Sabtu, 25 November 2017

Aplikasi Untuk Mengatasi Tombol Menu Android Tidak Berfungsi

Aplikasi Untuk Mengatasi Tombol Menu Android Tidak Berfungsi
Mengatasi Tombol Menu Android Tidak BerfungsiAndroid merupakan platform sistem operasi pada ponsel yang sekarang paling banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia. Ada banyak produsen ponsel android yang masih tetap mengembangkan produk mereka seperti Samsung, Sony, Xiaomi, LG dan lainnya. Pada kebanyakan smartphone Android, smartphone dibuat dengan menambahkan tiga buah tombol yang terletak di bagian bawah layar. tombol tersebut biasanya terdiri dari tombol recent app, home, dan tombol back. Namun bagaimana jadinya jika ketiga tombol tersebut rusak, tentu ini sangat membuat anda tidak nyaman saat menggunakan smarthphone android anda. Lalu bagaimana cara mengatasi tombol menu di android tidak berfungsi ?. Silahkan simak terlebih dahulu penjelasan berikut.

Penyebab Tombol Menu Android Tidak Berfungsi

sebelum melakukan tindakan perbaikan pada hp android anda, anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebab tombol menu android tidak berfungsi, jangan sampai anda melakukan tindakan yang salah. Jadi pastikan terlebih dahulu apa penyebabnya baru menentukan cara perbaikannnya.
  1. Crash Pada Aplikasi Yang Berjalan

    Penyebab yang pertama adalah karena terjadi crash atau proses yang gagal dalam menjalankan program pada sebuah aplikasi sehingga sehingga saat ditekan tombol apapun maka tidak akan ada respon pada layar hp, oleh sebagian orang istilah ini mungkin sering disebut dengan "Ngelag" ini termasuk kasus yang tidak terlalu berat. biasanya dapat diatasi dengan cara menghentikan program aplikasi yang sedang berjalan atau dengan mengistirahatkan ponsel beberapa saat, lalu setelah itu smarthphone akan kembali normal seperti semula.

  2. Terhantam Sesuatu

    Penyebab lain kenapa tombol menu pada android tidak berfungsi adalah karena terjadi kerusakan fisik pada tombol tersebut, mungkin bisa karena jatuh atau mungkin karena terhantam benda keras sehingga tombol menu pada android menjadi rusak. Berbeda dengan yang pertama, untuk mengatasi tombol menu android tidak berfungsi kali ini kalian harus membawa smarthphone android kalian ke tempat service hp, untuk segera ditangangi oleh mekanik. Atau alternaif lainnya adalah anda dapat mencoba beberapa aplikasi yang akan dibahas dibawah.

  3. Tidak Hati- hati dalam Penggunaan

    ini adalah hal yang paling sering menjadi penyebab kerusakan tombol menu pada android anda, seringkali kita memperlakuka smarthphone dengan tidak selayaknya, contohnya adalah saat ingin keluar dari sebuah aplikasi namun aplikasi tak kunjung keluar sehingga anda malah menekan tombol back secara berulang-ulang yang dapat menyebabkan kerusakan pada tombol tersebut, hal yang sama juga sering dilakuian terhadapt tombol lain seperti tombol menu, ataupun tombol home.

Mengatasi Tombol Menu Android Tidak Berfungsi Dengan Aplikasi

beberapa screeshoot aplikasi alternatif tombol menu yang tidak berfungsi
Sebenarnya anda tidak harus mengganti komponen tombol menu pada hp anda, karena ada cara alternatif untuk mengatasi tombol menu android tidak berfungsi yakni dengan menggunakan aplikasi pembantu seperti beberapa aplikasi berikut.

berikut beberapa aplikasi untuk mengatasi tombol menu android tidak berfungsi:

  • Pie Control
  • Sama seperti aplikasi sebelumnnya, dengan menggunakan aplikasi Pie Control anda juga dapat menetukan letak bar menu navigasi sesuai yang anda inginkan bisa dikanan, kiri, atas, bawah, dan pojok. Selain untuk mengatasi tombol menu android tidak berfungsi aplikasi ini juga dapat menampilkan persentase baterai android anda.

