Sabtu, 07 Oktober 2017

Jenis-Jenis Teh dan Khasiatnya

Sejarah Teh - Tanaman Teh (Camellia Sinensis) berasal dari negeri Tiongkok dan pertamakali ditemukan oleh Shennong yang merupakan cikal bakal pertanian dan ramuan obat-obatan.Teh ditemukan tepatnya di Provinsi Yunnan,China bagian barat daya.Daerah ini memiliki iklim Tropis dan Sub-Tropis dan dahulunya merupakan hutan zaman purba.

Pada Abad ke-8 SM teh digunakan sebagai bahan obat-obatan,dan mulai diolah menjadi minuman pada Abad ke-221 SM-8 M.Teh mulai tersebar di Indonesia pada tahun 1684,yang dibawa oleh Andreas cleyer dari Jerman dan ditanam di Batavia.

Pengolahan teh disebut dengan Fermentasi.Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik,pengolahan teh yang tidak benar dapat menyebabkan teh mudah ditumbuhi jamur.Jenis-jenis teh yang tumbuh di Indoneia itu ada banyak, dan kali ini kami akan membahas jenis-jenis teh berdasarkan tingkat oksidasi dan khasiatnya.

Pengelompokan Jenis Teh Berdasarkan tingkat Oksidasi

1.Teh Hitam atau Teh Merah

Daun teh dibiarkan teroksidasi selama 14 hari sampai 1 bulan,teh ini merupakan teh yang paling umum di Asia Selatan dan sebagian besar negara Afrika.Teh Hitam dibagi menjadi 2 jenis yaitu:ortodoks(metode tradisional) dan CTC ( produksi teh dengan metode Crush, Tear, Curl berkembang sekitar tahun 1932 ).Adapun teh yang belum diramu disebut dengan Unblended dikelompokan berdasarkan tahun produksi,asal perkebunan dan periode pemetikan.
Teh hitam mempunyai khasiat antara lain :
  • Meningkatkan kewaspadaan pada kemampuan otak saat belajar ,mengingat serta memproses informasi.
  • Mencegah adanya pembentukan Batu ginjal
  • Dapat meringankan kondisi tekanan darah rendah 
  • Mencegah penyakit jantung dan menghindari aterosklerosis
Kandungan yang terdapat pada teh yaitu polifenol sebagai antioksidan yang berguna membantu memulihkan sel tubuh yang rusak dan catechin yang dapat mencegah kanker.Namun dibalik itu teh juga tidak  boleh dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering karena kandungan kafein dalam teh dapat menyebabkan susah tidur,gelisah,mual ataupun muntah.

2. Teh Hijau

Teh hijau ini diproses dengan cara dikukus selama 2-3 hari untuk menghasilkan uap yang nantinya menjadi air teh untuk dikonsumsi,ya memang pembuatan teh hijau ini lebih lama dari teh yang lain karena hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengeringan dan mendapatkan rasa yang ringan.Teh hijau ini sangat banyak dikonsumsi no.2 setelah teh hitam,tetapi teh hijau harganya lebih mahal karena teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi dan rendah kafein.Selain polifenol dan antioksidan ,teh hijau juga mengandung flavonoid,fitokimia yang memiliki sifat antikarsinogenik.Teh hijau juga mengandung beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan sebagai berikut :
  • Menurunkan resiko penyakit Jantung
  • Dapat digunakan untuk diet atau membakar lemak tubuh
  • Menjaga dan merawat kesehatan kulit
  • Menutrisi rambut yaang patah atau rontok
  • Mengurangi resiko kanker seperti kanker payudara,kanker prostat,kolorektal.
  • Memperlambat penuaan dini
  • Membantu menurunkan resiko alzheimer dan parkinson dll.

3. Teh Putih

Teh putih yaitu teh yang dibuat dari pucuk daun teh dan sebelum pemetikannya dilindungi dari sinar matahari serta tidak melalui proses oksidasi agar tidak terjadi proses pembentukan klorofil.Teh Putih lebih rendah kafein dari teh hijau.Menurut penelitian dokter,teh putih dapat berguna memerangi kuman dan mencegah infeksi karena mengandung zat antiviral dan anti jamur.Teh putih ini mengandung Flavonoid,Fluoride,dan tanin.kandungan substansi pada teh ini mencapai 34% sehingga dapat mengurangi karies gigi pada balita.

Ciri khas dari teh ini yaitu mempunyai rasa yang ringan dan manis yang alami serta tidak mengandung rasa rerumputan seperti pada jenis teh yang lainnya.Daerah penghasil utama white tea ini ada di Tiongkok,tepatnya di Provinsi Fujian dan teh putih ini tidak sembarangan dalam memetiknya karena dipetik dalam jangka waktu 1 tahun dengan waktu 3 hari yaitu pada awal musim semi.Varian jenis teh putih yang paling baik dan dikenal yaitu pai mu tan.Teh ini juga mengandung manfaat sebagai berikut:
  • Memberikan kekonsentrasian yang tinggi
  • Mencegah penyakit kardiovaskular
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengurangi gejala diabetes
  • Mengurangi strees dan menjaga stamina tubuh
  • Mengurangi tekanan darah tinggi

4. Oolong

Teh oolong yaitu teh yang diproses dengan cara semi fermentasi yang dibuat dari bahan baku khusus.Teh oolong dihasilkan dari varietas camellia sinensis yang mempunyai aroma khusus.Teh ini memang belum terlalu popular ditelinga masyarakat karena daun teh oolong kebanyakan dihasilkan di perkebunan teh China dan Taiwan.Oolong dalam bahasa China memiliki arti Naga Hitam sebab daunnya mirip naga berwarna hitam dan bentuknya kecil pada saat diseduh daunnya akan terbuka,tetapi teh oolong kini juga sudah ada di Indonesia sperti Oolong Bengkulu,Oolong organik Banten,Jawa Oolong.

