Rabu, 11 Oktober 2017

Belajar Teknik Dasar Fotografi Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula



Belajar fotografi sebaiknya step by step dan sebaiknya jangan terlalu banyak melangkah terlalu jauh ke tahap yang terlalu sulit untuk di pelajari jika tidak mengetahui caranya yang di mulai dari mana.Dan itu membuat anda bingung,bertnya-tanya dan membuat anda kembli ke tahap yang paling awal.Di artikel ini saya akan menulis beberapa tutorial dasar fotografi yang penting untuk di pelajari bagi anda yang baru dalam dunia fotografi.


Teknik  Dasar Fotografi untuk pemula, Anda menginginkan  fotografer handal tetapi bingung mau belajar siapa dan kemana?. Tenang tidak perlu khawatir anda bisa membaca artikel berikut ini dan ikuti langkah-langkah mudahnya. Saat ini banyak orang yang memiliki hobi fotografi baik hanya sekedar mencari kesenangan atau untuk komersil. Terlebih lagi saat ini semakin banyak tempat yang memiliki pemandangan indah.

 Itu sebabnya sekarang banyak perusahaan yang meluncurkan produk kamera dengan kualitas baik. Walaupun sudah dilengkapi dengan fitur yang canggih dan kamera resolusi tinggi seperti DSLR namun tetap saja bagi orang awam masih bingung bagaimana cara mengambil gambar yang baik dan tepat sesuai yang di inginkan. Yang utama anda harus memahami dan mengetahui dimana letak-letak tombol dan fitur tersebut. Kalau perlu cobalah anda baca buku panduan manual yang anda peroleh saat pertama kali beli kamera. Jangan takut salah ataupun rusak saat mencoba menekan-nekan tombol tersebut.

Berikutnya pelajari teknik-teknik fotografi untuk pemula seperti mengenai cara zoom atau lain sebagainya termasuk cara membuat blur bagian belakang objek sehingga seperti nyata. Selain itu kita bisa memuat berbagai unsur lain seperti bidang, warna, tekstur serta pola. Yang terakhir kita harus mengetahui berbagai teknik seperti cara memotret secara vertikal, ataupun horizontal.

 Dengan kamera DSLR memang perlu teknik dan pastinya harus dicoba berulang-ulang kali agar bisa memperoleh gambar yang memuaskan. Sebelum kita handal dalam mengambil gambar menggunakan kamera ini maka anda harus mengetahui terlebih dulu fitur-fitur yang terdapat di dalam kamera tersebut mulai dari  ISO, Aperature, Shutter Speed dan masih banyak lagi.

Berikut ini teknik fotografi dslr untuk pemula:

  1. Kenali tombol-tombol pada kamera DSLR melalui buku panduan yang tersedia pada saat pertamakali membeli kamera.
  2. Langsung mempratekan langsug istilah-istilah pada kamera.
  3. Kenali lebih jauh soal ISO
  4. Rasakan keseimbangan pada foto yang anda ambil
  5. Temukan unsur visual pada foto anda
  6. Ketahuailah true of third.Tempatkan suatu objek yang difoto menjadi tiga bagian horizontal dan vertikal.Nantinya akan digunakan sebagai tempatideal penempatan objek yang difokuskan.

 Teknik Fotografi Dasar Untuk Pemula

Bila anda yang baru dalam dunia fotografi,maka berikut ini teknik dasar fotografi.Yang pertama yang harus anda kenali pada dunia fotografi.Berikut ini tekniknya:


  • Mengenal kamera 
Teknik dasar fotografi yang pertama yaitu mengenal bagian-bagian penting kamera serta fitur dan keungulan kamera anda.Kenalilah dan pelajari fungsi dari setiap tombol-tombol  yang tersebar pada kamera fotografi anda.

  • Cara menekan tombol shutter
Tombol ini adalah tombol yang anda tekan untuk mengambil gambar pada saat memotret.Cara menekan tombol ini sangat berbeda pada saat anda menggunkan kamera lainya.
  • Eksposur
Eksposur merupakan nyawa dari fotografi dan merupakan sangat si rekomendasikan untuk anda mengetahui dan mengetahui apa saja yang perlu di pelajari bagi pemula yang berhubungan dengan ini.

  • Mengenal Mode Pemotretan
Semua kamera DSLR menyediakan pengoprasian kamera.Muali dari pengoperasian yang mudah sampai pengoperasian yang manual yang di  namakan dengan mode atau modus pemotretan.