  • Navigation Bar - Soft Keys
  • Aplikasi ini bernam Navigation Bar - Soft Keys. Dengan aplikasi ini anda dapat menentukan letak bar menu navigasi sesuai dengan yang anda inginkan. Menu navigasi yang disediakan oleh aplikasi ini adalah tombol recent, home, back, dan notification.

  • Swipe Home Button
  • Sangat sesuai dengan namanya, Swipe Home Button merupakan aplikasi yang berguna untuk dalam menggantikan tombol menu yang rusak dengan cara menswipe atau mengusap layar. Pada saat pertama memasang aplikasi ini (belum di set up) fungsi defaunya adalah tombol home (usa ke atas), tombol recent (usap ke atas lalu kembali ke bawah), dan notifikasi (usap secara diagonal ke kanan atau kiri), lalu untuk tombol back dapat diaktifkan di pengaturan aplikasi ini.

  • Button Savior
  • Aplikasi button savior merupakan aplikasi pengganti tombol android tidak berfungsi yang pertama dibuat, terlebih menu yang disediakan untuk pengguna juga lebih banyak jika dibandingkan dengan aplikasi serupa yang lain. Pada aplikasi ini akan ada tambahan tombol volume, screen off, camera, dan call. Sesuai dengan namanya, Button Savior berfungsi untuk menyelamatkan tombol-tombol fisik pada hape Android Anda yang sekarat, walaupun sebenarnya dapat juga diapakai pada hape android dengan kondisi yang normal.

  • LMT Launcher (Root)
  • Dark segi tampilan apikasi ini memiliki tampilan yang cukup sederhana. Fitur dari LMT Launcher antara lain adalah tombol daya, screenshot, menu, shortcut, aplikasi, gesture, dan ada banyak fitur lainnya lagi lagi. Namun untuk menggunakan LMT Launcher untuk mengatasi tombol menu android tidak berfungsi hp android kalian harus sudah berstatus "Rooted" atau sudah di root.

  • Simple Control
  • Sesuai namanya, aplikasi ini memberikan tampilan yang simple atau sederhana kepada penggunannya, selain itu aplikasi juga ini tidak memerlukan akses root untuk menggunakannya, sehingga sangat simple atau mudah saat digunakan.

  • Soft keys
  • Dari segi tampilan aplikasi Soft keys tidak jauh berbeda dengan Navigation Bar. Dimana keduanya sama-sama menyajikan bar menu yang melayang di layar Android anda. Namun perbedaannya, pada soft keys sudah dilengkapi dengan 'Quick access panel' untuk jalan pintas ke pengaturan (Data selluler, bluetooth, ataupun wifi), sedangkan pada navigation bar tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

    Cara Mencegah Tombol Menu Android tidak Berfungsi

    Cara terbaik untuk mencegah tombol menu android tidak berfungsi adalah dengan menggukan tombol-tombol tersebut seminimal mungkin agar tidak terjadi kerusakan fisik, hal tersebut dapat dilakukan dengan melalukan beberapa hal berikut

  • Menghapus aplikasi yang sering terjadi crash
  • Cara ini dilakukan agar mengurangi angka crash pada hp android anda, sehingga kemungkinan ngelag menjadi kecil

  • Gunakan salah satu aplikasi bar menu navigasi diatas
  • Ini dilakukan agar anda tidak terlalu sering menggunakan tombol menu pada hp anda sehingga tombol menu pada hp anda menjadi awet.

  • Jangan terburu-buru saat baru membuka ponsel android
  • Ini adalah kesalahan yang paling sering kita lakukan, biasanya ada saat dimana kita harus dengan cepat menghidupkan layar hp android kita (biasanya dengan menekan tombol home), namun karena baru saja dibuka maka hp masih dalam proses penyesuaian sehingga proses layar menyala agak lama. Namun karena terburu-buru atau tidak sabar, kita malah menekan tombol home berkali-kali secara terus-menerus dengan harapan layar akan lebih cepat menyala, padahal sebenarnya hal yang barusan kita lakukan bukanlah membuat layar menjadi cepat menyala, melainkan justru membuat tombol home pada hp android cepat rusak. Jadi sebaiknya kita tunggu saja proses layarnya menyala. Hal yang sama juga berlaku pada tombol recent, back, dan tombol power.

    Post Top Ad

    MAIN MENU