Rabu, 04 Oktober 2017

Baju Batik Modern Dari Berbagai Daerah

Batik adalah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan cara menuliskan atau menerakan malam (lilin) pada kain tersebut,dan proses pengolahannya dengan cara tertentu sehingga memiliki ciri khas batik tradisional dan batik modern.

Indonesia memiliki corak batik yang sangat beragam,dan setiap daerah pasti mempunyai ciri khasnya tersendiri,dan memiliki arti tertentu.Batik Indonesia sebagai teknik,teknologi,serta pengembangan motif dan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Bendawi guna meningkatkan kesadaran tentang warisan budaya dan mendorong masyarakat Indonesia agar ikut melestarikannya serta peningkatan SDA desain batik modern.

Pada masa kini kain Batik banyak dipadukan dengan kain biasa oleh desainer untuk membuat Baju Batik modern dengan berbagai model,tujuannya yaitu untuk melestarikan batik Indonesia melalui sesuatu yang bersifat modern.Dengan cara seperti ini masyarakat akan lebih suka dengan motif baju batik yang lebih berkombinasi dan modern tetapi desainnya juga tidak melupakan seni tradisional.


7 Baju Batik Modern Dengan Motif Berbagai Daerah

1. Batik Banyumas 


batik banyumas
Batik Banyumas

Batik Banyumas pada awalnya berpusat di daerah Sokaraja yang dibawa oleh pengawal Pangeran Diponegoro. Motif batik Banyumas didominasi dengan warna dasar coklat dan hitam ,motif itu disebut motif jonasan. Hingga saat ini motif batik banyumas berkembang seperti motif cempaka mulya, sekar surya, jahe puger,satria busana dll. 

Pada masa kini batik lebih sering dibuat dengan cara di cap daripada di tulis ,karena pembuatan batik tulis memang lebih sulit dan pengerjaannya cukup lama ,tetapi soal harga pasti lebih mahal batik tulis.Desain diatas merupakan contoh baju batik modern dengan lukisan motif dari Banyumas.

2. Batik Madura


Batik Daerah Madura
Batik Madura
Batik Madura berasal dari kerajaan Pamelingan di Pamekasan,Madura. Batik Madura diperkenalkan oleh tokoh dari kerajaan yaitu Adipati Sumenep,Arya Wiraraja yang memiliki kedekatan dengan Raden Wijaya.

Motif Batik Madura cenderung lebih menyajikan warna yang terang seperti merah,kuning,hijau dan biru,penggunaan warnanyapun diambil dari bahan dasar alami. Ragam motif batik Madura diambil dari motif tumbuhan,binatang dan juga kreasi dari pembatik itu sendiri.

Salah satu ciri khas dari batik Madura yaitu terdapat garis-garis dominan yang tersaji dalam satu desain batiknya dan setiap motif memiliki cerita dan filosofi unik pada kehidupan sehari-hari masyarakat Madura.Baju batik modern diatas merupakan batik tulis Madura sarung motif bulu ayam.

3. Batik Pekalongan


Batik Pekalongan Modern
Batik Pekalongan
Batik ini mayoritas dibuat oleh masyarakat pesisir pantai, sehingga Batik Pekalongan juga disebut Batik Pesisir.Produk kain batik Pekalongan ini dari segi pewarnaannya yang lebih cerah dan atraktif merupakan kelebihan yang berbeda dengan produk batik yang lainnya.

Baju batik modern rancangan desainer terkenal Dian Pelangi itu sangat terlihat keren dengan perpaduan batik Pekalongan style yang modern dan warna yang macing.

4.  Batik Papua




Batik Papua
Batik Papua


Motif batik Papua cenderung warnanya gelap,Gambar burung Cenderawasih sebagai ciri khas pada setiap motif batik dari tanah Papua dan gambaran patung khas Papua juga menggunakan simbol-simbol keramat dalam bentuk ukiran.Motif batik Papua sangat beragam diantaranya adalah motif batik kamoro,sentani,prada,tifa honai dll.

Proses pembuatan batik di Papua dibagi menjadi 2 yaitu para wanita mengerjakan batik tulis dan lelaki mengerjakan batik cap,bahan kain yang digunakan yaitu kain sutera dan kain katun.Tetapi lebih banyak menggunakan kain katun karena cuaca Papua cukup panas.Desain Batik modern longdress diatas sederhana tetapi santai untuk dikenakan untuk sehari-hari dirumah.

5. Batik Aceh



Batik Aceh Motif  Bungong Jeumpa
Batik Aceh
Motif batik Aceh terlihat sangat unik karena menggunakan unsur alam dan budaya aceh,warna yang digunakan lebih dominan pada warna-warna yang cerah seperti merah,kuning,hijau dll.Warna itulah yang memberikan kesan unik dan glamour,jarang sekali motif hewan pada batik Aceh karena larangan syariat islam untuk menggambarkan makhluk yang bernyawa.

Ada beberapa jenis motif batik Aceh sebagai berikut :

- motif batik Pintu Aceh, memiliki arti sebuah kepribadian masyarakat Aceh yang selalu  rendah hati dan bersabar.
- motif batik Bungong Jeumpa
- motif batik Rencong,merupakan gambaran dari alat senjata tradisional Aceh yang dahulu digunakan untuk perang kemerdekaan RI.

6. Batik Banyuwangi


Sejarah batik Banyuwangi berawal ketika terjadi perebutan Blambangan oleh Mataram pada saat pemerintahan Sultan Agung. Semua motif yang tercetak pada batik Banyuwangi mengandung nila-nilai estetika yang dimiliki oleh masyarakat Banyuwangi.


Salah satunya motif batik yang tertua adalah motif batik Gajah Oling,merupakan motif seperti belut besar.yang membentuk seperti tanda tanya padahal itu gambar kuping gajah yang di hiasi kupu-kupu,manggar dan sejenis tumbuhan laut lainnya.

7. Batik Jepara 

Membatik yaitu suatu hal yang dapat melatih mengontrol emosi karena membatik itu perlu kesabaran.Para pembatik di Banyuwangi terinspirasi dari ukiran kayu seperti motif parang poro,lung-lungan,kembang setaman,sekar jagad bumi kartini dll.


Motif daerah ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu motif lama dan motif baru. Motif lama memiliki pola dengan warna daun ulir hijau, gajah coklat,lung hitam, dll.Sementara motif baru adalah batik tulis dengan banyak variasi dan kreasi yang modern.



Beberapa keistimewaan batik Indonesia antara lain :

1. Motif yang beragam.
2. Nilai filosofis dan historis dari setiap corak.
3. Keunikan dari cara pembuatannya.
4. Cocok untuk di jadikan fashion dan berbagai accecories.
5. Fleksibel pemakaiannya.
6. Memiliki kesan istimewa.
7. Khazanah tradisi turun temurun.


Contoh Motif Batik Modern

Motif batik kini sangat beragam desain,dan kain batik juga  banyak dipadukan dengan bahan kain yang lain.Batik banyak digunakan pada acara-acara resmi seperti pesta pernikahan,sekolah,rapat guru dll.

Namun pada saat ini batik modern tidak hanya digunakan acara resmi malah banyak dijadikan ajang festival dengan desain baju dan pernak-perniknya dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal berbagai macam motif batik dari berbagai daerah seluruh Indonesia dan melestarikannya serta menampilkan desain modern rancangan desainer profesional dari Sabang sampai Merauke.

Motif batik biasanya hanya bergambar alam,tumbuhan,dan hewan saja,sekarang motif batik berkembang dengan berbagai gambar,ada yang geometric,pattern,sketsa dll.
dibawah ini contoh desain baju batik modern :

1. Desain Motif Geometric

Motif Batik Geometric
Motif Batik Geometric

2. Desain Motif Pattern


Baju Batik Motif Pattern
Motif Batik Pattern

3.Desain Motif Sketsa

Desain Batik Motif Sketsa
Motif  Batik Sketsa

Berikut merupakan artikel tentang batik dari berbagai daerah beserta fashion modernnya,semoga bermanfaat ...Terimakasih !!!










Post Top Ad

MAIN MENU