Proses pembuatan teh oolong ini berada diantara proses pembuatan teh hitam dan teh hijau,dimana teh oolong dihasilkan melalui proses pemanasan yang dilakukan setelah proses penggulungan daun,yang bertujuan untuk menghentikan proses fermentasi,maka dari itu teh oolong disebut juga sebagai teh semi fermentasi.

Teh oolong ini bisa dibilang hampir serupa dengan teh hijau,namun teh oolong lebih segar dan saat diseduh akan mengeluarkan cita rasa aroma yang harum dan lembut,rasa teh oolong ini juga seperti rasa buah yang segar.Teh oolong ini memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu kandungan senyawa theanin,polifenol,mineral dan alkaloid,sehingga kandungan antioksidannya 100x lebih tinggi dari suplemen vitamin c.

Kandungan polifenol dalam teh oolong membantu kesempurnaan Enzim Superxide Dismutase (SOD) yang dapat menyangkal radikal bebas.Didalam polifenol terdapat unsur katekin dan rendahnya Epigallokatekin (EGCG) serta Theaflavin yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh untuk menyangkal radikal bebas.Kandungan kafein pada teh oolong juga sangat rendah dibanding kopi sehingga dapat dijadikan alternatif untuk hidup sehat.

Berbagai Macam Kemasan Teh,sebagai berikut :

1. Teh Celup
Teh yang dikemas dalam kantong kecil biasanya terbuat dari kertas dan benang atau tali untuk pegangan saat dicelupkan.
2. Teh Saring
Teh saring yaitu teh yang dikemas dalam bahan kertas tanpa tali atau berupa serbuk teh.
3. Teh Seduh
Teh yang dikemas dalam kaleng
4. Teh Yang Dipres
Teh yang dipres agar padat dan diambil pada saat diperlukan saja,masa simpannya juga lebih lama.
5. Teh Stik
Teh yang dikemas dalam aluminium tipis berbentuk stik yang mempunyai lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai saringan teh.
6. Teh Instan
Teh yang tinggal dilarutkan atau diseduh pada air. 

Berbagai Macam Minuman Dari Teh 

1. Thai Tea



Minuman ini berasal dari Thailand yang pembuatannya dipadukan dengan rempah-rempah,tapi jangan kawatir untuk mencicipi minuman dari teh ini tidak usah jauh-jauh ke Thailand karena Minuman ini  juga dapat ditemukan dicafe Indonesia bahkan bisa membuat sendiri dirumah.berikut cara membuat Thai Tea.

Bahan-bahan :
1. Teh Hitam ( teh celup )
2. Air Panas
3. Susu kental manis putih 
4. Gula Pasir
5. Es batu yang diserut
6. Bunga Lawang ( jenis rempah berbentuk bunga )
7. Kayu Manis

Cara Membuat :
1. Seduh 1 kantung teh celup dan gula didalam gelas kocok  dengan air panas sebanyak 3/4 gelas.
2. Biarkan selama 30 menit untuk mendapat kan hasil teh yang pekat.
3. setelah itu,tambahkan susu sesuai selera,kocok sampai tercampur lalu tambahkan bunga lawang          dan kayu manis untuk menghasilkan cita rasa rempah.
4. Tambahkan es serut agar lebih segar.
5. Thai Tea siap dinikmati.

2. Matcha Green Tea Latte


Bahan - bahan :

1. Siapkan bubuk matcha green tea sebanyak 2 sdm
2. Air Panas 1/4 gelas
3. Susu Cair
4. Gula pasir 2 sdm
5. Es batu yang diserut
6. Ice Cream

Cara Membuatnya :

1. Masukan 2 sdm powder green tea dengan air panas kedalam blender,lalu haluskan.
2. Panaskan susu cair,dan gula pasir jangan sampai mendidih.
3. Campurkan susu ke dalam blender dengan es batu ,haluskan sampai berbusa.
4. Setelah di blender ,tuangkan kedalam gelas .berikan ice krim diatasnya dan tambahkan toping              serbuk green tea.
5. Matcha Green Tea Latte siap dinikmati.


3. Teh Tarik


Teh Tarik
Teh Tarik

Bahan-bahan :

1. Siapkan 200 ml air panas
2. Siapkan 2 kantong teh hitam aroma melati
3. 50 ml susu cair
4. 3 sdm susu kental manis

Cara membuat :

1. Seduh teh didalam gelas bergagang sampai berwarna hitam pekat,tambahkan susu cair dan susu           kental manis.
2. Tuangkan kedalam gelas kosong secara berkali-kali sampai berbusa.
3. Teh tarik siap dihidangkan.



Berikut merupakan informasi tentang teh,semoga bermanfaat sobat.!!



















Post Top Ad

MAIN MENU