Sabtu, 25 November 2017

Arsitektur Masjid Terindah Dan Terunik Yang Pernah Ada


Rumahkreative.id - Di indonesia dikenal dengan negara yang mayoritas menganut islam. Dan sudah selayaknya banyak masjid yang banyak ditemukan di negara kita ini. Dari sabang sampai merauke, terdapat masjid di setiap sudut negeri ini. Mulai dari di desa, di kota, di mall kota, maupun di kompleks perumahan masjid bisa ditemukan. Banyak masjid yang dibangun dengan arsitektur yang berbeda beda, mulai dari bahan kayu sampai dari yang berbahan dengan emas.
Dan dari banyaknya masjid masjid yang tersebar di indonesia, pastinya ada masjid yang dibuat dengan arsitektur yang sangat unik dan betbeda dengan masjid yang lain. Berikut adalah beberapa masjid terunik yang ada di indonesia.

5 Arsitektur Masjid Paling Unik di Indonesia

  • Masjid Dian Al-Mahri (Kubah Emas)


Masjid yang terletak di jalan Raya Meruyung, Limo Depok Jabar ini juga memiliki keunikan tersendiri dengan diberi nama Masjid Dian Al-Mahri. Masjid ini disebut juga masjid kubah emas. Dan diresmikan pada tanggak 31 Desember 2006. Masjid ini juga sering untuk dijadikan sebgai tempat wisata. Jika dilihat dari luar masjid ini menunjukan tipologi arsitektur masjid yang ada di Timur Tengah. Ada rukun iman yang terlambangkan dalam masjid ini yaitu pada enam menara berbentuk segi enam, dengan ketinggian 40 m. Puncak masjid ini ada kubah yang dilapisi mozaik emas 24 karat. Ada juga rukun islam yang terlambangkan disana, dalam lima kubah masjid ini yang di balut mozaik emas 24 karat. Ruanganya berwarna krem, dengan lampu yang tergantung yang dibuat dari kuningan berlapos emas 2,7 ton.

  • Masjid Cheng Ho





Terletak di jalan Gading no.2 ketaban, genteng, surabaya jatim. Masjid ini diresmikan pada tahun 2002. Dari namanya mungkin bukan masjid yang tedapat di indonesia, seperti nama masjid yang terbuat dari Cina. Namun walaupun namanya yang ke Cinaan, masjid ini hanyalah ada di indonesia. Diberi nama Cheng Ho, karena wujud rasa syukur dan hormat muslim surabaya dan indonesia kepada Laksamana Bahariawan dari china yang beragama muslim.Masjid unik ini merupakan perpaduan antara china, timur tengah dan jawa. Masjid ini dapat menampung jamaah sekitar 200 orang.

  • Masjid Raya Sumatera Barat


Pada tahun 2007 masjid raya sumatra barat ini diresmikan dengan lokasi di jln.Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Padang, Simbar. Masjid ini sangat luas dan besar  dengan 2 lantai. Masjid yang merupakan pemenang sayemabara arsitektur dari 323 arsitek berbagai negara. Dengan luas  ribuan meter yang mampu menampung hingga 6000 jamaah. Masjid ini juga di jadikan sebagai tuan rumah dalam bebrbagai kegiatan keagamaan

  • Masjid An-Nurumi


Masjid ini terletak di tepi jalan solo km 15, Candisari Kalasan Yogyakarta. Masjid ini di juluki masjid permen, karena kubahnya yang warna warni mirip seperti permen lolipop. Desain arsitektur masjid ini juga cukup unik. Kubah atapnya mirip dengan bagunan yang terdapat di russia tepatnya di moscow. Bagi orang yang mungkin baru kesana dan baru melihat masjid tersebut, akan mengira kalau masjid ini merupakan area bermain dan toko oleh oleh yogyakarta. Karena kubahnya yang warna warni seperti lolipop. Sering sekali orang orang yang melintas, menyempatkan singgah di masjid tersebut hanya karena keingintahuannya itu akan bangunan dan tempat tersebut. Dan memang masjid ini sangat menarik perhatian orang orang. sebab arsitekturnya sangat mirip sekali dengan arsitektur di istana Saint Basil Cathedral di Kremlin. Tetapi di bagian masjid ini seperti masjid pada umumnya di jawa. 

