Jumat, 22 September 2017

Tips Dan Teknik Food Fotografi


Rumahkreative.id- adalah teknik memotret makanan dengan hasil makanan menjadi menggoda.Fotografi makanan pada rumah produksi, periklanan, kafe dan lainya sangat mutlak di butuhkan.Food fotografi terbilang mudah,tetapi masih ada teori ataupun tips dan terik yang perlu di pahami para food fotografer untuk menghasilkan foto makanan yang baik.

Berikut ini tip dan trik jitu dalam food fotografi

Makanan adalah salah satu komponen dalam menunjukan atau memperkenalkan identitas kafe ataupun restoran.Untuk alasan itulah,anda ataupun oarang-orang berlomba menghasilkan foto makanan dengan tampilan yang menarik atau bagus sesuai dengan merik masing-masing untuk menarik pengunjung yang ingin membeli makanan.Dan anda harus memastikan bahwa makanan yang anda memotretnya, harus tetap terlihat segar dan menarik seperti saat anda melihat untuk pertamakalinya.
Berikut ini tips dan triknya:

1. Porsi Makanan Sedikit

Umumnya,orang makan makanan dengan porsi penuh.Namun, dalam food fotografi tidak demikian,semakin sedikit porsi makanan makan akan semakin baik.Anda menampilkan porsi makanan pada piring dengan porsi sedikit dengan begitu akan membawa perhatian lebih banyak pada makanan itu sendiri. Porsi makanan yang sedikit memberikan gambaran yang menarik.Dengan begitu anda dapat memberikan audiens melihat-lihat  food fotografi yang anda buat.Semakin banyak komponenyang anda tampilkan maka akan semakin tidak jelas. Maka anda harus memperhatikan kesederhanaan makanan yang anda potret dan hasilnya akan semakin menarik.

2.Gunakan Makanan Selagi Panas

Bila anda ingin mengambil gambar sup atau yang lainyan dengan menampilkan uap panas.Makasebelumnya atur penaturan kamera anda.Dan pastika alat peraga dan pendukung lainya sudah di siapkan.Dengan alat yang tepat maka anda akan mendapatkan hasil yang di inginkan.Bila anda tidak memiliki backegraun yang gelap maka anda gunakan cahaya tambahan untuk memberi pencahayaan yang cukup untuk objek makanan anda.Dengan mengambil gambar makanan yang masih panas memiliki batas waktu,maka anda harus menggunakan waktu sebaik mungkin.

3.Matikan On-Camera Flash 

Flash dapat memberikan dampak kurang baik pada setiap makanan yang anda potret.Karena jumlah pencahayaan yang berlebihan.Dengan begitu bayangan yang kurang menarik akan nampak pada makanan anda dan piring.Makanan akan terlihat baik dengan pencahayaan yang lembut dengan memanfaatkan pencahayaan dengan sebaik mungkin.

4.Gunakan Tripod


Tripod yaitu alat yang sangat berguna pada saat anda melakukan food fotografi.Alat ini digunakan untuk menjaga agar kamera tetap setabil pada saat anda melakukan pemotretan.Alat ini memudahkan seseorang melakukan food fotografi.Dengan tripod tangan anda bebas untuk menentukan gaya makanan anda.

5.Pencahayaaan

Pencahayaan adalah suatu hal yang penting dalam pemotretan gambar.Cahaya yang terlalu besar dapat menghasilkan foto yang kurang baik pada tempat pemotretan anda.Mencari alat dalam mengontrol cahaya itu sendiri,sanagt membantu anda dalam food fotografi.Di samping itu jiaka anda menggunakan cahaya yang sedikit maka anda dapat merusak foto anda sendiri.Maka pastikan bahwa pencahayaan yang anda gunakan tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.Sedikit tips,jika anda menggunakan cahaya matahari langsung,maka gunakan diffusor untuk meningkatkan kualitas dari cahaya tersebut.Dan ketika anda   menggunakan cahaya alami  Seringkali, cahaya  matahari yang anda dapatkan jatuh pada latar belakang atau alat peraga  sehingga menyebabkan cahaya menjadi terang atau lebih terang dari subjek anda. Gunakan  black card untuk memblokir cahaya yang hendak bersaing dengan subjek anda. Ini  merupakan teknik yang  penting dalam menciptakan bayangan gelap dengan gambar yang bergaya.

Post Top Ad

MAIN MENU