Jumat, 13 Oktober 2017

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Cara Menyembuhkan Mata Minus


Kesehatan mata peru di jaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.Karena mata adalah salah satu panca indra yang penting dalam kehidupan manusia.Dengan mata kita dapat melihat ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan.

Cara menjaga kesehatan mata kita perlu mengonsumsi makanan sehat.Dengan begitu mata anda tetap sehat dan anda dapat menikmati keindahan alam dan juga dapat melihat wajah orang-orang yang ada di sekitar kita.Kesehatan mata minus dapat anda peroleh dengan cara menonsui makanan yang sehat.

Berikut ini cara menjaga kesehatan mata:


  • Hindari terlalu lama di depan komputer
    Untuk menjaga kesehatan mata,anda mencoba untuk tidak menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata anda cepat lelah.
  •  Kenakan kacamata dengan waktu yang tepat.
    Untuk menjaga kesehatan mata yaitu pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata ketika bekerja di sekitar bahan kimia dan tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.
  •     Jangan membaca dalam cahaya redup
   Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang       menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhentilah untuk sementara waktu dan beristirahat yang cukup.

  •  Melatih mata
Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dan sebuah obyek yang agak jauh dengan anda. Ulangi proses ini beberapa kali. Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata anda dan tutuplah mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya saja dengan begitu anda dapat menjaga kesehatan mata.

  • Jangan langsung melihat cahaya terang
 Menjaga kesehatan mata selnjutnya yaitu jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari atau sinar yang terlalu terang karena dapat merusak mata Anda.

  • Makanlah buah-buahan dan sayuran.
Wortel sarat dan kaya akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten adalah antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

  • Mengurangi pemakaian obat tetes mata.
 Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh. Namun hanya sesekali saja. Jika berlebihan memakai obat tetes mata, itu akan merusak kesehatan mata Anda.


Mata minus atau rabun jauh merupakan keadaan di mana penderita minus ini kesulitan untuk melihat benda-benda yang jaraknya jauh. Tidak hanya diderita oleh orang dewasa.Namun juga anak-anak dan para remaja juga beresiko terancam oleh penyakit yang dibilang sepele itu. Penyebabnya bisa dari keturunan, hingga kebiasaan buruk yaitu sering menonton TV dan membaca terlalu dekat.


Beikut ini cara menyembuhkan mata minus:


1. Segera melepas kacamata bila tidak di perlukan

 Otot mata akan menjadi kaku ketika kamu menggunakan kacamata, karena mata anda akan terbiasa fokus pada pusat lensa. Kesehatan mata minus anda dapat mecoba dengan cara, anda akan terbiasa menggunakan leher untuk melihat sekeliling ketimbang menggeser bola mata.

2. Berjemur di pagi hari

Cara menyemuhkan mata minus yaitu memanjakan mata anda dengan berjemur dapat dilakukan dengan cara menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata anda terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D dapat  tercukupi.

3. Melatih fokus penglihatan mata anda.

Untuk melakukan latihan memfokuskan mata anda, duduk dalam posisi yang nyaman, tempatkan telunjuk anda sekitar 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan anda kearah telunjuk selanjutnya alihkan fokus anda ke objek yang jauh di belakang telunjuk anda. Kemudian kembalikan fokus anda ke telunjuk. Lakukan dengan melirik tanpa dengan menggeserkan kepala.

4. Kurangi ketegangan

Sebaiknya jangan terlalu lama menatap satu objek tertentu, karena hal itu akan menyebabkan otot mata anda menjadi tegang dan kaku. Misalkan ketika anda sedang menatap layar komputer anda, alihkan pandangan beberapa saat ke jendela ataupun objek lain di sekitar anda, barulah anda kembali menatap layar komputer.

5. Mengompres mata anda.

Untuk membersihkan mata, anda bisa menggunakan obat tetes mata agar mata terhindar dari kuman dan bakteri tetapi janganlah terlalu serig menggunakan obat tetes mata. Selain itu juga, anda bisa membilas mata dengan air hangat. Caranya, siapkan semangkuk air hangat kemudian masukkan mata anda ke dalam air tersebut dan berkedip-kedip selama beberapa saat. Dengan melalukan langkah ini dapat mengeluarkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata anda.

6. Menyegarkan mata denagn menikmati pemandangan hijau

Sesekali anda pergilah mencari objek pegunungan ataupun pepohonan dalam penyegaran mata. Objek berwarna hijau diyakini dapat memberikan ketenangan atau dampak positif bagi kesehatan mata. Selain baik untuk mata, kegiatan ini juga berguna untuk mengembalikan pikiran anda  tetap jernih.


7. Istirahatkan mata

Cara menjaga kesehatan mata ini mampu untuk mengistirahatkan mata atau membuatnya rileks. Gosok-gosokkan telapak tangan hingga hangat, tutup kedua mata dan tempelkan dengan telapak tangan yang hangat itu. Kemudian anda bisa lakukan kapanpun saat mata anda merasa penat atau lelah.

8. Menjaga pola makan

Untuk penanganan dari dalam, anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak  yang mengandung vitamin A, betakaroten, omega 3, luthein, lycopene, dan zink. Kandungan zat ini  dibutuhkan oleh mata. Beberapa makanan yang mampu mengembalikan kesehatan mata yaitu  wortel, ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, dan tiram dan masih banyak lagi.


9. Pijat pada titik-titik di sekitar mata setelah bangun tidur

Lakukan pijatan-pijatan ringan di sekeliling mata anda setiap kali bangun tidur. Pijatan ini dapat berguna untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan mata yang lelah atau penat.

10. Melakukan terpi lilin

Cara menyembuhkan mata minus anda dapat melakukanya dengan mudah,yaitu nyalakan lilin krmudian tataplah cahaya lilin tersebut sampai anda mengeluarkan air mata. Usahakan untuk tidak terlalu banyak berkedip supaya makin banyak air mata yang akan dikeluarkan.Anda dapat  melakukan terapi lilin ini selama 4 kali dalam seminggu.


Penyebab terjadinya mata minus:


  • Kurang istirahat

Terlalu lama beraktifitas pada jarak pandang seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan mesin, di depan berkas, dan lainnya. Mata anda mebutuhkan istirahat yang teratur dan  tidak terus berkontraksi yang monoton.

  • Kebiasaan buruk

Penyebab terjadinya mata minus ialah kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita. Seperti membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat gelap, membaca di bawah sinar matahari langsung yang menyialukan , menatap sumber cahaya terang langsung, dan sebagainya

  • Kekurangan gizi

Kekurangan gizi yang dibutuhkan oleh mata bisa memperlemah mata sehingga kurang mampu bekerja keras dan mudah untuk terkena rabun jika mata bekerja terlalu dipaksakan. Vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya bagus untuk kesehatan mata.

  • Terlalu dekat dengan buku saat membaca

Penyebab mata minus yaitu jarak yang terlalu dekat dengan buku pada saat anda membaca buku, menonton televisi, bermain video games,ataupun pada saat main komputer. Mata yang dipaksakan dapat merusak mata anda. Pelajari jarak aman aktivitas mata kita agar selalu terjaga kesehatanya dan kenormalannya.

  • Faktor tempat tinggal

Tinggal di tempat yang sempit dan sesak.Dapat membuat  mata kita kurang berkontraksi melihat jarak yang jauh-jauh.Dengan begitu  otot mata jadi tidak normal. Aturlah sedemikian rupa ruang rumah kita agar dapat melihat jarak pandang yang cukup jauh jauh.

Post Top Ad

MAIN MENU