Sabtu, 25 November 2017

Beberapa Arsitektur Dunia Yang Memukau

Pengertian ArsitekturMenurut Vitruvius yang dituliskan di dalam bukunya yang berjudul "De Architectura" yang merupakan sumber tertulis paling tua yang masih ada sampai saat ini, bangunan yang baik haruslah memiliki suatu rasa Keindahan, Kekuatan, dan Kegunaan. Arsitektur dapat diartikan sebagai koordinasi dan keseimbangan antara ketiga unsur tersebut, dan tidak ada satupun unsur lain yang melebihi unsur lainnya. Dalam definisi arsitektur modern, arsitektur harus memenuhi pertimbangan fungsi, psikologis, dan estetika.


arsitek sudah lama terinspirasi dari alam. ketika kita melihat bangunan yang megah dan besar, pikiran kita terkadang seperti melayang dan merasa terpukau. Tetapi yang tidak lain  dari pikiran kita adalah kata ARSITEK. yupzz benar sekali, memang arsitektur sangat erat kaitannya dengan bangunan-bangunan yang unik dan megah di sekitar kita. arsitektur sendiri merupakan sebuah ilmu dan karya seni dalam mendesain dan merancang sebuah bangunan.

arsitektur bertujuan untuk menciptakan sebuah karya untuk memenuhi rasa keindahan setiap orang.
desain dan rancangan seorang arsitek tetntu memiliki tujuan dan kegunaan, yaitu kekokohan dan keindahan. dan h al itu bukanlah suatu hal yang mudah dan sepele, sering kita temui bangunan dan yang indah serta megah tetapi nilai fungsinya tidak terlalu diperhatikan, ataupun sebaliknya seorang arsitektur hanya memntingkan fungsinya namun tidak memerhatikan keindahannya.

Berikut Beberapa Bangunan Arsitektur Dunia Yang Memukau:

  • Atomium
    atomium

Atomium adalah sebuah bangunan berupa monumen setinggi 103 meter yang dibangun di Brusel, Belgia. Monumen ini bentuknya seperti kristal besi yang diperbesar sebanyak 165 miliar kali. Sebanyak sembilan buah bola baja berdiameter 18 m dihubungkan dengan eskalator dalam silinder-silindernya yang mencapai 114,8 kaki, merupakan salah satu yang terpanjang di Eropa. Jendela di bola bagian paling atas menyajikan pemandangan dari kota Brusel yang indah, sedangkan jendela di bola yang lainnya menampilkan ekshibisi pada tahun 1950-an kecuali 3 buah bola yang tertutup bagi para pengunjung karena tidak memiliki penyangga vertikal.

Awalnya, arsitektur monumen atomium ini didesain hanya untuk berdiri selama kurang lebih 6 bulan saja, namun karya arsitek "André Waterkeyn" ini bisa bertahan sampai sekarang. dan kepopulerannya sebagai tujuan turis asing maupun lokal untuk destinasi wisata. Mulai sekitar bulan Maret 2004, renovasi dimulai seperti mengganti lapisan aluminium menjadi lapisan baja tahan karat. Sejak bulan Oktober 2004, Atomium tertutup untuk umum dan direncanakan akan buka kembali pada bulan Januari 2006.

  • Jembatan Helix Bridge Singapore
    Jembatan Helix Bridge Singapore

dikenal juga dengan sebutan “Double Helix Bridge” adalah suatu jembatan pedestrian di daerah "Marina Bay" yang menghubungkan antara Marina Centre dengan Marina Bay. Kecanggihan dan keunikan jembatan ini adalah bentuk arsitekturnya yang mirip dengan model DNA manusia. jembatan helix bridge Dibangun pada tahun 2010, oleh beberapa team arsitek dari Australia.

Di lantai jembatan ini terdapat beberapa lampu-lampu dengan bentuk huruf C dan G, dan juga huruf A dan T. huruf ini bukan sandi nama, kode, ataupun password. tapi huruf ini adalah simbol dari DNA yang merupakan singkatan dari C="Cytosine" G"Guanine" A"Adenine" Dan T"Thymine". Land Transport Authority berpendapat bahwa Helix Bridge merupakan suatu jembatan dengan design DNA yang pertama di dunia. Dan bagi anda yang ingin berfoto foto di jembatan yang unik ini, Gratis dari pagi, siang, hingga malam.
Lokasi jembatan helix bridge berada di area Marina Bay, di antara Marina Centre, Suntec City Mall, Singapore Flyer dan Marina Bay.

  • La Sagrada Familia
    La Sagrada Familia


Mungkin saja sagrada familia ini adalah sebuah karya seni arsitektur yang proses konstruksi pembuatannya paling lama sepanjang sejarah. Sebuah karya seni tingkat dewa. Sebuah karya seni seorang arsitek yang  membutuhkan sebuah kota sebagai media kreatifitasnya. Barcelona, memang sudah tidak asing lagi ditelinga orang-orang lewat sebuah lagu lama dan pesta olimpiadenya. Sebuah kota di tepi pantai yang setiap sudutnya dihiasi dengan berbagai karya-karya seni. Dari sekian banyak karya seni disana, karya seni dari Antoni Gaudi lah yang menjadi suatu ikon dari Kota Barcelona itu sendiri.

