Jumat, 07 Juli 2017

Tetorial membuat bunga mawar cantik

Kerajinan bunga dari kertas mungkin bukanlah hal yang baru bagi para pembuat kerajinan. Tapi jika anda berminat membuat kerajinan berbentuk bunga mawar dari kertas yang unik, maka kami coba untuk memberikan tutorial pembuatan bunga mawar kertas. Jika pada umumnya pembuatan bunga mawar  kertas menggunakan bahan baku kertas berwarna warni maka disini akan di gunakan kertas putih polos yang telah di warnai dengan cat air! Sedikit sentuhan artistik yang akan membuat hasil akhirnya terlihat lebih modern.

Bahan yang di perlukan dalam tutorial pembuatan bunga mawar  kertas ini adalah:




  • Kertas putih (HVS) atau sesuai selera - harap di perhatikan, semakin tebal dan berat kertas yang digunakan akan membuat bunga menjadi lebih kaku dan susah di bentuk.

  • Lem

  • Gunting

  • Kawat

  • Manik manik

Langkah paling awal setelah semua bahan dari tutorial pembuatan bunga mawar kertas terkumpul adalah memastikan kertas yang akan di gunakan telah di warnai dengan cat air. Penggunaan pola cat air disini sebenarnya tidaklah mutlak, anda bisa menggantinya dengan berbagai pola yang anda suka, seperti gambar notasi musik atau bahkan bisa di gunakan kertas koran.


Pertama buatlah paling tidak tiga buah kertas berbentuk kubus dengan panjang sisi setidaknya sekitar 6 cm. lalu lipat melewati garis diagonal dengan sisi berpola di bagian dalam. Ulangi dua kali lagi pelipatannya hingga terbentuk dua lipat segitiga. Gunting sisi lebar segitiga dengan bentuk melengkung seperti ujung kelopak bunga. Kemudian potong bagian lancip atau puncak pyramid dari segitiga tersebut untuk membuat lubang di tengah tengah kertas, usahakan dipotong sekecil mungkin. Ulangi langkah di atas pada semua kertas bahan.


Gelar semua kertas seperti bunga yang rata.


Dari kertas pertama, kita gunting satu bagian kelopak bunga sesuai bekas lipatan, lalu dua kelopak untuk kertas ke dua, dan tiga kelopak untuk kertas ketiga. Simpan potongan yang kecil untuk di gunakan sebagai bagian tengah dari bunga nantinya.



Oleskan lem pada potongan besar kelopak bunga dengan kelopak terluar akan saling menumpuk. Demikian akan terbentuk lapisan yang terdiri dari 4, 5, dan 6 kelopak bunga. Lipat ke luar sisi lebar kelopak bunga untuk memberi efek merekah.



Untuk bagian dalam, gunakan bagian potongan kelopak yang kecil yang sebelumnya telah kita simpan. Buat seperti corong lagi, tapi hanya sedikit bagian yang diolesi lem agar hanya sebagian kecil sisi kelopak yang saling menumpuk.


Sekarang bunganya telah siap untuk dirangkai. Jika anda ingin membuat bunganya dengan kawat untuk di jadikan tangkai, maka ambil kawat secukupnya, masukan manik manik di tengah kawat lalu puntir kawat untuk mengunci manik manik tersebut. Rekatkan bagian corong kelopak terkecil mengelilingi kawat di bawah manik.


Oleskan lem pada bagian bawah lapisan kelopak pertama dan rekatkan kelopak kedua di bawahnya, setelah menempel, tahan sebentar hingga lemnya telah merekat dengan sempurna. Ulangi pada seluruh kelopak selanjutnya dengan sedikit di putar untuk memberikan variasi dan efek selang seling pada lapisan kelopak bunga.


Setelah proses perekatan selesai, anda bisa menaruh satu buah manik manik di bagian bawah bunga untuk mengunci bunga agar tidak bergeser. Masukan bunga pada satu sisi kawat hingga menyentuh sisi bawah bunga dan puntir kedua kawat untuk menguncinya. Untuk memberi efek lebih nyata anda dapat membungkus kawat tersebut dengan kertas atau isolasi berwarna hijau.


Voila, rangkaian bunga mawar kertas telah selesai. Tutorial pembuatan bunga mawar  kertas ini bisa di selesaikan dalam waktu yang cukup singkat, sehingga anda dapat membuat satu buket bunga hanya dalam hitungan menit. Anda juga dapat mengembangkannya sesuai dengan selera kreasi bahan motif yang anda gunakan.

Post Top Ad

MAIN MENU