  •  Masjid Al-Irsyad


Masjid Ridwan Kamil yang terletak di kompleks kota baru parahyangan, padalarang Bandung Barat Jabar. Dan diresmikan 27 Agaustus 2010. Masjid ini terdapat dua kalimah tauhid yang melekat pada 3 sisi bangunannya,  yang susunannya berbentuk batu bata dan dirancang menjadi kaligrafi 3D raksasa. Bentuk lingkaran yang mebgelilingi masjid dari konsep tawaf yang mengelilingi ka'bah di makkah. Masjid ini cukup luas dan mampu menampung ribuan jamaah. Jika dari jauh masjid ini yang berbentuk kubus seperi bangunani kubah Arab Saudi. Masjid ini juga sudah banyak mendapat penghargaan. Mulai dari dalam negri sampai dau luar negri.

7  Masjid dengan Arsitektur Terindah di Dunia

Masjid adalah tempat untuk beribadah bagi umat muslim seluruh dunia. Banyak masjid masjid yang terdapat dan di bangun di seluruh penjuru dunia. Namun ada beberapa masjid yang dibangun dengan arsitektur terindah. Tapi disini kami hanya akan memyajikan beberapa masjid terindah di dunia. Berikut penjelasannya

1. Masjidil Haram (Arab Saudi) 




Masjidil Haram ini terletak di negara Arab Saudi tepatnya di Mekkah dan merupakan masjid terbesar juga tersuci di dunia. Masjid yang sering dikunjungi umat muslim yang hendak pergi umrah atau haji. Karena masjid ini yang mengeilingi kiblatnya umat muslim seluruh dunia yaitu  Ka'bah. Masjid yang memiliki luas 356.800 m persegi ini mampu menampung hampir 2 juta jamaah. Masjid yang begitu indah yang dibangun dengan 9 menara.

2. Masjid Nabawi (Arab Saudi) 


Masjid ini merupakan salah satu masjid yang di bangun oleh pimpinan kita yatu nabi besar Munhammad SAW. dan disinilah tempat makam beliau dan sahabat sahabatnya. Kerajaan Arab yang merenovasi masjid ini menjadi lebih modern yang dulunya di bangun dengan sangat sederhana dari tiang batang kurma dan tanpa atap sama sekali. Luasnya mencapai 100 ribu meter persegi dengan lantai atas 67 ribu meter persegi.

3. Masjid Sultan Ahmet (Turki)



Berletak di Istanbul Turki masjid ini di bangun oleh sang Sultan. Masjid ini di namai dengan Masjid Biru, karena ketika malam hari puncak menara berjumlah 6 buah menara yang memiliki rona kebiruan, dan menjadikannya menjadi indah. 

4. Masjid Istiqlal (Indonesia)



Masjid yang berasal dari negara tercinta kita Indonesia tepatnya di Jakarta, dan menjadi salah satu masjid terindah sedunia. Namun aristeknya adalah seorang penganut kristen dan dianggap sebagai simbol kebebasan dan toleransi beragama di Indoneaia. Istiqlal yang dalam bahasa arab adalah Kemerdekaan dan dibangun tahun 1978. Masjid ini memiliki arsitektur yang cukup indah dengan 12 tiang penopang besar yang digunakan untuk menyangga kubah masjid. 

5. Masjid Badshahi (Pakistan)


Masjid Badshahi ini berlokasi di negara pakistan. Di penjuru luar masjid ini di bangun empat menara dengan tinggi 53,75 m. Kubanya di buat dari lapisan pualam putih, masjid ini dibangun dari batu bata dan tanah lempung dan dibaluri dengan lampengan batu pasir.

7. Masjid Hassanal Bolkiah (Brunei Darussalam)

Di Brunei Darussalam juga mempunyai masjid indah yang di beri nama masjid Hassanal Bolakiah dan diresmikan tahun 1994. Di sekeliling masjid banyak taman indah dengan air mancur. Arsitektur kubah masjid ini di bangun dari emas berlapis 24 karat.







Post Top Ad

MAIN MENU