Membuat Kerajinan Daur Ulang Kardus Bekas Sereal Menjadi Pot Hias Cantik

Pot Hias Cantik - Tali rami adalah sebuah bentuk tali hias dari serat alam yang cocok untuk membuat atau menjadi deskorasi dari berbagai kerajinan. Untuk artikel ini kita akan mencoba membuat tutorial membuat kerajinan daur ulang kardus bekas cereal menjadi pot hias cantik dengan hiasan tali serat alami. Untuk tali serat bisa menggunakan tali rami atau tali agel yang bisa dengan mudah anda dapatkan di toko online atau toko kerajinan di sekitar kita.

Pemanfaatan kardus bekas cereal adalah karena ukurannya yang cukup kecil untuk di jadikan pajangan atau dekorasi di meja atau buffet ruang tamu. Selain itu, daripada kardus bekas cereal yang di sukai anak anak ini terbuang percuma, maka akan lebih baik jika kita bisa memanfaatkan limbah tersebut menjadi kerajinan daur ulang yang cantik dan unik. Sedangkan pemilihan tali serat sebagai dekorasi penghias pot adalah karena tali tersebut akan memberikan efek etnik atau efek alami, sesuai dengan konsep pot bunga plastik yang bersifat alami dan dekat dengan alam.

Baiklah, kita akan langsung membedah bagaimana cara membuat kerajinan daur ulang kardus bekas cereal menjadi pot hias cantik ini.


Bahan yang di butuhkan adalah:



  • Kardus bekas sereal

  • Penggaris

  • Tali serat alami

  • Lem serbaguna tanpa warna, atau lem tembak

  • Cutter dan gunting

  • Lumut, atau benang berwarna hijau pupus di potong kecil untuk di jadikan hiasan memperkaya tekstur pot

  • Rumput hias atau kaktus

Langkah pembuatan:


    • Pakailah penggaris untuk menentukan tinggi pot sesuai dengan tinggi tanaman yang di gunakan. Buatlah garis bantu agar dapat mudah di potong.

      ukur tinggi kardus agar sesuai dengan tanaman[/caption]


    • Dengan garis bantu, potonglah kardus bekas sereal tersebut hingga memotong sekeliling sisi kardus.

        potong melingkar semua sisi kardus[/caption]

    • Tempelkan ujung tali ke dalam sudut bagian dalam kardus sebagai titik awal. Gunakan lem tembak, tahan sebentar hingga merekat sempurna.

      tempelkan tali di sudut bagian dalam dengan lem[/caption]


    • Oleskan lem pada keliling kardus, tempelkan tali hingga melingkari sisi vertikal dari kardus. Ulangi langkah tersebut hingga hampir mencapai bagian tengah kardus. Sisakan ruang sekitar 2 cm dari tengah kardus.

      tempel melingkari sisi vertical[/caption]

      ulangi hingga menyisakan ruang tengah kardus[/caption]
    • Ulangi langkah diatas di sisi lain dari kardus.

      ulangi langkah diatas pada sisi lain kardus[/caption]
    • Oleskan lem pada bagian tengah kardus yang tidak tertutup oleh tali, lalu anda beri hiasan lumut, atau lumut palsu dari benang hingga merata memenuhi sisi kosong kardus yang tidak tertutup oleh tali.

      oleskan lem dan tempelkan lumut atau lumut palsu dari benang[/caption]


    • Rapikan dengan gunting bagian dari lumut atau benang yang terlalu menjorok keluar.

      rapikan bagian yang menjorok keluar dengan gunting[/caption]


  • Tempatkan dan tata rumput atau kaktus hias dalam kardus. Anda bisa menggunakan tanaman plastik jika anda tidak ingin mengotorinya dengan media tanam.

    taruh dan tata tanaman dalam pot[/caption]


hasil jadi yang cantik, siap untuk di jadikan dekorasi[/caption]


Karya praktis menghias dan membuat membuat kerajinan daur ulang kardus bekas cereal menjadi cetakan pot bunga hias cantik ini telah selesai, anda tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat kerajinan cantik ini. Kerajinan daur ulang kardus bekas ini bisa anda manfaatkan juga untuk memberi kado untuk orang yang anda sayangi. Selamat mencoba.

[xyz-ihs snippet="kerajinan-indonesia"]

0 Response to "Membuat Kerajinan Daur Ulang Kardus Bekas Sereal Menjadi Pot Hias Cantik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel