Rabu, 20 September 2017

Edelweis Jawa Hampir Punah

Edelweis -merupakan flora yang dilindungi karena hampir punah di Indonesia.Edelweis Jawa (Javanese edelweiss) ini merupakan tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi di Indonesia, seperti Gunung Papandayan,Gunung Rinjani, Gunung Gede, Gunung Pangrango,dll.


bunga-edelweiss-Anaphalis-javanica
The Picture Anaphalis Javanica


Bunga Edelweis Biasanya tumbuh pada ketinggian 2000 Mpdl dan dapat ditemukan di lereng Gunung Gede.Bunga ini ditemukan oleh Georg carl Reinwardt pada tahun 1819 silam,dan memiliki nama latin (Anaphalis Javanica) Bunga ini mempunyai julukan yaitu bunga abadi sehingga banyak para pendaki yang mengambil bunga ini karena mitosnya bunga ini merupakan lambang cinta yang abadi. Di Asia Tengah dan Selatan tersebar kurang lebihnya sebanyak 110 jenis.

 Di Asia Tenggara termasuk New Guinea, hanya terdapat 6 jenis Anaphalis (Edelweis) yaitu: A. javanica, A. longifolia, A. maxima, A. viscida, A. helwigii dan A. arfakensis. Jenis A. javanica dan A. longifolia sangat berkerabat dekat dengan bentuk morfologi yang hampir serupa, A. javanica serupa dengan Anaphalis di Sri Lanka

Berdasarkan IUCN redlist, Anaphalis spp,termasuk kedalam kategori threatened atau tumbuhan yang kondisi keberadaannya terancam. Kondisi ini didukung dengan adanya gangguan aktivitas tangan-tangan jahil, karena tumbuhan ini hidup di sekitar jalur pendakian di pegunungan Indonesia.

 Selain itu,Edelweis tercatat bahwa persemaiannya memerlukan waktu kurang lebih 13 tahun untuk mencapai tinggi 20 cm dan sampai saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana cara mereproduksi tumbuhan tersebut, sehingga banyak aspek yang perlu diketahui untuk melestarikannya, baik pelestarian secara in situ maupun ex situ,sangat sayang sekali jika bunga ini hilang dimuka bumi padahal begitu indah dan cantik. Maka dari itu pemerintah Indonesia mengeluarkan PP No.7 Tahun 1999 tentang PENGAWETAN JENIS TUMBUHAN DAN SATWA sehingga para pendaki yang memetik Edelweis dapat dikenakan sangsi.

 A. javanica sangat bermanfaat diantaranya sebagai tanaman obat tradisional untuk mengobati gangguan perut dan gangguan pernafasan dan juga sebagai pelindung untuk menahan hempasan air hujan sehinga dapat mengurangi erosi di lereng pegunungan.

 Menurut penelitian Messner et al (2013) didalam Edelweis terdapat lignin berupa senyawa 5-Methoxyleoligin yang berfungsi untuk merangsang angiogenesis (proses pembentukan pembuluh darah) pada penyakit myocardial infarction (MI), Penelitian edelweiss pada jenis lain yaitu jenis Leontopodium alpinum yang berfungsi sebagai tanaman obat dan kosmetik (Dweck, 2004).

 Selain untuk kosmetik dan obat sakit perut manfaat dari bunga Edelweis juga masih banyak diantaranya : mengencangkan kulit keriput,mengobati iritasi,melindungi kolagen,mencerahkan kulit,Bahkan dibuat salep untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

Post Top Ad

MAIN MENU