  • Pengaturan Tentang lensa DSLR
Kamera terbagi dua yaitu lena dan body yang di hubungkan ke body kamera DSLR.

  • Settingan Kamera
Penaturan kamera yang perlu anda kuasai dan behubungan erat dengan hasil pemotretan.Macam-macam jenis shooting pada Dive Mode,White Balnce,Picture stlye.



Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk anda yang baru dalam dunia fotografi


Ketika pertama kali mengunakan kamera ini akan merasakan peredaan dibandingkan menggunakan kamera point shoot atau kamera saku yang biasanya anda pakai.Kamera DSLR hadir dengan lebih banyak fitur dan juga lebih banyak tombol di banding dengan kamera yang lainya.Kita perlu memelajari setiap ikon tombol agar kita menggunakan kamera dengan semaksimal mungkin.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita ketahui Dalam Menggunakan Kamera DSLR:

1.Teknik dan Dasar fotografi yang pertama dalam menggunakan kamera DSLR yaitu Cara Memegang Kamera dengan benar.
Sebagai seorang pemula yang biasanya memegang kamera saku, tentu akan sedikit janggal bila menggunakan kamera DSLR yang rata-rata memiliki body besar. Untuk itu, kita harus memahami cara memegang kamera dengan benar. Ingat cara anda memegang kamera dengan stabil dan benar akan menjadi landasan dalam memotret yang sempurna. Salah memegang kamera bisa membuat kualitas foto kita tak sempurna.


2. Kenali Tombol Pada Kamera
Ketika pertama kali menggunakan kamera DSLR, mungkin akan terasa perbedaan dibanding menggunakan kamera saku atau kamera point shoot. Kamera DSLR hadir dengan lebih banyak tombol dan fitur dibanding kamera saku. Kita perlu mempelajari setiap ikon pada tombol agar kita bisa menggunakan kamera dengan maksimal.


3. Mode Aperture dan Shutter
Aperture dan shutter mungkin menjadi hal yang penting yang sering kita temukan dalam kamera digital. Mode Aperture dan Shutter priority membuat mode aperture dan shutter akan diatur secara otomatis. Mode ini tentu membuat kita bisa memotret dengan lebih mudah. Kita bisa memakai manual mode untuk menghadirkan setting aperture dan shutter yang lebih beragam. 

4. White Balance
Sering sekali masalah ini ditemui oleh pengguna pemula kamera DSLR yaitu memotret dengan warna yang kurang sesuai. Untuk itu kita harus mengenal dulu white balance ini agar kamera bisa memotret dengan warna sesuai dengan keadaan.

5. Tombol Shutter
Tombol shutter dalam kamera DSLR ini tidak digunakan sembarangan. Untuk cara memegang kamera DSLR ini, kita harus mempelajari teknik melepas shutter terleih dahulu. Terkadang menekan setengah shutter bisa membuat fokus lensa. Jadi perhatikan dengan benar kapan shutter harus dilepas.

6. Mengkunci Fokus
Teknik fotografi yang harus dipelajari seorang pemula yaitu  mengunci focus . Kita harus bisa menemukan focal length yang pas sehingga gambar bisa lebih fokus baik subjek dan background. Bila kita salah mengunci focal atau fokus maka  foto yang dihasilkan akan blur.

7. Flash Kamera
 Menggunakan flash dapat menambah kesan mendalam sebuah foto. kita bisa memainkan pencahayaan sehingga subjek tampak jelas. Namun, jika kita salah menggunakan flash kamera, hasil foto kita akan tampak terlalu terang.

8. Cara Membersihkan Lensa
 Lensa adalah hal yang penting dalam kamera. Kita harus mencegah lensa agar tidak kotor. Jangan berganti lensa disembarang tempat, sebaiknya berhati-hati saat memotret di tempat yang berdebu. Saat membersihkan lensa, kita harus hati-hati, jangan sampai membuat lensa tergores.

9. Rule of Thirds
Cara menggunakan kamera DSLR kita harus menempatkan subjek, kita harus memahami rule of thirds. Kita harus bisa menempatkan subjek dengan baik dan jangan berpatokan subjek di tegah.

10. Background yang Tepat
 Setting kamera dan aturan pakai kamera berikutnya yaitu memilih background yang tepat untuk objek anda. Bila kiat memotret subjek yang bagus, namun tidak didukung oleh background yang pas, tentu akan menghasilkan foto yang tidak sempurna.

Post Top Ad

MAIN MENU