Senin, 02 Oktober 2017

Tanaman Obat Tradisional Dan Manfaatnya

Rumahkreative.id - Obat Tradisional adalah obat-obatan yang diolah dengan cara  tradisional bersifat turun-temurun,adat-istiadat ,berdasarkan kepercayaan atau kebiasaan masyarakat setempat.Indonesia memiliki aneka ragam apotek hidup yang mempunyai khasiat luar biasa.Obat tradisional itu sangat mudah di buat dan tidak terlalu mengakibatkan efek samping.Berikut akan kami bahas manfaat dari obat tradisional asli Indonesia.
Tanaman Obat ini sangat mudah kita temukan dilingkungan pedesaan,dan cara menanamnya juga mudah.Bagian dari tanaman yang bisa dijadikan obat yaitu berupa,akar,batang ,rimpang,buah,daun dan bunga.dibawah ini merupakan  tanaman obat tradisional 

7 Tanaman Yang Dijadikan Obat Tradisional di Indonesia. 

  1. Seledri

Seledri merupakan sayuran hijau yang rendah kalori,biasanya dijadikan campuran untuk masakan seperti pada sup,selain bisa digunakan sebagai penambah aroma masakan, juga bisa digunakan sebagai obat tradisional karena mengandung sekitar 16 kalori per 100 gramnya dan mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti mineral, kalium, dan zat besi.
Daun seledri ini mengandung beberapa manfaat sebagai obat tradisional diantaranya dapat  mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang, menghindarkan dari kanker perut menurunkan tekanan darah tinggi,cuci darah ginjal dll.
Seledri juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah,seperti masker dan juga dikonsumsi yang berguna untuk  dikonsumsi bisa mencegah timbulnya kerutan pada wajah,memperlambat penuaan dini,

2. Tanaman Obat Daun Pegagan



tanaman obat daun pegagan
Daun Pegagan

Tanaman ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan daun kaki kuda dan Antanan,pegagan tumbuh liar di daerah pedesaan seperti di perkebunan, ladang, pematang sawah dan tepian jalan. Masyarakat Jawa Barat biasa memanfaatkan daun pegagan ini  untuk  lalapan,karena menurut masyarakat Jawa Barat lalapan dapat membuat awet muda.

Daun Pegagan mengandung beberapa senyawa seperti thankuniside, asiaticoside, isothankuniside, madasiatic acid, brahminoside, brahmic acid, brahmoside, madecassoside, vellarine, hydrocotylin, carotenoids, centelloside, meso-inositol, serta garam-garam mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium dan besi dan dapat dijadikan obat tradisional seperti untuk mengobati kulit,gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. berdasarkan penelitian tanaman obat ini bisa dipakai untuk menurunkan tekanan darah dan penurunannya tidak begitu drastis sehingga cocok untuk digunakan oleh lansia.

3. Tanaman Obat Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang dijadikan rempah dan obat asli wilayah Asia, khususnya di Asia Tenggara. Tanaman obat ini  tersebar di berbagai negara seperti Indonesia,Malaysia,Afrika dan Australia.
Hampir kebanyakan orang Indonesia pasti sudah pernah mengkonsumsi kunyit, baik sebagai bumbu masakan, jamu maupun untuk keperluan kesehatan dan kecantikan.
Tanaman obat ini mengandung senyawa kurkuminoid yang memiliki khasiat yang dijadikan obat tradisional sebagai obat penyakit diabetes mellitus, tifus,morbili, berak lendir, usus buntu, amandel, disentri, memperlancar ASI,dan yang khusus untuk wanita biasanya sebagai obat keputihan, perut mulas pada saat haid, dan membantu melancarkan haid.

4. Tanaman Jahe

Jahe merupakan tanaman herba semusim yang tumbuh mencapai ketinggian 40-50 cm.Jahe merupakan tumbuhan  rimpang dan batangnya berwarna hijau.Jahe dibedakan atas dua jenis, ada jahe merah dan jahe pahit. kandungan pada Jahe yaitu minyak atsiri zingiberena, resin pahit, zingiberol, kurkumen,gingerol, filandrena,dan bisabolena.
Biasanya masyarakat menjadikan Rimpang jahe sebagai obat tradisional yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan, melancarkan ASI, mengobati batuk, perut kembung, mulas, sakit kepala, salesma, luka luar dan banyak dijadikan tambahan untuk produksi minuman dan makanan yang berekstrak jahe seperti,susu jahe,permen jahe ,dan masyarakat biasanya dijadikan campuran minuman tradisional seperti wedang ronde,bajigur,jahe anget dll.

5. Kencur

Kencur termasuk kedalam kelompok tanaman jenis empon-empon yang tumbuh di daerah dataran rendah, Kencur memiliki daging buah yang lunak, berwarna putih,memiliki bau yang khas dan tidak berserat. Kencur dapat ditanam di kebun ataupun di pollybak dengan bantuan sinar matahari yang cukup.
Kencur mengandung  (13,73 %) Mineral,(4,14 %) Pati dan minyak atsiri (0,02 %). Kencur berkhasiat untuk mengobati radang anak telinga, radang lambung, menghilangkan lelah, memperlancar haid, menghilangkan darah kotor, masuk angin, influenza pada bayi, sakit kepala, mata pegal, batuk dan sering dijadikan obat tradisional beras kencur yaitu untuk mengobati luka memar pada luar tubuh.

6. Tanaman Lidah Buaya

obat tradisional lidah buaya
Lidah Buaya

Lidah buaya banyak tumbuh di kawasan Hindia Barat dan  Afrika bagian utara, namun sekarang sudah tesebar di indonesia Tumbuhan ini memiliki bentuk seperti lidah kulit yang hijau didalamnya seperti jely berwarna bening dan terdapat duri bergerigi disampingnya. Lidah buaya banyak ditanam didalam pot di pekarangan rumah dan dijadikan tanaman hias,tetapi tidak banyak orang tahu kalau lidah buaya juga memiliki beberapa manfaat.
Lidah Buaya mengandung senyawa kimia barbaloin, aloin, , aloenin, aloesin, isobarbaloin dan aloe-emodin. Daun, bunga dan akar lidah buaya yang segar dapat bermanfaat untuk penyubur rambut, sakit kepala atau pusing, peluruh haid, sembelit, kejang pada anak ,muntah darah dan  kencing manis.

7. Sirih

Tanaman sirih termasuk kedalam jenis keluarga piperaceae yaitu tumbuhan yang merambat atau bersandar pada batang pohon lain.Sirih adalah tanaman asli Indonesia ,oleh masyarakat rumpun melayu sering dijadikan untuk upacara adat pada pernikahan dan biasanya oleh nenek-nenek, daun sirih dan buahnya dijadikan bahan untuk dikunyah atau menurut bahasa jawa yaitu Nginang.

Di dalam Daun Sirih terdapat kandungan minyak atsiri,dari minyak atsiri terdapat minyak terbang,diatase,pati,gula,kavikol yang bisa membunuh kuman,antioksidasi dan fungisida,anti jamur dll.

Daun sirih juga mempunyai khasiat yaitu dapat menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh cendawan dan bakteri.Daun sirih juga berguna untuk menghentikan pendarahan,memulihkan luka pada kulit dan gangguan pada saluran pencernaan.

Berikut merupakan pembahasan tentang tanaman obat tradisional serta manfaatnya.semoga artikel ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat.Amin.
Terimakasih telah mengunjungi artikel kami.





Post Top Ad

MAIN MENU