Sabtu, 18 November 2017

Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

ilustrasi virus pada komputer

Pengertian Virus Komputer

Virus komputer merupakan sebuah program komputer yang bekerja dengan cara memperbanyak jumlahnya sendiri serta menyebar dan menyisipkannya ke dalam program atau berkas lain dalam sebuah komputer. Cara kerja virus komputer tidak jauh berbeda dengan virus biologis pada makhluk hidup yaitu dengan cara menyisipkan dirinya sendiri kedalam sel makhluk hidup. Virus komputer bisa saja merusak software maupun hardware. Pada software virus bekerja dengan cara memuat program yang memaksa komputer untuk over process sedangkan pada hardware virus bekerja dengan cara menjalankan sebuah program hardware sampai melebihi batas hardware tersebut. Virus komputer memperbanyak dirinya sendiri, yang menyebabkan sumber daya pada sebuah komputer (seperti penggunaan RAM) menjadi berkurang signifikan. Kabar buruknya hampir 95% virus komputer ditujukan untuk sistem operaasi berbasis Windows, yang merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di negara kita. sedangakan 5% Sisanya menyerang sistem operasi Linux, FreeBSD, Mac OS, danS un Operating System. Jenis virus komputer yang ganas akan merusak perangkat keras.

Mungkin anda takan menyangka jika virus komputer pertama di dunia diciptakan oleh seorang remaja bernama Rich Skrenta, sebenarnya pada awalnya dia hanya ingin mengusili teman-temannya dengan cara merusak sistem boot-ingnya, namun karena hal tersebut lama kelamaan dia malahan mulai dibenci oleh teman-temannya gara-gara perbuatannya tersebut. virus yang dibuat rich bahkan sudah mampu membuat semua komputer berjenis Apple II di satu sekolahnya menjadi error,  bahkan komputer milik guru matematikanya sendiri juga terkena virus tersebut. Virus ini diberi nama “Elk Cloner”. Karena pada saat itu belum ada yang namanya antivirus maka satu-satunya jalan adalah dengan menghapus file yang telah terinfeksi satu per satu. yang lebih membuat repot lagi adalah dalam sebulan virus ini telah tersebar ke seluruh komputer yang di sekolah tersebut, tentu bisa dibayangkan bagaimana repotnya menghapus file-file yang terinfeksi di satu sekolahan tersebut. Tapi sekarang sang pencipta virus justru bekerja di Unix System Lab dan kemudian mendirikan Open Directory Project.

Sedangkan Anti virus pertama dibuat pada tahun 1988 di dunia bernama Den Zuk / Den Zuko yang diciptakan oleh remaja asal bandung yaitu Denny Yanuar Rhamadani. pada cara kerjannya software ini sebenarnya masih digolongkan sebagai virus, tetapi virus Den Zuk ini dapat menghapus virus Ohio yang saat itu sedang populer.

Jenis Virus Komputer


macam-macam virus komputer

Beberapa waktu lalu sempat ada virus komputer yang menggegerkan dunia virus komputer tersebut adalah WannaCry yang merupakan virus jenis Rainsomware. Ransomware adalah sebuah malware yang menyerang komputer dengan cara mengenkripsi seluruh file sehingga membuat semua file dan data pada komputer yang terkena virus tersebut tidak dapat dibuka ataupun digunakan kembali. komputer yang terkena virus ini akan mendapatkan catatan dari sang pembuat virus bahwa jika ingin mendapatkan data-data mereka kembali maka sang korban harus mengirimkan sejumlah uang kepada si pembuat virus. Namun kebanyakan orang berpendapat bahwa hal tersebut sebaiknya tidak perlu dilakukan, karena itu hanya trik pembuat virus untuk mendapat keuntungan, padahal data-data pengguna yang telah terenkrip tidak akan benar-benar dikembalikan. Seorang Ahli keamanan siber bernama Profesor Alan Woodward juga mengatakan, bahwa membayar tebusan justru dapat menjadikan korbannya lebih rentan terhadap kejahatan pemerasan selanjutnya. Jika dibandingkan jenis ransomware lain, virus WannaCry jauh lebih canggih dan berbahaya karena virus WannaCry ini dibuat menggunakan senjata siber milik dinas intelijen Amerika Serikat, yang telah diretas oleh hacker yang menamakan dirinya Shadow Broker. Dan untuk berjaga-jaga apabila perangkat anda suatu saat terserang virus WannaCry, pengguna disarankan untuk membuat cadangan file atau data-data penting ke tempat penyimpanan yang tidak terhubung jaringan internet, pengguna komputer juga disarankan untuk selalu memperbarui perangkat lunak antivirus yang terpasang pada komputernya.

