Kamis, 06 Juli 2017

Manisnya Hasil Kerajinan Kayu Kelengkeng Semanis Buahnya di Bandungan

Semarang - Kelengkeng (Dimocarpus longan) adalah buah kecil yang berasal dari Asia Tenggara, dengan bentuk bulat kecil berwarna coklat, daging buah berwarna putih yang terasa manis dan menyegarkan untuk di makan atau menjadi campuran es pada siang hari yang panas. Buah ini adalah buah yang umum di kenal di indonesia dan mudah di dapat.


Kerajinan Kayu KelengkengPohon Kelengkeng  dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. dengan demikian kayu yang bisa di manfaatkan dari pohon kelengkeng tentunya sangatlah banyak. Di desa Kenteng kecamatan Bandungan Semarang biasa ditemukan berserakan dan terbuang sia sia. Oleh karena itu terbersit ide kreasi dari pengrajin di wilayah tersebut untuk membuat Kerajinan Kayu Kelengkeng dari limbah kayu yang tidak terpakai tersebut.

Salah seorang pengrajin Kerajinan Kayu Kelengkeng di desa tersebut bernama Aries (48), yang mana dia merupakan satu-satunya warga Kenteng yang mengubah limbah kayu kelengkeng menjadi kerajinan. Dari tangan kreatifnya, kayu-kayu yang sudah tidak dipakai lagi dibuat patung, hiasan dinding hingga perabotan rumah tangga. Dia menggeluti kerajinan dari limbah Kayu Kelengkeng ini sudah sejak 10 tahun lalu.

Belakangan semakin banyak orang yang akhirnya tertarik dengan hasil karyanya itu. "Untuk mendapatkan Kayu Kelengkeng itu, saya harus keliling ke masyarakat yang mempunyai limbah kayu kelengkeng di sekitar Bandungan. Mudah mencari Kayu Kelengkeng itu, karena Bandungan penghasil kelengkeng," jelasnya. Menurutnya, dirinya hingga sekarang ini belum pernah mengalami kehabisan bahan baku.

Sekarang sudah banyak warga yang mendatangi tempat usahanya untuk menawarkan limbah Kayu Kelengkeng oleh karena itu sebagian besar bahan baku limbah kayu kelengkeng tersebut justru diantarkan ke tempat usahanya untuk dibeli. Bukan hanya, penjual kayu kelengkeng tetapi para pembeli kerajinannya sekarang juga banyak yang datang ke tempat usahanya. Konsumen sekarang banyak yang datang langsung membeli Kerajinan Kayu Kelengkeng kreasinya. Bahkan beberapa tahun ini, hasil kerajinannya telah di ekspor keluar negeri, di antaranya Jepang dan Austria.


Video : netmeidatama Youtube Channel

Post Top Ad

MAIN MENU