Antoni Gaudi adalah seorang arsitek dunia yang namanya memancar setelah dia memenangkan sebuah lomba Arsitektur desain bangunan di Barcelona. Sejak itu Antoni Gaudi tidak pernah berhenti untuk berkarya membuat Arsitektur bangunan-bangunan yang sangat berciri khas di tiap sudut kota. Lewat ciri khas karya arsiteknya, ini lah mungkin kelak Barcelona seakan memiliki budaya arsitekturnya tersendiri. Salah satu arsiktektur yang menjadi ikon dari barcelona adalah "gereja La Sagrada Familia" atau jika diartikan menjadi gerejanya holy family. Sebuah bangunan gereja yang mulai dikerjakan sejak tahun 1882'an dan hingga hari ini bangunan tersebut masih perlahan-lahan terus dikerjakan konstruksinya.

Pembangunan gereja ini sepertinya menjadi sebuah pekerjaan konstruksi bangunan dengan pengerjaan paling lama sepanjang sejarah dunia. Yaiti Hampir 2 abad lamanya. hanya untuk membuat sebuah bangunan gereja dengan luas wilayah kurang lebih 5 hektar saja, dan itu lebih sempit dari luas wilayah di Masjid Istiqlal di jakarta. Dengan lamanya waktu proses pengerjaan gereja La Sagrada Familia ini, maka tidak heran pula jika bangunan ini melibatkan banyak sekali pekerja konstruksi dan arsitek dunia yang saling melanjutkan pekerjaan membangun gereja ini. 

  • The Cube Houses
    The Cube Houses

Terlepas dari sudut lancip dan garis lurusnya, seorang arsitek yang bernama "Piet Blom" benar-benar mengambil inspirasi dari hutan pepohonan saat merancang rumah-rumah di Belanda pada tahun 1977. Setiap kubus kuning cerah ini dimiringkan sebanyak 45 derajat dan bersandar ke tiang berbentuk heksagonal. Pintu masuk ke masing-masing rumah tiga tingkat ini terletak di bagian dalam "batang" beton yang berisi tangga. Meskipun kubus sampai sekarang masih berfungsi sebagai rumah pribadi seseorang, Namun ada pilihan bagi wisatawan yang ingin tahu untuk berkeliling dengan menikmati interior miring milik mereka yang sangat unik.

Konsep di balik bangunan rumah-rumah ini adalah bahwa dia mencoba untuk membuat sebuah "hutan" oleh masing-masing kubus yang mewakili sebuah pohon abstrak, sehingga seluruh bagian kota akan menjadi hutan(hutan rumah berbentuk kubus). Rumah-rumah kubik ini terletak di "Overblaak Street", di samping stasiun kereta api bawah tanah Blaak. Ada sebanyak 38 kubus kecil dan dua buah yang disebut sebagai "super-kubus", dan semua kubusnya melekat satu sama lain.

  • Kuil Lotus
    Kuil Lotus

Kuil Lotus berada di kota Kalkaji (Delhi), dan sering disebut sebagai "Mother Temple" dari sebuah anak benua di India. Pembuatan kuil lotus memakan waktu 6 (enam) tahun untuk menyelesaikn bangunan kuil ini. dan dibuka untuk umum pada tahun 1986. Struktur Temple dalam bentuk simbol-setengah-teratai berarti membuka sebuah perdamaian dan ketenangan, dan bunga nasional India. Kuil Lotus merupakan keajaiban arsitektur yang dibangun dalam bentuk bunga teratai Berwarna putih setengah mekar.

Menurut kitab suci Bahá'í, dikatakan bahwa semua rumah ibadah harus mencakup bentuk melingkar sembilan sisi. Semua rumah ibadah di dunia biasanya memenuhi syarat ini dengan sebuah kubah, tetapi kuil di desa Bahapur,New Delhi, ini terlihat sangat berbeda sekali. Terinspirasi dari bunga teratai setengah mekar, seorang arsitek yang bernama Fariborz Sahba memikirkan untuk menyusun 27 kelopak bunga marmer menjadi tiga kelompok kelopak bunga untuk membentuk sembilan sisi. Bahan-bahan ini didatangkan langsung dari Gunung Penteli di Yunani, Kesembilan pintu kuil ini telah resmi dibuka untuk publik atu umum pada tahun 1986, dan aula pusatnya juga sangat luas hingga dapat menampung hingga 2.500 orang. Para Penghuni di Kuil Lotus menyambut dari berbagai agama dan kepercayaan yang berbeda sesuai dengan tradisi sekularisme. Nomor 9 memiliki arti yang besar dalam Iman Bahai, dan dapat melambangkan sembilan agama-agama ternama di dunia. Struktur utama dari Kuil Lotus ini dikelilingi oleh sembilan kolam, atas lahan hijau yang luas sekitar 26 hektar.

Post Top Ad

MAIN MENU