Rabu, 11 Oktober 2017

Pengertian Menjaga Kesehatan Serta Tujuan dan Manfaatnya





Pengertian Kesehatan- Kesehatan adalah kondisi optimal dari pikiran dan fisik seseorang yang memungkinkan orang tersebut dapat menjalani hidup yang berkualitas dan produktif baik secara sosial maupun ekonomi.

Kesehatan berorientasi pada upaya memaksimalkan potensi individu baik secara fisik, intelektual, emosional, sosial, spiritual dan lingkungan. Kondisi jika kita menjaga kesehatan adalah terbebas dari penyakit, ataupun segala sesuatu yang menganggu sistem metabolik makhluk hidup terutama pada tubuh manusia.

Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Banyak manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dalam menjaga kesehatan sehingga menjadi harta paling berharga umat manusia. Tidak ada gunanya jika, berumur panjang tapi kalau sakit-sakitan. Dulunya, istilah kesehatan hanya memiliki makna “tiadanya penyakit atau pun luka”.

Tapi seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, kesehatan bukan hanya tentang penyakit saja, tapi juga mencangkup seluruh aspek kehidupan manusia. Seseorang dapat di katakan sehat, apabila tubuhnya bebas dari penyakit, bekerja dengan fikiran yang sesuai dengan fungsinya, spiritualnya mempunyai keyakinan, dan memiliki mental yang stabil.

Seseorang tidak bisa dibilang sehat , jika tubuhnya sakit. Tidak bisa di katakan sehat, kalau pikirannya selalu galau dan tidak menentu. Tidak dapat di bilang sehat jika emosinya tidak stabil. Ataupun jika spiriatualnya melanggar dari norma-norma yang telah ada. Ada beberapa tips yang kamu bisa ketahui untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kesehatan memiliki pengaruh pada berbagai dimensi kehidupan. Kesehatan bukan tentang kebugaran saja. Tetapi kesehatan juga memiliki tujuan lain seperti kestabilan emosi, kemampuan menjalin hubungan sosial dengan sesama, serta kepuasaan dalam menjalani dan menikmati kehidupannya.


Tujuan Kesehatan Secara Umum


Tujuan Nasional Kesehatan adalah tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk, jadi tanggung jawab untuk terwujudnya derajat kesehatan yang optimal berada di tangan seluruh masyarakat Indonesia, pemerintah dan swasta bersama-sama. Selain memiliki tujuan kesehatan juga memiliki banyak manfaat yang dapat kita peroleh dalam upaya menciptkaan pola hidup sehat.

Adapun tujuan pembangunan dari kesehatan yaitu tercapainya kemampuan manusia untuk hidup sehat bagi setiap penduduk, jadi tanggung jawab untuk terwujudnya derajat kesehatan yang optimal berada di tangan seluruh masyarakat Indonesia.

Tujuan dan Ruang lingkup kesehatan dapat di bagi menjadi 2 yaitu secara umum dan secara khusus.


Tujuan dan Ruang lingkup kesehatan secara umum yaitu:

  1. Tujuan kesehatan yaitu melakukan perbaikan terhadap segala bahaya dan ancaman pada kesehatan hidup manusia.
  2. Melakukan pencegahan dengan mengatur sumber-sumber lingkungan bersih dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.
  3. Ruang lingkup kesehatan iyalah melakukan kerja sama dan menerapkan program terpadu pada masyarakat dan institusi pemerintah dan lembaga nonpemerintah dalam menghadapi bencana alam atau wabah penyakit menular.

Tujuan dan Ruang lingkup kesehatan secara khusus yaitu:

  • Menyediakan air bersih yang cukup dan memenuhi persyaratan kesehatan.
  • Makanan serta minuman yang diproduksi  skala besar dan dikonsumsi secara luas oleh masyarakat.
  • Pencemaran udara , batu bara, kebakaran hutan, dan gas beracun yang dapat membahayakan bagi kesehatan menjadi penyebab terjadinya perubahan ekosistem.
  • Limbah cair atau padat yang berasal dari rumah tangga, pertanian, peternakan, industri, rumah sakit, dan sebaikny.
  • Arthropoda dan rodent yang menjadi vektor penyakit dan cara memutuskan rantai penularan penyakitnya.
  • Perumahan dan bangunan yang layak untuk di huni dan memenuhi syarat kesehatan.
  • Survei sanitasi untuk perencanaan, pemantauan, dan evaluasi program kesehatan lingkungan.


