memiliki nilai estetik.

8.  Langkah terakhir keringkan bingkai yang sudah diberi cat sehingga bingkai siap untuk digunakan.

Post Top Ad

MAIN MENU