Senin, 11 September 2017

Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Kuliner jogja
Masakan indonesia

   Saat kalian mendengar kata Kuliner jogja mungkin kalian akan terbayang dengan gudeg terkenal khas jogja tersebut bukan? Bagaimana tidak, Gudeg, bakpia,Yangko, itu semua masakan jogja yang sudah tidak asing kita dengar, walaupun kita tidak pernah mengunjungi  jogja akan tetapi nama makanan tersebut  pasti kita dengar.

Maka dari itu mari kita ulas beberapa makanan  yang ada di jogja tersebut  akan tetapi sedikit berbeda dengan yang lainnya, kuliner unik dan tentunya tidak kalah menggoyangkan lidah bila kita mencicipi makanan tersebut.

 1. Gudeg Mercon Bu Tinah yang Membakar lidah para penyicipnya

khas
Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg manis khas kuliner jogja tidak asing bukan? Akan tetapi  bagaimana jika gudeg tersebut Bu tinah sulap menjadi gudeg mercon yang membakar lidah, para pecinta pedas pastinya ingin mencicipi gudeg tersebut

Gudeg mercon ini  terletak di Jl. Asem  Gede, Kranggan, Yogyakarta tepatnya belakang pasar Krangan  ini memang rasanya paling berbeda daripada gudeg-gudeg lainnya di Jogja.
Gudeg  anti mainstream ini juga jam jualannya sangat unik.Warung bu Tinah buka pada pukul 20.00 hingga pukul 03.00 dini hari loh. Selain gudeg mercon bu Tinah juga menyediakan lauk seperti telur, gorengan hangat, ceker goring dibaluti tepung, ayam kampung, sate ayam. Harga yang ditawarkannyapun Cuma  Rp 15.000 hingga Rp 25.000 saja.

2. Nasi Goreng Kalkun tak kalah enak dengan nasi goreng Kridosono

Kuliner unik
Nasi Goreng Kalkun

Tepatnya di Jalan HOS Cokroaminoto, terdapat rumah kecil yang sedikit  bagian terasnya disulap menjadi warung nasi goreng dan rica-rica  ini selalu ramai dipadati para pengunjung saat sore hingga malam hari. Warung yang cukup sederhana ini juga menyajikan nasi goreng dan rica-rica. Dan anda dapat memilih 2 pilihan daging yaitu: enthok dan kalkun. Daging kalkun yang dimasak hingga empuk ini  dipadukan bumbu rempah yang meresap sungguh benar-benar menggugah selera para pengunjung. Rasa nasi gorengnya juga sama enaknya karena pada dasarnya menggunakan bumbu dari rica-ricanya tersebut.

Harga yang ditawarkan juga tidak mahal-mahal yaitu  berkisar  Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja. Akan  tetapi pastikan kamu gak datang kemalaman karena warung ini di atas pukul 20.00, daging kalkunnya  pasti sudah habis.

3. Mie Jawa Warung Mbah Gito, Kotagede

Makanan
Mie Jawa

Berkunjung  ke Jogja belum bisa dikatakan syah jika kalian belum sempat mampir ke warung kuliner bakmi jawa mbah Gito loh. Warung sederhana dengan interior warungnya sangat  njawani dan berada di Jl. Ni Ageng Nis, No. 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta ini termasuk kuliner jogja yang wajib dikunjungi. Kamu akan dibuat kaget ketika memasuki warung bakmi mbah Gito ini. Karena  Hampir keseluruhan interior warungnya didominasi dengan kayu. Terlebih lagi, kalo kalian lihat pada bagian pojok warung, kalian serentak akan melihat panggung mini yang memang  digunakan sebagai tempat pertunjukan wayang kulit pada setiap malam minggu. Warung bakmi Mbah Gito buka dari 10.00 hingga 23.00.

4. Sup Merah dengan level yang anda mau

Warung Kuliner
Sup Merah                    

Warung kecil tempat kuliner jogja yang berada  di pinggir lampu merah pada pertigaan Jalan dekat  Kolonel Sugiono ini selalu ramai tiap harinya loh. Ketika pertama kali kalian datang, kalian bisa memilih sendiri isian sop ayam yang kalian inginkan, misalnya kepala, ceker, ati ampel, sayap, atau paha. Kemudian kamu juga bisa minta level pedas sesuai selera kalian. Bagi kamu para penggila pedas, wajib banget nih masukin sup merah ke dalam tempat tujuan jalan-jalanmu terutama di jogja.
                                            
5. Manggut Lele Mbah Marto Jogja

Masakan
Manggut lele

Manggut Lele Mbah Marto ini Yakni makanan yang pasti berbahan dasar ikan lele ,Manggut ini berada di Dusun Nengahan, Ngiring-Ngiring, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Ciri khas masakan yang satu ini berada pad acara memasaknya menggunakan bantuan tungku.

Cara memasak masakan lele di Manggut Lele Mbah Marto yaitu lelenya di tusuk dengan pelepah daun kelapa segar, setelah itu kemudian di panggang  menggunakan kayu bakar di atas tungku. Setelah lele matang lalu di campur dengan bumbu dan kuah santan yang lezat.

6. Nasi Goreng Beringharjo Jogja

Wisata Kuliner
Nasi goreng Beringharjo

Tentu saja jika kita lihat dari nama tempat makannya, kita sudah tahu pasti menu apa yang akan dihidangkan di Nasi Goreng Beringharjo ini. Wisata kuliner jogja yang satu ini juga  merupakan tempat wisata kuliner paling tua di Kota Jogja loh ternyata. Jika kalian ingin mencicipi nasi goreng ini silahkan anda kunjungi  Jalan Pabringan 1, Yogyakarta.

Post Top Ad

MAIN MENU