Manfaat Kesehatan Bagi Manusia


Manfaat Kesehatan- Manfaat Kesehatan dalam tubuh manusia memang sangat banyak, kesehatan dapat membuat kita lebih menghargai hidup.  Manfaat terdapat 2 macam kategori yaitu  manfaat secara langsung maupun manfaat secara tidak langsung. Namun tentu kedua tipe manfaat ini akan membawa dampak positif bagi kita semua.
Manfaat Kesehatan secara tidak langsung yaitu menjernihkan setiap pikiran dan tindakan kita dan mendorong kita untuk berbuat sesuatu hal yang positif. Secara langsung manfaat ini dapat kita ambil seperti kita  dapat melakukan kegiatan sehari hari dengan semangat  tanpa ada gangguan.

Beberapa contoh lain dari manfaat kesehatan secara tidak langsung:

  1. Peluang untuk sukses. Sukses dapat kita peroleh dengan dukungan kesehatan pada diri kita sendiri. Aktivitas harian kita tidak akan terganggu jika kita dalam keadaan sehat.
  2. Tabungan masa depan. Dengan sehat kita akan menabung untuk masa depan kita, tabungan dapat berupa kegiatan positif ataupun kegiatan lainnya yang kita lakukan sehari hari.
  3. Kesempatan untuk Berbagi. Kesehatan akan membuat kita lebih menghargai hidup, oleh karena itu kita akan diberi kesempatan untuk berbagi antar sesama agar dapat berbuat pahala.


Manfaat Kesehatan secara langsung kita peroleh secara langsung, namun ada beberapa dari manfaat tersebut yang tidak kita sadari kehadirannya. Kita patut bersyukur, karena telah diberikan nikmat kesehatan yang sangat berharga bagi kehidupan kita.


Contoh lain dari manfaat kesehatan secara langsung:

  • Mengurangi pengeluaran. Coba bayangkan jika kita sedang sakit pastinya akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk ke rumah sakit dan membeli obat.
  • Menambah pemasukkan. Jika tubuh dalam keadaan sehat tentu kita dapat bekerja secara baik,fit dan segar bugar seperti biasanya, hal ini tentu akan menambah pemasukkan dibandingkan kita sedang sakit.
  • Menghemat waktu. Salah satu manfaat kesehatan adalah untuk menghemat waktu? hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan dan tugas yang akan tertunda jika kita sedang sakit. Bayangkan berapa banyaknya tugas yang akan tunda jika kita sakit dan berapa banyak tugas yang akan kita kerjakan jika kita dalam keadaan sehat.


Tips Menjaga Kesehatan


Tips Menjaga Kesehatan - Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting.karena akan menentukan sehat atau tidaknya tubuh kita. Jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh,maka otomatis tubuh kita tidak sehat serta pasti akan memudahkan penyakit masuk ketubuh kita dan ujung-ujungnya rumah sakitlah tujuan kita.

Pola hidup sehat yang baik dan benar merupakan obat yang paling ampuh untuk mencegah berbagai penyakit yang akan masuk kedalam tubuh kita. Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat baik jasmani maupun rohani nya.


Beberapa Tips Untuk Menjaga Kesehatan:

  1. Selalu berfikir positif thingking karena didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka dari itu usahakan kita untuk selalu berfikir positif terhadap masalah yang sedang menerpa kita,karena setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya.
  2. Kecapean setelah beraktifitas merupakan salah satu faktor penyebab dari menurun nya daya tahan tubuh. Sehingga mengistirahatkan tubuh merupakan langkah yang tepat dalam menghilangkan rasa cape.
  3. Istirahat yang cukup setiap harinya,merupakan salah satu faktor untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh.
  4. Penuhi makanan yang berserat setiap harinya.
  5. Pastikan makanan yang anda makan higenis atau sudah di cuci terlebih dahulu.
  6. Penuhi kebutuhan cairan yang diperlukan dalam tubuh.

Post Top Ad

MAIN MENU