Kreasi Daur Ulang Limbah Elektronik

Kreasi Daur Ulang Limbah Elektronik - Di zaman sekarang ini kita tidak akan pernah lepas dari barang-barang elektronik. Barang elektronik adalah suatu rangkaian dari berbagai komponen yang bisa bekerja jika ada daya listrik dan akan menghasilkan sesuatu dari rangkaian tersebut. Misal rangkaian radio menghasilkan suara, handphone menghasilkan komunikasi, TV menghasilkan gambar, dll. Dengan barang elektronik kita akan lebih mudah melakukan berbagai hal.


Perlu kita ingat bahwa Indonesia merupakan Negara berkembang dengan penduduknya yang semakin meningkat, seiring dengan hal tersebut semakin meningkat pula penggunaan barang elektronik yang digunakan oleh masyarakat. Selain factor tersebut, semakin bervariasinya dan semakin canggihnya suatu cara membuat barang elektronik dari barang bekas juga mempengaruhi penggunaannya dalam masyarakat. Beragam barang elektronik dari yang kecil hingga yang paling besar ukurannya, sederhana hingga yang paling canggih, dan dari yang kuno sampai yang paling modern saat ini ada dilingkungan sekitar kita.

Namun sayang, dewasa ini jaman sekarang ini penggunaan barang elektronik yang sederhana dan kuno mulai jarang digunakan karena sudah mulai rusak, susah untuk diservis juga susahnya suku cadang sehinggga dibuang atau diletakkan begitu saja. Hal tersebut menjadikan sampah elektronik (e-waste) di lingkungan. Sampah elektronik (e-waste) diperkirakan mencapai 50 juta ton per tahun.

Masalah ini menjadi bahasan dalam konferensi yang digelar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Kenya, Nairobi. Sudah saatnya mendapat perhatian lebih. Peningkatan sampah elektronik (e-waste) perlu ditangani secara tepat, seperti didaur ulang menjadi alat lain yang berguna, contohnya kita bisa daur ulang limbah dan cara membuat miniatur motor dari komponen elektronik ini menjadi kerajinan tangan.

Daur ulang biasanya berhubungan dengan kaca, plastik, kertas, logam, dan tekstil. Sudah banyak para pengrajin/pendaur ulang yang menggunakan bahan dasar kaca, plastik, kertas, logam, ataupun tekstil. namun belum banyak pengrajin yang membuat kerajinan dari bahan daur ulang limbah elektronik, berbagai kreasi dari limbah elektronik ini sangat bermacam-macam berikut hasil kreasi kerajinan dari hasil daur ulang limbah  alat elektronik sederhana yang bermanfat.

daur ulang limbah elektronik Miniatur Kuda[/caption]

daur ulang limbah elektronik Miniatur Kura-kura[/caption]

daur ulang limbah elektronik Kalung[/caption]

daur ulang limbah elektronik Lukisan limbah elektronik[/caption]

daur ulang limbah elektronik Lukisan limbah elektronik[/caption]

kerajinan miniatur limbah Robot burung hantu[/caption]

kerajinan tangan elektronik Sampul buku[/caption]
daur ulang limbah elektronik Miniatur kota[/caption]
daur ulang limbah elektronik Sepatu[/caption]

Itulah beberapa hasil kreasi daur ulang limbah elektronik, semoga bisa menjadi inspirasi kamu dalam berkarya. jika kamu punya hasil kreasi kerajinan tangan juga bisa tinggalkan komentar di bawah  dan jangan lupa share ke teman-teman mu yang lain, Terimakasih

0 Response to "Kreasi Daur Ulang Limbah Elektronik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel