Pengrajin Logam Suku Cadang dari Tegal Digandeng Astra Honda Motor

Tegal - Kabupaten Tegal memang sudah dikenal sejak dulu sebagai pusat dari kerajinan logam. Bahkan dijaman dulu Tegal pernah disebut sebagai Jepang-nya Indonesia karena kehebatannya dalam memproduksi berbagai macam produk dari besi.

Para pandai besi serta pengrajin logam di Kabupaten Tegal sanggup membuat produk-produk seperti Sepeda, Sepeda Motor, Suku Cadangnya hingga Alat Kebutuhan Rumah Tangga.

Pemerintah Kabupaten Tegal juga sangat memahami dengan kepandaian masyarakat Tegal, sehingga membantu membangun relasi serta ikut memasarkan produk-produk maupun jasa keahlian pengrajin logam di Tegal.

Hasilnya, perlahan perusahaan otomatif besar seperti Astra Honda Motor mulai melirik beberapa perusahaan logam di Tegal sebagai pemasok utama kebutuhan spare part (suku cadang).

“Sejauh ini baru tiga perusahaan di Kabupaten Tegal yang sudah menjadi pemasok spare part di AHM,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Tegal, Bambang Susanto didampingi Koordinator Lembaga Pengembangan Bisnis Tegal, Suyanto, (13/09/2016) seperti yang dikutip dari Radar Pekalongan.
produk suku cadang pengrajin logam tegal Ilustrasi dari Tatech Malindo

Astra Honda Motor juga menyelenggarakan pemahaman produk kepada para pengusaha logam di Tegal sebagai langkah awal agar para pengusaha logam ini menguasai kebutuhan kualitas dan hasil akhir pembuatan produk suku cadang yang diinginkan oleh Astra Honda Motor. Sehingga kemudian para pengusaha logam ini bisa mulai menjadi pemasok tetap suku cadang produk Honda.

Selain produk-produk industri kerajinan logam dari Tegal yang memang memiliki kualitas bagus, Tegal juga diuntungkan dengan adanya pembangunan Tol Trans Jawa yang (nantinya) membentang dari Jakarta hingga Surabaya. Sumber daya manusia untuk kebutuhan pembuatan suku cadang juga sudah tersedia banyak di Tegal.

Baca juga: kerajinan logam bekas

Seorang pengusaha logam, Haji Fauzi mengatakan bahwa perusahaannya FNF Metalindo Utama Kajen yang berpusat di Kecamatan Talang telah menjadi pemasok tetap untuk Astra Honda Motor sejak beberapa tahun yang lalu. Beberapa produk yang dipasok ke Astra Honda Motor diantaranya; plat top, plat karet dan beberapa komponen lainnya. Alhasil, omzet pendapatan hasil penjualan ke Astra Honda Motor mencapai 100 juta lebih perbulan.

Standarisasi produk yang diminta oleh Astra Honda Motor telah membuat perusahaan Haji Fauzi mengubah cara berpikir dalam menjalankan usahanya. Cara pengelolaan bisnis yang hanya ingin untung cepat telah berganti dengan pembuatan mutu dan kualitas produk sebagai jaminan utama.

Sebab, hingga kini masih banyak pengusaha yang hanya berpikiran mendapatkan untung dengan cepat. Padahal, standarisasi produk sangat penting untuk kemajuan perusahaan.

“Harus disiplin dan mampu mengelola waktu dengan baik. Jika tidak, kita akan kehilangan kesempatan dan peluang,” pungkasnya.v

0 Response to "Pengrajin Logam Suku Cadang dari Tegal Digandeng Astra Honda Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel