Jumat, 08 September 2017

Prinsip Fotografi dan Sejarah yang Harus Diketahui Pemula

Picture: Camera
Prinsip Fotografi-  Pengertian Fotografi sendiri ialah seni ataupun proses untuk menghasilkan gambar dan cahaya pada film dengan waktu yang Bersamaan.Bila kita mencari dimedia manapun pasti pengertian fotografi sma yaitu pengambilan gambar menggunakan media cahaya dengan tepat.
 
Prinsip dalam sebuah projek memang dibutuhkan apalagi ketika kita menginginkan jadi fotografi terkenal. Tidak layak dikatakan sebagai fotografi yang terkenal kalau kita tidak tau prinsip fotografi dan sejarahnya nah disinilah mari kita ulas prinsip dan sejarah adanya fotografi didunia.

1. Prinsip Fotografi

Prinsip fotografi

   Prinsip fotografi adalah kita harus bisa  mem fokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan  cahaya sehingga dapat membakar medium penangkap cahaya tersebut. Medium yang sudah dibakar dengan ukuran  intensitas cahayanya  yang tepat  sehingga dapat menghasilkan bayangan identic  yang  bersamaan dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan tersebut (selanjutnya disebut lensa).

   Fotografi itu sendiri berasal dari 2 kata yaitu Photo yang artinya cahaya dan Graph yang diartikan sebagai tulisan atau lukisan. istilah dalam umumnya, fotografi juga bisa disebut  sebagai proses atau metode (step by step) untuk menghasilkan beberapa gambar/foto  dari suatu obyek foto yang dengan merekam pantulan cahaya yang dapat  mengenai obyek gambar tersebut pada media yang peka terhadap cahaya.

   Dalam seni rupa, fotografi diartikan proses melukis dengan menggunakan cahaya.Jadi dapat di katakana juga dalam fotografi jika tidak ada cahaya yang baik, berarti tidak ada foto yang bisa dibuat benar bukan?. Untuk menghasilkan beberapa gambar/foto  dengan intensitas cahayanya yang tepat dan baik  untuk menghasilkan gambar/foto yang sempurna dan yang kita inginkan, digunakan beberapa alat bantuan salah satunya alat ukur berupa lightmeter. Atur cahaya kedalam kombinasi, Kecepatan Rana ( shuter Speed ) ISO / ASA (ISO Speed), Diafragma ( Aperture ) . Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai Eksposur (Exposure).
2. Sejarah Fotografi


Contoh Hasil Foto dari fotografi dulu

   Pada abad ke-V sebelum masehi, ada orang yang bernamakan  Moti, berhasil menemukan Gejala fotografi  pada waktu itu apabila didalam sebuah ruangan yang gelap namun ada lubang yang memancarkan sinar, maka di tembok pada satu ruangan tersebut akan terlihat gambar sumber cahaya yang tadi secara terbalik.
   Ibn Al-Haitham, seseorang dari Arab juga menemukan menemukan gejala yang sama seperti Moti. Foto  yang pertama ditemukan dan dibuat pada tahun 1826 dengan durasi selama 8 jam.
Tahun 1837 Louis-Jacques- Mand√© Daquerre diberi gelar menjadi  bapak fotografi dunia . Camera Obscura adalah  kamera yang pertama kali yang ia pakai untuk memotret.
pada tahun 1888 di Amerikajuga ada Kamera Kodak (Eastmant Kodak) yang pertama kali dipatenkan.
    Tahun 1900 seorang Juru gambar juga  telah menciptakan kamera Mammoth. Kamera ini amat besar ukurannya bila dibandingkan dengan kamera sekarang dimana beratnya mencapai 1,400 pound. Dan Lens seberat 500 pound. Sewaktu mengubah posisi atau memindahkannya membutuhkan tenaga manusia sebanyak 15 orang loh kawan. 

Seiring berkembangnya jaman juga fotografi memiliki kemajuan yang cukup hebat sehingga menghasilkan cabang-cabang fotografi seperti :

1.Fotografi Studio
2.Fotografi Udara (Aerial)
3.Fotografi Komersial
4.Fotografi Interior
5.Fotografi Fashion
6.Fotografi Satwa dan flora
7.Fotografi Dokumentasi
8.Fotografi Jurnalistik
9.Fotografi Seni (Fine Art)


Post Top Ad

MAIN MENU