Sebenarnya jenis virus komputer adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan setiap jenis serangan virus terhadap komputer.

Jika digolongkan dari cara kerja virus tersebut, maka virus komputer dapat dikelompokan sebagai berikut:

  • Worm

Secara harfiah worm dalam bahasa inggris berarti cacing, ini tentu merupakan sebutan yang tepat bagi jenis virus komputer yang satu ini, yakni dengan cara menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk komputer. Inilah yang membuat sumber daya pada komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. Namun jenis virus ini bisa dibilang bukan merupakan virus yang ganas, karena dapat dengan mudah diatasi dengan software antivirus biasa.

  • Trojan

Virus trojan biasa dikatakan merupakan pencuri data, karena cara kerjanya adalah dengan mengambil data yang ada pada komputer yang telah terinfeksi virus tersebut, lalu mengirimkannya pada pencipta virus trojan itu sendiri.

  • Backdoor

Jenis virus backdor cara kerjanya sama dengan trojan. Hanya saja Backdoor bisanya menyamar atau menyempil menyerupai file normal biasanya. Misalnya virus ini ada pada game.

  • Spyware

Jenis virus komputer yang satu ini bekerja layaknya mata-mata, yakni dengan memantau komputer yang terinfeksi virus tersebut.

  • Rogue

merupakan virus bekerja dengan meniru program antivirus. Tujuan utamanya adalah agar user membeli dan menggunakan program antivirus palsu tersebut serta mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Virus rogue juga dapay membuka celah keamanan pada komputer virus lain dapat masuk dengan mudah.

  • Rootkit

Virus satu ini bekerja layaknya kerja sistem komputer yang biasa saja

  • Polymorphic virus

Virus ini bisa dibilang merupakan salah satu jenis virus komputer yang agak sulit terdeteksi oleh antivirus, hal ini dikarenakan bentuknya yang beubah-ubah sehinggal sulit terdeteksi oleh software antivirus.

  • Metamorphic virus

hampir sama dengan polymorphic, jenis virus komputer ini dapat mengubah pengkodeannya sendiri sehingga sulit ditemukan pada saat proses scaning virus.

  • Virus ponsel

Virus yang bekerja pada ponsel, dan dapat menimbulkan berbagai dampak yang sama seperti pada komputer. bahkan ada kasus dimana dimana sebuah virus dapat membuat panggilan secara diam-diam dan menghabiskan pulsa si pengguna.

Cara Mengatasi Virus Komputer

ilustrasi membasmi virus komputer

Sebenarnya hal yang paling baik untuk dilakukan adalah dengan selalu waspada akan file-file yang mencurigakan yang anda temui baik dari internet maupun dari sumber lainnya untuk mencegah virus komputer masuk ke perangkat anda. Namun, jika komputer anda sudah terlanjur terkena virus maka anda perlu mengatasi dan menanggulangi menggunakan software antivirus. Jenis perangkat lunak ini bekerja dengan mendeteksi dan menghapus virus komputer. dengan antivirus, virus komputer dapat dihapus. Namun anda juga perlu berhati-hati saat memilih antivirus, salah-salah anda justru malah memilih jenis virus komputer Rogue(salah satu jenis antivirus yang sudah dibahas diatas) yang menyamar menjadi antivirus. Jadi, sebaiknya anda memilih software antivirus yang sudah familiar digunakan saja seperti Smadav, ataupun Avira sebagai antivirus andalan anda. Namun, jika jenis virus komputer tersebut sudah sangat akut maka satu-satunya jalan adalah dengan cara install ulang

Post Top Ad

MAIN MENU